Pemanfaatan Kamus Digital Bahasa Arab-Indonesia sebagai Sumber Belajar di SMP IT Ibnu Khaldun

Authors

  • Ramadhan Nur Ilham Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.632

Abstract

Eksistensi dan relevansi kamus cetak berbahasa Arab mulai terancam akibat kemajuan teknologi di era digital ini. Kamus digital bahasa Arab yang semakin marak berpotensi mengesampingkan penggunaan kamus cetak yang terkesan tidak praktis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kamus digital pada siswa sebagai media penerjemah bahasa arab-indonesia era digitalisasi saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbasis data sekunder terhadap topik pemanfaatan kamus digital bahasa Arab-Indonesia yang kemudian diterapkan pada SMP IT Ibnu Khaldun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejumlah penelitian yang relevan menghasilkan sebagian besar siswa menganggap kamus digital lebih efektif dibandingkan kamus cetak dalam hal penggunaannya. Namun kamus cetak masih sangat dibutuhkan di era digital ini, terutama sebagai simbol sejarah dan sarana pembelajaran leksikologi yang harus dilestarikan di era digital. Implementasi menjaga eksistensi kamus cetak salah satunya adalah dengan mensosialisasikan pentingnya pembelajaran leksikologi yang harus dipahami dengan prinsip dasar penggunaan kamus berbahasa Arab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhafidz, A. Z. (2023). Eksistensi Kamu Cetak Bahasa Arab di Era Digital. IJAZARABI: Journal of Arabic Learning, 60(1), 271–280.

Alvina, N. (2021). Pengembangan Kamus Bahasa Arab untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Siswa Kelas VII di SMP IT Al-Munadi Medan. UIN Sumatera Utara.

Ariati, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Kamus Arab Cetak dan Android Terhadap Kemampuan Menerjemahkan Teks Qira’ah Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare. IAIN Parepare.

Arifin, A., & Mulyani, S. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Kamus Digital Bahasa Arab Di Era Society 5.0. An Nabighoh, 23(2), 235. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v23i2.4478

Azmi, H., Maulidiyah, I. W., & Sutisna, M. F. (2018). PERAN KAMUS DIGITAL ARAB BAGI MAHASISWA STUDI ARAB DI ERA 4.0. Multaqa Nasional Bahasa Arab, 1(1).

Azzikri, M. H. (2019). Pengembangan M-Kamus Istilah Penelitian dalam Bahasa Arab bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Semarang. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 3(2), 128–142. https://doi.org/10.18326/lisania.v3i2.128-142

B. Belkhouche. (2011). “What is a modern Arabic dictionary? 2011 International Conference on Innovations in Information Technology, 67–70.

Busro, M. (2016). Sejarah Perkamusan bahasa Arab di Indonesia. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 4(2).

Chaldun, W. (2022). Literasi Digital: Plus dan Minus dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Era Milenial. TALENTA Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts, 5(2), 205–208. https://doi.org/10.32734/lwsa.v5i2.1377

Fadhilah, M. A. (2021). Analisis Karakteristik Aplikasi Kamus Arab-Indonesia Karya Tim Ristek Muslim. Alsina: Journal of Arabic Studies, 3(2), 201–218. https://doi.org/10.21580/alsina.3.2.5938

Hastang. (2017). Efektifitas Kamus Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Android Dalam Menerjemahkan Qiraah. Didaktika Jurnal Kependidikan, 11(1), 112–120.

Huda, N., & Ulfah, N. (2019). Pengembangan Kamus Arab-Iindonesia Sebagai Penunjang Penggunaan Buku Ajar Madrasah Tsanawiyah di Kelas VIII. Al-Fazuna, 3(2), 210–230.

Mahridawati, M. (2015). “Kamus Idiom Arab-Indonesia Pola Aktif Karya Basuni Imamuddin Dan Nashiroh Ishaq (Analisis Terhadap Metode Penyajian Kamus). ITTIHAD, 13(24), 58–66.

Mustofa, M. A. (2020). Analisis Penggunaan WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab di Era Industri 4.0. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 4(2), 333. https://doi.org/10.29240/jba.v4i2.1805

Nasarudin. (2020). Penggunaan Kamus Dwibahasa Sebagai Sumber Belajar Dalam Penguasaan Kosakata Arab Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Mataram. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Rahmawati, R. D., Bahasa, P., Universitas, A., Hasbullah, K. A. W., & Liana, I. (2021). Pengembangan Kamus Saku Arab-Indonesia Untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca Siswa Kelas VIII di Pesantren Roudhotul Qur’an An-Noer. Dinamika Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 6(1).

Sabirin, A. R., & Watabetta, S. T. (2017). Aplikasi Kamus Bahasa Arab-Indonesia Dan Indonesia-Arab Berbasis Android. Jurnal Informatika, 6(1).

Setiyawan, A. (2017). Problematika Penggunaan Kamus Arab-Indonesia Dalam Pembelajaran Tarjamah di Pusat Pengmbangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Arabia Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(1).

Sitokdana, M. N. N., Tanone, R., & Tanaem, P. F. (2019). Digitalization of the local language dictionary of Pegunungan Bintang. Procedia Computer Science, 161, 49–56. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.098

Taufik, M. (2015). Penyusunan Kamus Bahasa Arab Dengan Program Visual Basic Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang. UIN Sunan Kalijaga.

Taufiqurrochman, R. (2018). Masterpiece kamus bahasa arab karya literasi ulama nusantara dari masa ke masa. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Wahida, B. (2017a). Kamus Bahasa Arab Sebagai Sumber Belajar (Kajian Terhadap Penggunaan Kamus Cetak dan Kamus Digital (Vol. 11, Issue 1). http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/atturats

Wahida, B. (2017b). Kamus Bahasa Arab Sebagai Sumber Belajar. At-Turats Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 11(1).

Yamin, M., Islam, U., Sultan, N., Idris, A. M., Annisa, S., Putri, M., Rohimah, S., Muhammad, A., Samarinda, I., Chairunnisa, S., Muhammad, S., & Chaidar, R. (2022). Kamus Digital Sebagai Sarana Hifdzul Mufrodah di Kelas VII-1 Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda. Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, 3(3), 2022. https://doi.org/10.21093/sijope.v1i2.4917

Zahrah, H., Wargadinata, W., & Barry, N. A. (2021). Analisis E-Dictionarry “Arab-Indonesia” yang Tersedia di Playstore dengan Pendekatan Leksikologi. Shaut al Arabiyyah, 9(1), 1. https://doi.org/10.24252/saa.v9i1.21494

Downloads

Published

2023-12-03

How to Cite

Ilham, R. N. (2023). Pemanfaatan Kamus Digital Bahasa Arab-Indonesia sebagai Sumber Belajar di SMP IT Ibnu Khaldun. Journal of Education Research, 4(4), 1927–1937. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.632

Issue

Section

Articles