Aspek Pendidikan Karakter Religius Luqmanul Hakim Kepada Putranya ( Tinjauan Kajian Tafsir Al-Maraghi )
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.628Keywords:
Pendidikan Karakter Religius, Luqmanul HakimAbstract
Dampak negatif era globalisasi adalah terjadinya perubahan yang berujung pada krisis moralitas manusia. Hal ini dapat menimbulkan permasalahan kompleks terkait dengan teknologi dan pengetahuan yang dialami masyarakat. Beberapa topik kompleks ini menantang guru baik dalam pendidikan formal maupun pembelajaran informal. Sebenarnya Islam mempunyai konsep mendidik anak, namun karena perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat para pendidik kurang memperhatikan pendidikan anak khususnya Aqidah, Akhlak dan Muamalah anak. Konsep pendidikan anak yang dianjurkan menurut hukum Islam terdapat dalam Al-Qur'an Surat Luqma ayat dua belas sampai sembilan belas yang menceritakan bagaimana Nabiyullah Luqmanul Hakim memberikan keteladanan kepada anak-anaknya untuk menumbuhkan karakter religius. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui siapakah Luqmanul Hakim dalam Al-Quran; Menjelaskan model Luqmanul Hakim dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius kepada putranya berdasarkan tafsir Al-Maraghi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Sumber informasi yang digunakan adalah sumber informasi primer, yaitu sumber informasi utama yang berkaitan langsung dengan topik penelitian, antara lain: Q.S Luqman ayat dua belas sampai sembilan belas beserta terjemahannya, tafsir Al Maraghi, dan kemudian sumber informasi sekunder, yang meliputi: majalah, hadits dan buku-buku yang menunjang dan melengkapi informasi pokok. Analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Luqmanul Hakim merupakan hamba Allah yang mulia dan dipilih sebagai teladan dalam menumbuhkan karakter religius anak dan tercatat dalam Al-Quran; bahwa pendidikan anak dilandasi oleh kecintaan yang utuh terhadap anaknya, pemberian nasehat berupa keimanan, tauhid dan muamalah. Dimana nasehat-nasehat tersebut menjadikan anak-anaknya berakhlak mulia, berpengalaman, berbangsa dan negarawan yang juga berakhlak mulia.
Downloads
References
A. Widiansyah et al., “Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan,” Manajemen Sistem Pendidikan. Cakrawala, vol. 18, no. 2, pp. 229–234, 2018.
M. Makkawaru, “Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan dan PendidikanKarakter dalam Dunia Pendidikan,” Jurnal Konsepsi, vol. 8, no. 3, pp. 116–119, 2019.
A. S. Salabi, “Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Dalam Penguatan Pendidikan Karakter,” Halimi: Journal of Education, vol. 2, no. 1, p. 75, 2021.
Y. Z. Ismail, “STRATEGI MENENTUKAN FUNGSI KELEMBAGAAN PENDIDIKAN ISLAM.”
A. Syahputra, E. Sukmawati, and R. Syafitri, “Dampak Buruk Era Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Remaja Usia Sekolah ( dalam Perspektif Pendidikan Islam ),” vol. 4, no. 3, pp. 1265–1271, 2023.
D. Setiawan, “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya,” JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, vol. 4, no. 1, p. 62, 2018, doi: 10.31289/simbollika.v4i1.1474.
Wismanto, “Pembentukan Awal Generasi Mukmin Dalam Al- Qur ’ An Hadits Dan Implikasinya Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Imam Asy-Syafii Pekanbaru,” vol. 12, no. 1, 2021.
E. M. S. Wismanto, Yupidus, Efni Ramli, Ridwan, “PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI MUKMIN BERBASIS INTEGRASI AL QUR’AN DAN SUNNAH DI SDIT AL HASAN TAPUNG - KAMPAR,” vol. 12, no. 1, pp. 196–209, 2023.
L. P. S. A. Luh De Liska, “Implementas Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Karakter Bangsa,” Jurnal Widyadari, vol. 21, no. 2, pp. 676–687, 2020, doi: 10.5281/zenodo.4049444.
fitri kusumawardani, A. Akhwani, N. Nafiah, and M. Taufiq, “Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Pancasila melalui Keteladanan dan Pembiasaan di Sekolah Dasar,” Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraaan, vol. 6, no. 1, pp. 1–10, 2021, doi: 10.24269/jpk.v6.n1.2021.pp1-10.
D. Setiyaningsih, “Peran Etika Dan Profesi Kependidikan Dalam Membangun Nilai-Nilai Karakter Mahasiswa Calon Guru Sd,” Jurnal Holistika, vol. 4, no. 1, p. 27, 2020, doi: 10.24853/holistika.4.1.27-36.
Y. R. U. Sianturi and D. A. Dewi, “Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari Dan Sebagai Pendidikan Karakter,” Jurnal Kewarganegaraan, vol. 5, no. 1, pp. 222–231, 2021, doi: 10.31316/jk.v5i1.1452.
D. A. Pratama, D. Ginanjar, and L. S. Solehah, “Penerapan Nilai - Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari - Hari Sebagai Pendidikan Karakter Di Mts. Darul Ahkam Sukabumi,” Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, vol. 1, no. 02, pp. 78–86, 2023, doi: 10.58812/spp.v1i02.114.
P. Utomo, “912-Article Text-4095-1-10-20211212,” no. 5, pp. 99–112, 2020.
R. A. Nadialista Kurniawan, “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” Industry and Higher Education, vol. 3, no. 1, pp. 1689–1699, 2021.
K. A. R. Q. Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, “Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital,” Jurnal on Education, vol. 6, no. 1, p. 13, 2023, doi: 10.29210/146300.
D. Kusuma, “Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Berjamaah,” Jurnal Kewarganegaraan P-ISSN: 1978-0184 E-ISSN: 2723-2328, vol. 2 No. 2, no. 2, pp. 34–40, 2018.
Muslim, Y. Yusri, Syafaruddin, M. Syukri, and Wismanto, “Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ),” Journal of Education, vol. 05, no. 03, pp. 10192–10204, 2023.
D. Wismanto, Nova Yanti, Yapidus, Hamdi Pranata, “Mitra PGMI : Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau,” Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, vol. VIII, pp. 50–59, 2022.
A. Wismanto, Alhairi, Lasmiadi, A Mualif, “Aktualisasi Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Peserta didik Pada Sekolah Dasar Islam Ar-Rasyid Pekanbaru,” vol. 4, no. 4, pp. 1625–1633, 2023.
Wismanto Abu Hasan, Kitabut Tauhid “Esa-kanlah Aku.” Pemalang: Nasya Expanding Manajemen, 2016.
Wismanto Abu Hasan, Syarah Kitab Empat Kaidah Dasar memahami Tauhid dan syirik, 1st ed. Pekanbaru: Cahaya Firdaus, 2018.
K. A. Isran Bidin, Muhammad Isnaini, Misharti, Wismanto, “Penguatan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau,” Journal on Education, vol. 04, no. 04, pp. 1448–1460, 2022.
M. Isnaini, I. Bidin, B. W. Susanto, and I. Hudi, “Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Pancasila dan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Calon Guru MI / SDIT,” vol. 05, no. 04, pp. 11539–11546, 2023.
R. Yuhani`ah, “Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Pendidikan Seksual Anak,” Jurnal Kajian Pendidikan Islam, vol. 3, no. 2, pp. 163–185, 2022, doi: 10.58561/jkpi.v1i2.34.
W. Saputra, “Pendidikan Anak Dalam Keluarga,” Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, no. 1, pp. 1–6, 2021, doi: 10.32923/tarbawy.v8i1.1609.
N. Y. Johannes, S. P. Ritiauw, and H. Abidin, “Implementasi Budaya Sekolah Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter Di Sd Negeri 19 Ambon,” PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, vol. 8, no. 1, pp. 11–23, 2020, doi: 10.30598/pedagogikavol8issue1page11-23.
H. S. Rantauwati, “Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Melalui Kubungortu Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sd,” Jurnal Ilmiah WUNY, vol. 2, no. 1, pp. 116–130, 2020, doi: 10.21831/jwuny.v2i1.30951.
Kholifatun, M. Fajriati, D. Puji, I. Lestari, A. E. Rahayu, and I. K. Wardani, “Pendidikan Karakter diLingkungan Keluarga dan Masyarakat: Sebuah Studi Literatur,” Jurnal Inovasi Pendidikan, vol. 1, no. 3, pp. 118–125, 2022.
Gilang Achmad Marzuki and Agung Setyawan, “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak,” Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, vol. 1, no. 1, pp. 53–62, 2022, doi: 10.55606/jpbb.v1i1.809.
L.Madyawati, M. Marhumah, and A. Rafiq, “Urgensi Nilai Agama Pada Moral Anak Di Era Society 5.0,” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, vol. 18, no. 2, pp. 132–143, 2021, doi: 10.25299/al-hikmah:jaip.2021.vol18(2).6781.
H. Mahmudin and A. Muhid, “Peran Orang Tua Mendidik Karakter Anak dalam Islam,” Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, vol. 11, no. 2, p. 449, 2020, doi: 10.30739/darussalam.v11i2.624.
Rosunnah, “Studi Tentang Pola Asuh Orangtua dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Perilaku Anak,” JIGC: Journal of Islamic Guidance and Counseling, vol. 4, no. 2, pp. 139–155, 2020.
Z. Zubairi, A. Muljawan, and N. Illahi, “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Asma’ul Husna (Al-Rahman, Al-Rahiim, Al-Lathiif, Al-Haliim, Al-Syakuur),” TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah, vol. 1, no. 1, pp. 59–67, 2022, doi: 10.36769/tarqiyatuna.v1i1.208.
M. Ulpah, “Implementasi Akad Tabarru pada Asuransi Syariah Perspektif Fatwa Dewan Syariah Nasional,” Syar’ie, vol. 4, no. 2, p. 141, 2021.
L. Mutmainah and A. Kholil, “Nilai-nilai Qur’anic Parenting (Kajian Tafsir Al Misbah Surah Luqman 12-19),” Al-Muntaha (Jurnal Kajian Tafsir dan Studi Islam), vol. 2, no. 1, pp. 42–59, 2020.
A. F. Ilhami and R. Assya’bani, “Membentuk Moralitas Integratif Sains Dan Nilai_Nilai Qurani: Studi Terhadap Strategi Pengajaran Di Mi Integral Al-Ukhuwwah Kabupaten Hulusungai Utara,” Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, vol. 3, no. 1, pp. 105–112, 2021.
N. Karimah, D. Industri, and N. Karimah, “Eksistensi Pendidikan Non Formal Daerah Industri ( Studi Fenomena Tpq Al-Amin Bambe Driyorejo ),” vol. 2, no. 2, pp. 65–71, 2023.
M. Sholihuddin and I. Kudus, “PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH ANAK (Studi Pada Pesantren Dengan Lembaga Formal Dan Non-Formal),” Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, vol. 9, pp. 52–61, 2022.
F. Wahyuddin, Imam; Cahyono, Fajar; Alfaris, “Moderasi Beragama untuk Generasi Mienial Pancasila: Studi Kasus MI Tarbiyatu Sibyan di Desa ‘Pancasila’ Balun, Turi, Lamongan,” Tasamuh: Jurnal Studi Islam, vol. 14, no. 1, pp. 1–21, 2022.
A. Sunarso, “Dengan demikian,budaya religius sekolah adalah terwujudnya nilai-nilai ajaran agama sebagai tradisi dalam berperilaku dan budaya organisasi yang diikuti oleh seluruh warga sekolah.,” Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, vol. 10, no. 2, pp. 155–169, 2020.
R. T. A. E. Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru,” vol. 4, no. 6, pp. 1734–10351, 2022.
W. Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, “IKHTIAR KEPALAMIS RAUDHATUL MUSHALLIN TANJUNG UNGGAT DALAMMENINGKATKAN EKSISTENSI MADRASAH YANG DIPIMPINNYA MELALUI PERBAIKAN MANAJEMEN,” vol. 11, no. 2, pp. 285–294, 2022.
A. Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, “Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru,” vol. 4, no. 1, pp. 1082–1088.
W. Asmarika, Syukri, Mohd. Fikri Azhari, Mardhiah, “PERAN GANDA GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDIT Al-HASAN KEC. TAPUNG KAB KAMPAR,” vol. 11, pp. 301–308, 2022.
S. Nahwiyah, A. Mualif, R. Haironi, I. Mailani, and W. Wismanto, “Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau,” Journal on Education, vol. 5, no. 3, pp. 9573–9583, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i3.1830.
A. W. Miftah Nurul Annisa, “Miftah Nurul Annisa, A. W. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintangPentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Das,” Jurnal Pendidikan dan Sains, vol. 2, no. 1, pp. 35–48, 2020.
D. L. Pitaloka, D. Dimyati, and E. Purwanta, “Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1696–1705, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v5i2.972.
K. I. Bhughe, “Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar,” Jurnal Kewarganegaraan, vol. 19, no. 2, p. 113, 2022, doi: 10.24114/jk.v19i2.36954.
D. Sibagariang, H. Sihotang, E. Murniarti, ) Smk, and P. Paramitha, “Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia,” Jurnal Dinamika Pendidikan, vol. 14, no. 2, pp. 88–99, 2021.
T. P. Marpaung, I. Sibaweh, and B. W. Susanto, “Urgensi Guru PAI dalam Membentengi Akhlak Peserta Didik di Era Disrupsi ( Studi Kasus pada Siswa SD Islam Uwais Al Qarni Pekanbaru ),” vol. 05, no. 03, pp. 9756–9765, 2023.
M. R. Nurrohmah and A. Syahid, “Tujuan Pendidikan Perspektif Al-Quran dan Pendidikan Barat,” Attractive : Innovative Education Journal, vol. 2, no. 2, p. 34, 2020, doi: 10.51278/aj.v2i2.48.
Agus Samsulbassar, Andewi Suhartini, and Nurwadjah Ahmad EQ, “Implikasi Konsep Fitrah dalam Islam dan Tujuan Pendidikan Nasional,” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, vol. 5, no. 1, pp. 49–56, 2020, doi: 10.35316/jpii.v5i1.229.
M. H. Mansyur, “Tujuan Pendidikan Dalam Islam,” Al-Lubab: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Keagamaan Islam, vol. 6, no. 2, pp. 689–710, 2020.
A. J. Penelitian and S. Keagamaan, “Sekolah Tinggi Agama Islam An-Nadwah Kuala Tungkal AR-RAHMAH Jurnal Penelitian Badruddin lingkup qawaid fiqhiyah , sumber-sumber qawaid fiqhiyah , perbedaan qawaid fiqhiyah Artinya :" Hukum yang bersifat universal ( kulli ) yang diikuti oleh satuan-satuan,” vol. 3, pp. 1–16, 2023.
M. Arifin and M. A. Ningtiyas, “Normative ( Literature ) And Empirical ( Non Literair ) Research Methods In The Science Of The Qur ’ an And Interpretation Konsep Penelitian Normative ( Literair ) Dan Empiris ( Non Literair ) Dalam Ilmu al- Qur ’ an Dan Tafsir,” vol. 11, no. 1, pp. 50–59, 2023.
M. Rizal et al., “Sumber Landasan dalam Merumuskan kaidah-kaidah Nahwu dan Signifikansinya untuk Pembelajaran Bahasa Arab The Basic Sources in Formulating Nahwu Rules and Its Significance in Teaching Arabic,” vol. 4, no. 2, pp. 208–222, 2021.
Y. Busthomi, S. A’dlom, R. Catur, and R. Kusmayadi, “Pendidikan kecerdasan spiritual dalam al-qur’an surat al-luqman,” Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, vol. 1, no. 2, pp. 150–175, 2020.
S. Anam, “Efektifitas Metode At-Tibyan Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini Di TAUD SAQU Nurussunnah Di Kecamatan Tembalang Kota Semarang,” Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, vol. 9, no. 2, pp. 95–101, 2020.
Faris Maulana Akbar, “Ragam Ekspresi Dan Interaksi Manusia Dengan Al-Qur’an (Dari Tekstualis, Kontekstualis, Hingga Praktis),” REVELATIA Jurnal Ilmu al-Qur`an dan Tafsir, vol. 3, no. 1, pp. 47–65, 2022, doi: 10.19105/revelatia.v3i1.5799.
F. Nurdin, “Moderasi Beragama menurut Al-Qur’an dan Hadist,” Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah, vol. 18, no. 1, p. 59, 2021, doi: 10.22373/jim.v18i1.10525.
M. Zahra, A. Hadiyanto, and K. I. Siregar, “Karakteristik Pendidik Rahmani dalam Surah ar-Rahman,” Jurnal Online Studi Al-Qur an, vol. 16, no. 1, pp. 89–100, 2020, doi: 10.21009/jsq.016.1.06.
N. Azani, A. Arifi, and L. Harahap, “Studi Kualitatif Tentang Solusi Al-Qur’an Terhadap Konflik Keluarga Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam,” Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, vol. 12, no. 2, p. 114, 2022, doi: 10.24014/jiik.v12i2.20217.
Hasan, D. Budiarti, Khadijah, and N. I. Hasanah, “Problematika dalam menghafal Al-Qur’an bagi anak Balita di Rutaba Hijrah Sulingan,” Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, vol. 2, no. 1, p. 26, 2023, doi: 10.15575/isema.v3i2.5281.
M. Muthoifin and F. Fahrurozi, “Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid Dalam Kisah Ashabul Ukhdud Surat Al-Buruj Perspektif Ibn Katsir Dan Hamka,” Profetika: Jurnal Studi Islam, vol. 19, no. 2, pp. 163–174, 2018, doi: 10.23917/profetika.v19i2.8123.
E. Rosyidah, “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik Di TPQ Al-Azam Pekanbaru,” Jurnal Kependidikan Islam, vol. 9, no. 2, pp. 181–189, 2019.
M. Munawan, “A Critical Discourse Analysis dalam Kajian Tafsir Alquran: Studi Tafsir Al-Azhar Karya Hamka,” Tajdid, vol. 25, no. 2, p. 155, 2018, doi: 10.36667/tajdid.v25i2.303.
I. Zamimah, “Al Wasathiyah dalam Al Qur’an (Studi Tafsir Al Maraghi, Al Munir dan Al Mishbah),” Tesis, pp. 1–157, 2015.
I. Rosyanti, “Penggunaan Hadis Dalam Tafsir Al-Maraghi,” Diroyah : Jurnal Studi Ilmu Hadis, vol. 2, no. 2, pp. 137–146, 2018, doi: 10.15575/diroyah.v2i2.2502.
W. H. S. Wan Ahmad, S. N. B. Syed Bidin, and K. S. Mat Teh, “[Interpretation Method of Al-Ilmi Hamka and Al-Maraghiy on Al-Kawniyah Verses: A Comparison] Metode Pentafsiran Al-Ilmiy Hamka dan Al-Maraghiy Terhadap Ayat-Ayat Al-Kawniyyah : Satu Perbandingan,” Jurnal Islam dan Masyarakat Kontemporari, vol. 15, no. 1, pp. 94–105, 2017, doi: 10.37231/jimk.2017.15.1.223.
M. Fattah, “Pakaian Ideal Seorang Muslimah ( Studi Komparatif dalam Pentafsiran Surah Al-A ’ raf ayat 26 antara Kitab Tafsir Al-Maraghi dan Tafsir Al-Azhar ),” Penerbit UTHM, vol. 2, no. 1, pp. 21–32, 2021.
M. N. Hakim, “TA’WÎL TAFSIR PERIODE MODERN: Telaah Tafsir Al-Marâghî Karya Ahmad Musthâfâ,” Al-Fath, vol. 15, no. 2, pp. 89–118, 2021.
R. G. Maula, “Ulil Amri Dalam Perspektif AL-Quran Serta Penafsirannya Menurut Ahmad Mustafa Al-Maraghi dan Wahbah Zuhaili,” journal al-Fath, vol. 12, pp. 132–157, 2019.
R. Ulya and Hafizzullah, “Konsep Jihad dalam Tafsir Al-Maraghi (Studi Tafsir Tematik Tentang Jihad dalam QS. At-Taubah),” Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab dan Dakwah, vol. 2, no. 2, pp. 146–175, 2020, doi: 10.32939/ishlah.v2i2.34.
F. Y. Liriwati and A. Armizi, “Konsep Pendidikan Tauhid Anak Usia Dini Menurut Tafsir Surah Luqman Ayat 13,” Seminar Nasional PAUD Holistik Intergratif, no. September, pp. 117–124, 2021.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Lukman Nurchakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).