Pengaruh Gaya Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Teluk Kuantan

Authors

  • Nicoli Ramaberto Pendidikan Ekonomi, Universitas Riau, Indonesia
  • Gimin Gimin Pendidikan Ekonomi, Universitas Riau, Indonesia
  • Filma Alia Sari Pendidikan Ekonomi, Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.623

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu di SMPN satu Teluk Kuantan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dua – VIII lima SMP Negeri satu Teluk Kuantan tahun pelajaran dua ribu dua puluh dua sampai dua ribu dua puluh tiga dengan jumlah populasi sebesar seratus dua puluh empat siswa. Sampel penelitian ini berjumlah empat puluh empat siswa dengan menggunakan teknik random proportional sampling, metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup.  Analisis data yang digunakan pada dua variabel menggunakan analisis deskriptif. Setelah itu dilakukan asumsi klasik normalitas, linearitas, dan heteroskedatisitas sebagai persyaratan untuk dilakukannya uji analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS dua puluh dua. Uji hipotesis yang digunakan regresi linear sederhana, Guru perlu meningkatkan gaya mengajar guru lain yang secara sederhana bisa memikat siswa selama pembelajaran berlangsung karena karakter siswa tiap tahunnya selalu berbeda. Namun, masih perlu adanya perbaikan pada lingkungan kelas yang kondusif demi kenyamanan dan fokus siswa mengikuti pembelajaran untuk siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.M., S. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Agustina, N. (2017). Pengaruh gaya mengajar interaksional guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran aqidah akhlak di MAN 1 Palembang. Skripsi. UIN Raden Fatah Palembang.

Anggraini, D. (2019). Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Fikih Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Islamic Center Al-Hidayah Kampar. Skripsi. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Ansori, M. (2019). Pengaruh Ragam Metode Mengajar Guru PAI terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPA MA. Al-Qodiri Jember Tahun Pelajarn 2018/2019. Jurnal Al-Yasini, 4(2), 70–82. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/3517

Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 4 (4th ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasril, Sahidi, A., & Ramlan, L. O. (2021). Hubungan antara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 07 Bombana. JURNAL AKADEMIK FKIP UNIDAYAN, 9(2), 61–70. https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/fkip/article/view/421

Khasanah, A. N., & Yulliyanto, E. (2016). Pengaruh model pembelajaran number hand together (nht) pada materi kimia terhadap motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 4(2), 50–58. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/2157/2179#

Kusumadewi, R. (2021). Pengaruh variasi gaya mengajar guru akidah akhlak terhadap motivasi belajar siswa di ma terpadu hudatul muna 2 jenes ponorogo. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Mehta, C. R. (1996). SPSS Exact Tests 7.0 for Windows. SPSS Inc.

Muslihan, S. (2017). Pengaruh variasi mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS TERPADU Kelas VII Mts Raudatul Ulum Batu Jangkih Lombok Tengah tahun ajaran 2016/2017. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram.

Nurrohmah, & Makhshun, T. (2019). Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Pai Terhadap Motivasi Belajar Pai Siswa Di Smp Negeri 43. Konferensi IImiah Mahasiswa Unissula (KIMU)2, 428–443. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/view/8160/3725

Priyono, S., Marwati, E., & Anggraini, F. (2018). Korelasi Variasi Gaya Mengajar Guru dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Belitang Mulya. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 2(1), 30–43. https://doi.org/10.30599/utility.v2i1.282

Rauf, A., Suarman, S., & Kartikowati, S. (2020). The Influence of Emotional Intelligence and Student Learning Behavior Through Student Motivation on Student Learning Outcomes. Journal of Educational Sciences, 4(4), 881. https://doi.org/10.31258/jes.4.4.p.881-889

Riyantama Isjoni, M. Y., Sari, F. A., & Rizka, M. (2022). The Effectiveness Online Learning toward Students’ Motivation at FKIP University of Riau. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2153–2160. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1202

Sari, F. A., Marwan, M., & Dwita, S. (2018). The Influence of Teacher’s Role and Motivation on Basic Accounting Learning Outcomes at Vocational High Schools. Atlantis Press, 57(Piceeba), 610–616. https://doi.org/10.2991/piceeba-18.2018.12

Shinta, S. S. (2018). Pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI SMA Negeri 1 Pekalongan Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi (6th ed.). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, H. B. (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2018). Landasan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Vinallia, V. (2018). Pengaruh gaya mengajar guru fiqih terhadap motivasi belajar siswa Mtsn Purwosari Kab. Kediri. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(2), 153–162. https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/707

Yunas, T. B., & Rachmawati, M. A. (2018). Kemampuan Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Fisika Pada Siswa di Yogyakarta. PSYCHOPOLYTAN (Jurnal Psikologi), 1(2), 60–75. http://jurnal.univrab.ac.id/index.php/psi/article/view/448/307

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Ramaberto, N., Gimin , G., & Sari, F. A. (2023). Pengaruh Gaya Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Teluk Kuantan. Journal of Education Research, 4(4), 2408–2418. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.623

Issue

Section

Articles

Citation Check