Pengembangan Aplikasi Sipma dalam Meningkatkan Prestasi Kimia di SMA Negeri 1 Brebes

Authors

  • Fahrizal Zulian Pratama Magister Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Purwo Susongko Magister Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Basukiyatno Basukiyatno Magister Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.620

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penggunaan media pembelajaran aplikasi sistem informasi pembelajaran kimia atau SIPMA untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan guru dan siswa, mengetahui gambaran desain pengembangan aplikasi SIPMA, mengetahui kelayakan penerapan dan mengetahui keefektifan penerapan dalam meningkatkan prestasi belajar kimia siswa di SMA Negeri satu Brebes. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada metode penelitian dan pengembangan yang biasa disebut R and D atau Research and Development. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural yang prosesnya bersifat deskriptif mengikuti model penelitian ADDIE dengan cara menerapkan tiga langkah yaitu;  Analisa atau analisis, Perancangan atau design, Pengembangan atau development. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif dengan menghitung kelayakan dan efektivitas media yang dikembangkan. Hasil penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran SIPMA pada materi Hidrolisis Garam dinyatakan layak dan efektif digunakan sebagai media penunjang pembelajaran guna meningkatkan prestasi belajar kimia siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Suprijono. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Anggara, A. B. (2020). Sistem Informasi sekolah Menggunakan Algoritma C4. 5 Untuk Mengidentifikasi Faktor Faktor Penurunan Mutu Pembelajaran Siswa SMK (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Anggraini, N., Arianto, P., & Hidayanto, H. N. (2020). Pengembangan Online Application Berbasis Android dalam Pembelajaran Grammar. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 15(2), 117-125.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar.(2016).Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.

Baharuddin dan Esa (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

C. Laudon, Kenneth; &P. Laudon, Jane. 2012. Management Information Systems :Managing The Digital Firm. Twelfth Edition.New Jersey, United States of America : Pearson Prentice Hall

Didik Hariyanto. (2008). Pengembangan Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Berbasis Teknologi WAP (Wireless Application Protocol) di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (Nomor 2 tahun 2008). Hlm. 143-144.

Dimyati, Mudjiono. (2006).Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendi, Empy dan Hartono Zhuang (2005). e-Learning Konsep dan Aplikasi. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Ekaningrum, Y., & Lestari, E. (2014). Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Di Politeknik Nsc (Studi Kasus: Mahasiswa Yang Bekerja & yang Belum Bekerja). Jurnal Bisnis Teknologi, 1(1), 20-24.

Gunawan, R., Prastyawan, T. H., & Wahyudin, Y. (2022). Rancang Bangun Game Edukasi Perhitungan Dasar Matematika Sekolah Dasar Kelas 3, 4 Dan 5 Mengunakan Construct 2. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 17(1), 1-15.

Hamalik, O. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta:Bumi aksara

Hardini, Isriani dan Dewi Puspitasari. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori,Konsep, & Implementasi). Yogyakarta: Familia.

Harefa, D. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Siswa Pada Model Pembelajaran Learning Cycle Dengan Materi Energi dan Perubahannya. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 25-36.

Istiqomah, Asih. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan. Universitas Ahmad Dahlan. Volume.4 No.2 Desember 2020.

Jogiyanto. (2013). Analisis & Desain Sistem Informasi : Pendekatan tertruktur teori dan praktik aplikasi bisnis. Andi Offset.Yogyakarta.

Lestari, T. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Tema Ekosistem di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 114-124.

Mulyasa, E.,2007.Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Musaddad, Z. H. (2016). Pengaruh media belajar berbasis aplikasi android terhadap minat belajar mandiri mahasiswa pendidikan agama islam universitas islam indonesia (Doctoral dissertation, UII).

Nursyanti, R., Alamsyah, R. Y. R., & Perdana, S. (2019). Perancangan Aplikasi Berbasis Web Untuk Membantu Pengujian Kualitas Kain Tekstil Otomotif (Studi Kasus Pada Pt. Ateja Multi Industri). Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika), 10(2).

Oktaviyana, A. (2023). Analisis Sistem Informasi Manajemen. Circle Archive, 1(1).

Pujiriyanto. (2012). Teknologi untuk Pengembangan Media dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Ridwan,Muhammad Habib. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V Di Mi Roudlotut Tholibin KabupatenTulungagung . Tulungagung: Pascasarjana IAIN Tulungagung.

Rifki, M. (2022). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vi Mi Negeri 1 Kecamatan Kota Sumenep Kabupaten Sumenep Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral Dissertation, Stkip Pgri Sumenep).

Rumsinah, N. I. Penerapan Metode Demontrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Teori Dasar Kemagnetan di SMP Negeri 1 Krangkeng Kabupaten Indramayu. Jurnal Pendidikan Madrasah, 8(1), 27-34.

Safaat, H. Nazruddin. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Smarphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Penerbit Informatika, Bandung.

Sanjaya. (2015). Model Pengajaran dan Pembelajaran, Bandung: CV Pustaka Setia.

Sardiman. (2011).Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sari, A. Q., Sukestiyarno, Y. L., dan Agoestanto, A. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas Dan Uji Homogenitas Pada Model Regresi Linear. Unnes Journal of Mathematics, 6 (2), 168–177.

Sastrawijaya, tresna. (1998). Proses Belajar Mengajar Kimia. Jakarta : Depdikbud, Dirjendikti, Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Setiawan, R. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Tracer Study Berbasis Web Di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(1).

Siradjuddin, H. K. (2017). Prototype Implementation of E-Counseling To Support. Indonesian Journal on Information System, 2(September 2017), 48–56.

Situmorang, M., Sitorus, M., Hutabarat, W., & Situmorang, Z. (2015). The development of innovative chemistry learning material for. International Education Studies, 8(10), 72-85. doi:10.5539/ies.v8n10p72

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surachman, E. (2016). Workshop Pemanfaatan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatkan Efektifitas Pembelajaran Serta Profesionalitas Pendidik Di SMP Negeri 194 Jakarta. Sarwahita, 13(2), 111-119.

Suteja, Budi. 2006. Konsep Sistem Informasi Berorientasi Objek. Penerbit: Informatika, Bandung.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana

Widiyati, D., dkk. (2020). Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Sekolah Dasar (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Swasta Adik Irma Kecamatan Tebet). Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2020, E-ISSN 2549-5801, hmln. 1-6.

Wina Sanjaya. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi.Jakarta: Kencana Media Group

Downloads

Published

2023-12-18

How to Cite

Pratama, F. Z., Susongko, P., & Basukiyatno, B. (2023). Pengembangan Aplikasi Sipma dalam Meningkatkan Prestasi Kimia di SMA Negeri 1 Brebes. Journal of Education Research, 4(4), 2290–2301. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.620

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>