Penerapan Layanan Klasikal Terhadap Kemandirian dalam Perencanaan Memilih Karir Peserta Didik

Authors

  • Silvia Mayang Sari Bimbingan Konseling Islam, STKIP PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Joni Adison Bimbingan Konseling Islam, STKIP PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Suryadi Suryadi Bimbingan Konseling Islam, STKIP PGRI Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v2i4.63

Keywords:

Layanan klasikal, kemandirian, perencanaan memilih karir

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih ada peserta didik yang belum memahami tentang karir, masih ada peserta didik yang belum peduli dengan karir, masih ada peserta didik yang belum bisa memilih karir, masih ada peserta didik yang belum mengetahui potensinya. Mendeskripsikan pemilihan karir berdasarkan kepercayaan diri, mendeskripsikan pemilihan karir berdasarkan tanggung jawab. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak seratus dua yang dipilih dengan teknik cluster random sampling sebanyak lima puluh satu sampel peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis  data menggunakan interval skor. Hasil penelitian tentang penerapan layanan klasikal terhadap kemandirian dalam perencanaan memilih karir di SMAN empat Pariaman yaitu secara keseluruhan berada pada kategori tinggi, indikator percaya diri berada pada kategori tinggi, indikator tanggung jawab berada pada kategori tinggi, indikator mengarahkan dan mengembangkan diri berada pada kategori tinggi, pada indikator tekun, inisiatif dan kreatif berada pada kategori tinggi, indikator berkeinginan mengerjakan sesuatu tanpa bantuan orang lain berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat direkomendasikan kepada peserta didik agar dapat lebih meningkatkan kemandirian dalam perencanaan memilih karir untuk masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andih, D. C. 2018. Peran Media Sosial ( Facebook , Instagram , Youtube ) Dalam Menarik Attractions Tetempangan Hill is one tourist attraction that is booming and become an idol for. 13(1), 74–80.

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdu, Ghullam,Dkk. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Peserta didik Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. 12(1), 81-86.

Hartono. 2016. Bimbingan Karier. Jakarta: Kencana.

Mardiyati, Baiqi Dini. 2015. Perbedaan Adaptabilitas Karir di Tinjau dari Jenis Sekolah (SMA dan SMK). Jurnal Fakultas Psikologi. 3(1), 31-41.

Neolaka, Amos,Dkk. 2017. Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana.

Prayitno, Erman Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Riduwan, A. 2010. Metode Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta.

Sari, Nina Permata, Dkk. 2020. Bimbingan dan Konseling Perspektif Indigenous: Etnik Banjar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Suprihatin, Siti. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. 3(1),73-82.

Yusuf, Syamsu dan Nurihsan, A. Juntika. 2005. Landasan Bimbingan & Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yusuf, Syamsu dan Nurihsan, J. 2012 Landasan Bimbingan & Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. 2018. Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90.

Downloads

Published

2022-03-02

How to Cite

Sari, S. M., Adison, J., & Suryadi, S. (2022). Penerapan Layanan Klasikal Terhadap Kemandirian dalam Perencanaan Memilih Karir Peserta Didik. Journal of Education Research, 2(4). https://doi.org/10.37985/jer.v2i4.63

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)