Pemanfaatan Kamus Digital Bahasa Arab-Indonesia sebagai Sumber Belajar di SMP IT Ibnu Khaldun
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.632Abstract
Eksistensi dan relevansi kamus cetak berbahasa Arab mulai terancam akibat kemajuan teknologi di era digital ini. Kamus digital bahasa Arab yang semakin marak berpotensi mengesampingkan penggunaan kamus cetak yang terkesan tidak praktis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kamus digital pada siswa sebagai media penerjemah bahasa arab-indonesia era digitalisasi saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbasis data sekunder terhadap topik pemanfaatan kamus digital bahasa Arab-Indonesia yang kemudian diterapkan pada SMP IT Ibnu Khaldun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejumlah penelitian yang relevan menghasilkan sebagian besar siswa menganggap kamus digital lebih efektif dibandingkan kamus cetak dalam hal penggunaannya. Namun kamus cetak masih sangat dibutuhkan di era digital ini, terutama sebagai simbol sejarah dan sarana pembelajaran leksikologi yang harus dilestarikan di era digital. Implementasi menjaga eksistensi kamus cetak salah satunya adalah dengan mensosialisasikan pentingnya pembelajaran leksikologi yang harus dipahami dengan prinsip dasar penggunaan kamus berbahasa Arab.
Downloads
References
Alhafidz, A. Z. (2023). Eksistensi Kamu Cetak Bahasa Arab di Era Digital. IJAZARABI: Journal of Arabic Learning, 60(1), 271–280.
Alvina, N. (2021). Pengembangan Kamus Bahasa Arab untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Siswa Kelas VII di SMP IT Al-Munadi Medan. UIN Sumatera Utara.
Ariati, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Kamus Arab Cetak dan Android Terhadap Kemampuan Menerjemahkan Teks Qira’ah Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare. IAIN Parepare.
Arifin, A., & Mulyani, S. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Kamus Digital Bahasa Arab Di Era Society 5.0. An Nabighoh, 23(2), 235. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v23i2.4478
Azmi, H., Maulidiyah, I. W., & Sutisna, M. F. (2018). PERAN KAMUS DIGITAL ARAB BAGI MAHASISWA STUDI ARAB DI ERA 4.0. Multaqa Nasional Bahasa Arab, 1(1).
Azzikri, M. H. (2019). Pengembangan M-Kamus Istilah Penelitian dalam Bahasa Arab bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Semarang. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 3(2), 128–142. https://doi.org/10.18326/lisania.v3i2.128-142
B. Belkhouche. (2011). “What is a modern Arabic dictionary? 2011 International Conference on Innovations in Information Technology, 67–70.
Busro, M. (2016). Sejarah Perkamusan bahasa Arab di Indonesia. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 4(2).
Chaldun, W. (2022). Literasi Digital: Plus dan Minus dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Era Milenial. TALENTA Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts, 5(2), 205–208. https://doi.org/10.32734/lwsa.v5i2.1377
Fadhilah, M. A. (2021). Analisis Karakteristik Aplikasi Kamus Arab-Indonesia Karya Tim Ristek Muslim. Alsina: Journal of Arabic Studies, 3(2), 201–218. https://doi.org/10.21580/alsina.3.2.5938
Hastang. (2017). Efektifitas Kamus Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Android Dalam Menerjemahkan Qiraah. Didaktika Jurnal Kependidikan, 11(1), 112–120.
Huda, N., & Ulfah, N. (2019). Pengembangan Kamus Arab-Iindonesia Sebagai Penunjang Penggunaan Buku Ajar Madrasah Tsanawiyah di Kelas VIII. Al-Fazuna, 3(2), 210–230.
Mahridawati, M. (2015). “Kamus Idiom Arab-Indonesia Pola Aktif Karya Basuni Imamuddin Dan Nashiroh Ishaq (Analisis Terhadap Metode Penyajian Kamus). ITTIHAD, 13(24), 58–66.
Mustofa, M. A. (2020). Analisis Penggunaan WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab di Era Industri 4.0. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 4(2), 333. https://doi.org/10.29240/jba.v4i2.1805
Nasarudin. (2020). Penggunaan Kamus Dwibahasa Sebagai Sumber Belajar Dalam Penguasaan Kosakata Arab Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Mataram. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Rahmawati, R. D., Bahasa, P., Universitas, A., Hasbullah, K. A. W., & Liana, I. (2021). Pengembangan Kamus Saku Arab-Indonesia Untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca Siswa Kelas VIII di Pesantren Roudhotul Qur’an An-Noer. Dinamika Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 6(1).
Sabirin, A. R., & Watabetta, S. T. (2017). Aplikasi Kamus Bahasa Arab-Indonesia Dan Indonesia-Arab Berbasis Android. Jurnal Informatika, 6(1).
Setiyawan, A. (2017). Problematika Penggunaan Kamus Arab-Indonesia Dalam Pembelajaran Tarjamah di Pusat Pengmbangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Arabia Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(1).
Sitokdana, M. N. N., Tanone, R., & Tanaem, P. F. (2019). Digitalization of the local language dictionary of Pegunungan Bintang. Procedia Computer Science, 161, 49–56. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.098
Taufik, M. (2015). Penyusunan Kamus Bahasa Arab Dengan Program Visual Basic Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang. UIN Sunan Kalijaga.
Taufiqurrochman, R. (2018). Masterpiece kamus bahasa arab karya literasi ulama nusantara dari masa ke masa. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Wahida, B. (2017a). Kamus Bahasa Arab Sebagai Sumber Belajar (Kajian Terhadap Penggunaan Kamus Cetak dan Kamus Digital (Vol. 11, Issue 1). http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/atturats
Wahida, B. (2017b). Kamus Bahasa Arab Sebagai Sumber Belajar. At-Turats Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 11(1).
Yamin, M., Islam, U., Sultan, N., Idris, A. M., Annisa, S., Putri, M., Rohimah, S., Muhammad, A., Samarinda, I., Chairunnisa, S., Muhammad, S., & Chaidar, R. (2022). Kamus Digital Sebagai Sarana Hifdzul Mufrodah di Kelas VII-1 Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda. Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, 3(3), 2022. https://doi.org/10.21093/sijope.v1i2.4917
Zahrah, H., Wargadinata, W., & Barry, N. A. (2021). Analisis E-Dictionarry “Arab-Indonesia” yang Tersedia di Playstore dengan Pendekatan Leksikologi. Shaut al Arabiyyah, 9(1), 1. https://doi.org/10.24252/saa.v9i1.21494
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 RAMADHAN NUR ILHAM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).