Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Menggunakan Kuis Interaktif pada Mata Kuliah Kompetensi Guru Sekolah Dasar di Wilayah Pulau-Pulau Kecil Perbatasan

Authors

  • Bintang Lony Vera Victory Sihombing PSDKU UNIVERSITAS PATTIMURA DI KABUPATEN KEPULAUAN ARU, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.613

Keywords:

Hasil Belajar Kognitif, Mahasiswa, Kuis Interaktif

Abstract

Nilai rata-rata harian mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Program Studi Diluar Kampus Utama Kabupaten Kepulauan Aru dalam Mata Kuliah Kompetensi Guru Sekolah Dasar di Wilayah PPKP hanya mencapai empat puluh empat koma sembilan persen. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran berbasis media teknologi berupa kuis interaktif yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak sebelas orang yaitu mahasiswa yang melakukan penawaran terhadap mata kuliah tersebut, mengikuti setiap pertemuan, dan mengerjakan kuis interaktif I sampai IV. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan mahasiswa, soal pre-test, dan soal post-test. Penerapan kuis interaktif dikatakan mampu meningkatkan hasil belajar kognitif apabila delapan puluh lima persen dari seluruh mahasiswa memperoleh nilai besar sama lebih lima puluh lima. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan kuis interaktif dapat meningkatkan hasil belajar. Pada post-test persentase mahasiswa yang memperoleh nilai besar sama lima puluh lima mencapai sembilan puluh satu persen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, V. N. (2021). Pengaruh Quizziz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas Viii Di Mtsn 1 Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 1(3), 1–8. https://doi.org/10.59818/jpi.v1i3.42

Annisa, R., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3660–3667. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1376

Arzfi, B. P., Desyandri, D., & Mayar, F. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Seni Musik Materi Tangga Nada Diatonis untuk Mengidentifikasi Hasil Belajar Mahasiswa PGSD. Jurnal Basicedu, 6(4), 7418–7425. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3537

Azizah, H., & Kurniasih, M. D. (2022). Analisis Hubungan Perhatian Orang Tua dan Kemampuan Literasi Matematika Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4758–4765. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.3019

Hartati, Putri, A. N., & Irawan, B. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Eksresi Kelas XI IPA MAN Tanjungpinang. Student Online Journal, 3(1), 492. http://www.bioline.org.br/

Ilmi, Y. F. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Kuis. 6(1).

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis

Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 609. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Smp 2 Bojonegara (Mathematics Learning With Quizizz Game Media To Improve Mathematics Learning Outcomes of Smp 2 Bojonegara). 03(01), 64–73. http://dx.doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Patimah, L., & Widianjani, W. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 259–264. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6629

Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 60–66. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1161

Ratnawati, D. M. (2022). Pengembangan Kuis Interaktif Berbantu Media Quizizz Untuk Memperkuat Daya Ingat Siswa Kelas VIII Pada Materi Getaran, Gelombang, Dan Bunyi Di SMP NEGERI 8 Jember. Skripsi, April, 1–84.

Rini, & Zuhdi, U. (2021). Pengaruh Media Quizizz Paper Mode Terhadap Hasil Belajar Materi Penerapan Sikap Pancasila Kelas IV UPT SD Negeri 220 Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 65.

Wijayanti, R., Hermanto, D., & Zainudin, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Matakuliah Matematika Sekolah Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 347–356. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.470

Zuhrotul Aini, A., Rahayu, P., & Pgri Nganjuk, S. (2021). Penerapan Aplikasi Quizizz Pada Siswa Kelas X Mipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN. STKIP PGRI Nganjuk, 376–383.

Downloads

Published

2023-12-18

How to Cite

Sihombing, B. L. V. V. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Menggunakan Kuis Interaktif pada Mata Kuliah Kompetensi Guru Sekolah Dasar di Wilayah Pulau-Pulau Kecil Perbatasan. Journal of Education Research, 4(4), 2251–2257. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.613

Issue

Section

Articles

Citation Check