Pengaruh Gaya Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Teluk Kuantan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.623Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu di SMPN satu Teluk Kuantan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dua – VIII lima SMP Negeri satu Teluk Kuantan tahun pelajaran dua ribu dua puluh dua sampai dua ribu dua puluh tiga dengan jumlah populasi sebesar seratus dua puluh empat siswa. Sampel penelitian ini berjumlah empat puluh empat siswa dengan menggunakan teknik random proportional sampling, metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Analisis data yang digunakan pada dua variabel menggunakan analisis deskriptif. Setelah itu dilakukan asumsi klasik normalitas, linearitas, dan heteroskedatisitas sebagai persyaratan untuk dilakukannya uji analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS dua puluh dua. Uji hipotesis yang digunakan regresi linear sederhana, Guru perlu meningkatkan gaya mengajar guru lain yang secara sederhana bisa memikat siswa selama pembelajaran berlangsung karena karakter siswa tiap tahunnya selalu berbeda. Namun, masih perlu adanya perbaikan pada lingkungan kelas yang kondusif demi kenyamanan dan fokus siswa mengikuti pembelajaran untuk siswa.
Downloads
References
A.M., S. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.
Agustina, N. (2017). Pengaruh gaya mengajar interaksional guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran aqidah akhlak di MAN 1 Palembang. Skripsi. UIN Raden Fatah Palembang.
Anggraini, D. (2019). Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Fikih Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Islamic Center Al-Hidayah Kampar. Skripsi. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Ansori, M. (2019). Pengaruh Ragam Metode Mengajar Guru PAI terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPA MA. Al-Qodiri Jember Tahun Pelajarn 2018/2019. Jurnal Al-Yasini, 4(2), 70–82. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/3517
Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 4 (4th ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasril, Sahidi, A., & Ramlan, L. O. (2021). Hubungan antara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 07 Bombana. JURNAL AKADEMIK FKIP UNIDAYAN, 9(2), 61–70. https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/fkip/article/view/421
Khasanah, A. N., & Yulliyanto, E. (2016). Pengaruh model pembelajaran number hand together (nht) pada materi kimia terhadap motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 4(2), 50–58. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/2157/2179#
Kusumadewi, R. (2021). Pengaruh variasi gaya mengajar guru akidah akhlak terhadap motivasi belajar siswa di ma terpadu hudatul muna 2 jenes ponorogo. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Mehta, C. R. (1996). SPSS Exact Tests 7.0 for Windows. SPSS Inc.
Muslihan, S. (2017). Pengaruh variasi mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS TERPADU Kelas VII Mts Raudatul Ulum Batu Jangkih Lombok Tengah tahun ajaran 2016/2017. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram.
Nurrohmah, & Makhshun, T. (2019). Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Pai Terhadap Motivasi Belajar Pai Siswa Di Smp Negeri 43. Konferensi IImiah Mahasiswa Unissula (KIMU)2, 428–443. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/view/8160/3725
Priyono, S., Marwati, E., & Anggraini, F. (2018). Korelasi Variasi Gaya Mengajar Guru dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Belitang Mulya. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 2(1), 30–43. https://doi.org/10.30599/utility.v2i1.282
Rauf, A., Suarman, S., & Kartikowati, S. (2020). The Influence of Emotional Intelligence and Student Learning Behavior Through Student Motivation on Student Learning Outcomes. Journal of Educational Sciences, 4(4), 881. https://doi.org/10.31258/jes.4.4.p.881-889
Riyantama Isjoni, M. Y., Sari, F. A., & Rizka, M. (2022). The Effectiveness Online Learning toward Students’ Motivation at FKIP University of Riau. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2153–2160. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1202
Sari, F. A., Marwan, M., & Dwita, S. (2018). The Influence of Teacher’s Role and Motivation on Basic Accounting Learning Outcomes at Vocational High Schools. Atlantis Press, 57(Piceeba), 610–616. https://doi.org/10.2991/piceeba-18.2018.12
Shinta, S. S. (2018). Pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI SMA Negeri 1 Pekalongan Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.
Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi (6th ed.). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uno, H. B. (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2018). Landasan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Vinallia, V. (2018). Pengaruh gaya mengajar guru fiqih terhadap motivasi belajar siswa Mtsn Purwosari Kab. Kediri. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(2), 153–162. https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/707
Yunas, T. B., & Rachmawati, M. A. (2018). Kemampuan Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Fisika Pada Siswa di Yogyakarta. PSYCHOPOLYTAN (Jurnal Psikologi), 1(2), 60–75. http://jurnal.univrab.ac.id/index.php/psi/article/view/448/307
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Nicoli Ramaberto none, Gimin Gimin , Filma Alia Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).