Penerapan Layanan Klasikal Terhadap Kemandirian dalam Perencanaan Memilih Karir Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v2i4.63Keywords:
Layanan klasikal, kemandirian, perencanaan memilih karirAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi masih ada peserta didik yang belum memahami tentang karir, masih ada peserta didik yang belum peduli dengan karir, masih ada peserta didik yang belum bisa memilih karir, masih ada peserta didik yang belum mengetahui potensinya. Mendeskripsikan pemilihan karir berdasarkan kepercayaan diri, mendeskripsikan pemilihan karir berdasarkan tanggung jawab. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak seratus dua yang dipilih dengan teknik cluster random sampling sebanyak lima puluh satu sampel peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan interval skor. Hasil penelitian tentang penerapan layanan klasikal terhadap kemandirian dalam perencanaan memilih karir di SMAN empat Pariaman yaitu secara keseluruhan berada pada kategori tinggi, indikator percaya diri berada pada kategori tinggi, indikator tanggung jawab berada pada kategori tinggi, indikator mengarahkan dan mengembangkan diri berada pada kategori tinggi, pada indikator tekun, inisiatif dan kreatif berada pada kategori tinggi, indikator berkeinginan mengerjakan sesuatu tanpa bantuan orang lain berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat direkomendasikan kepada peserta didik agar dapat lebih meningkatkan kemandirian dalam perencanaan memilih karir untuk masa depan.
Downloads
References
Andih, D. C. 2018. Peran Media Sosial ( Facebook , Instagram , Youtube ) Dalam Menarik Attractions Tetempangan Hill is one tourist attraction that is booming and become an idol for. 13(1), 74–80.
Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdu, Ghullam,Dkk. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Peserta didik Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. 12(1), 81-86.
Hartono. 2016. Bimbingan Karier. Jakarta: Kencana.
Mardiyati, Baiqi Dini. 2015. Perbedaan Adaptabilitas Karir di Tinjau dari Jenis Sekolah (SMA dan SMK). Jurnal Fakultas Psikologi. 3(1), 31-41.
Neolaka, Amos,Dkk. 2017. Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana.
Prayitno, Erman Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
Riduwan, A. 2010. Metode Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta.
Sari, Nina Permata, Dkk. 2020. Bimbingan dan Konseling Perspektif Indigenous: Etnik Banjar. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Suprihatin, Siti. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. 3(1),73-82.
Yusuf, Syamsu dan Nurihsan, A. Juntika. 2005. Landasan Bimbingan & Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yusuf, Syamsu dan Nurihsan, J. 2012 Landasan Bimbingan & Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. 2018. Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Silvia Mayang Sari, Joni Adison, Suryadi Suryadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).