Problematika Pelaksanaan Tahfidz Al-Qur’an dengan Metode Musyafahah di SMP IT AD DURRAH
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.607Keywords:
Problematika, Tahfidz Al-Qur’an, Metode Musyafahah, Pembelajaran, Strategi GuruAbstract
Al-Qur'an merupakan kitab suci yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman dan pelengkap kitab suci sebelumnya. Tujuan penelitian ini, agar siswa-siswi di SMP IT Ad Durrah mampu mencapai target harian hafalan yang telah di tetapkan oleh pihak lembaga sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi dan pencatatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahfidz Al-Qur'an dilaksanakan di SMP IT Ad Durrah dalam dua kegiatan utama. Yang pertama adalah kegiatan pengelolaan siswa-siswi. Yang kedua adalah penetapan fasilitas. Metode Talaqqi dan Musyafahah dianggap sebagai metode pengajaran yang digunakan setiap hari. Evaluasi dilakukan dengan hati-hati. Tidak hanya siswa tetapi juga pendidik dievaluasi. sehingga keputusan peningkatan berkala juga muncul untuk Pembimbing Tahfidz.
Downloads
References
Al-miskawaih, J., Amalia, I., Hestyaningsih, L., Tahfidzul, P. P., Pemalang, K. R., Tinggi, S., & Tarbiyah, I. (2022). Problematika Pembelajaran Tahfidzul Qur'an Di Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur'an Kecamatan Randudongkal Pemalang Ita Amalia 1 , Lika Hestyaningsih 2. 3, 60–68.
Amir, S., Fauzi, M. R., & Isomudin, M. (2021). Problematika Pembelajaran Tahfidz di Pondok Pesantren. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum dan Pendidikan, 31(2), 108–119. https://doi.org/10.52030/attadbir.v31i2.108
Atabik, A. (2014). The Living Qur’an: PoTreT Budaya Tahfiz aL-Qur’an di nusanTara. Penelitian, 8(1), 161–178.
Bado, B. (2021). Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah. In Pengantar Metode Kualitatif.
Bakri, M. S. (2020). Strategi Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Semangat Hafalan Al- Qur ’ an Santri di Pesantren Al-Ainy Kertosono Nganjuk. Prosiding Pascasarjana, 3, 111–114. https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/al-ulya/article/view/243
Diah Utami, R., & Maharani, Y. (2018). Kelebihan Dan Kelemahan Metode Talaqqi Dalam Program Tahfidz Al-Qur’an Juz 29 Dan 30 Pada Siswa Kelas Atas Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 185. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.7353
Fauziah, R., Ritonga, M., & Alrasi, F. (2020). Korelasi Tsiqah Tahfidz Al-Qur’an Dengan Maharah Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Mustawa Tsalits Ma’Had Az-Zubair Bin Al-Awwam. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 19(1), 25–36. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2342
Hadi, S. (2016). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi [Examination of the Validity of Qualitative Research Data on Thesis]. Ilmu Pendidikan, 22(1), 21–22.
Hamzah, M. R., Mahmud, M. E., Marajo, & Afendi, A. R. (2023). Problematika Pelaksanaan Program Tahfidz Ma’had Al-Jami’ah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 4, 25–30.
Hashim, A., Tamuri, A. H., & Jemali, M. (2015). Persepsi Guru Tahfiz Terhadap Amalan Kaedah Pengajaran Tahfiz Tahfiz Teacher Perceptions of Tahfiz Teaching Methods. 2(1), 35–50.
Hasin, Anuar &, Alias, Norazman &, Daud, Z. (2020). Kata Kunci: Tajwid, Covid-19, Pembelajaran Online, as-Sunnah, Talaqqi 415. October, 29–30.
Hidayah, N. (2016). Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 63–81. https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.01.63-81
Iliyin, W., Mansur, R., & Ardiansyah, A. (2023). Strategi Guru Tahfiz Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur'an Peserta Didik DI SMP Plus Az-Zahroh Malang Wildatu. Vicratina, 8(5), 149–158.
Ismail, T., Suhadi, S., & Sulistyowati, S. (2022). Strategi Guru Tahfidz Dalam Mengatasi Kesulitan Menghafal Al-Qur’an. Mamba’ul ’Ulum, 18(2), 159–167. https://doi.org/10.54090/mu.65
Jasni, M. A., & Hamzah, M. I. (2023). Kaidah Talaqqi Musyafahah dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Malaysia. International Conference on Business Studies and Education (ICBE), March.
Kartika, T. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Talaqqi. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 245–256. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5988
Malwa, R. U. (2018). Dukungan Sosial Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Putra Tahfidz Al-Qur’an [Social Support of Parents With Learning Motivation students Tahfidz Al-Qur’an]. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 3(2), 137–144.
Mavianti, Samudra, M. J., Ramadhan, R. A., & Pane, S. A. (2021). Implementasi Media Talaqqi Qiraah Al-Quran Di Masjid Al-Jihad Mabar, Medan Deli. AR-RASYID : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 24–30. https://doi.org/10.30596/arrasyid.v1i1.8368
Moktar, M. S., & Sharif, M. F. BIN. (2021). Kaedah Talaqqī Musyafahah Dalam Tilawah Al-Quran. MANU Jurnal Pusat Penataran Ilmu dan Bahasa (PPIB), 32(1), 153–174. https://doi.org/10.51200/manu.vi.3280
Muhammad, H. (2022). Metode Musyafahah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SMP-IT As-Salam Ambon. Jurnal Pendidikan, 14(2), 267–288.
Muzakki, M., Gani, A., & Zulkifli, Z. (2021). Problematika yang Muncul pada Program Tahfidz Al-Qur’an dengan Model Pembelajaran Tutorial Sebaya. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 91–100. https://doi.org/10.21137/jpp.2021.13.2.4
Nst, R. A.-H., Manda, S., Nst, P. T., & Al-Husna, K. I. (2023). Problematika Pelaksanaan Tahfidzul Qur’an Di Asrama Tahfidz H. Abdullah Musthafa Nasution Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru Mandailing Natal. Devotion: Journal Corner of Community Service, 1(3), 98–104. https://doi.org/10.54012/devotion.v1i3.111
Nurtsany, R., Putra Raihan Nur Alam, Linda Hodijah, & Imam Tabroni. (2020). Penanganan Problematika Menghafal Al-Qur’an Bagi Santri Di Pondok Pesantren Baitul Quran Cirata. Lebah, 14(1), 14–19. https://doi.org/10.35335/lebah.v14i1.65
Putri, A. D., & Harfiani, R. (2022). Problematika Kegiatan Siswa Menghafal Al- Qur ’ an di SMP IT Al Munadi Medan Problems of Student Activities Memorizing Al-Qur ’ an at SMP IT Al Munadi Medan. 2(3), 796–806.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rustiana, D., & Ma`arif, M. A. (2022). Manajemen Program Unggulan Tahfidz Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa. Kharisma: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.59373/kharisma.v1i1.2
Shobirin, M. (2018). Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an dalam Penanaman Karakter Islami. Quality, 6(1), 16. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5966
Siregar, D. ’Aeyn abe. (2022). Ex Post Facto Dari Implementasi Program Tahfiz Al-Qur'an Dengan Metode Talaqqi Dan Musyafahah Melalui Target Harian Di SMP IT Ad Durrah. Tinta, 4(2), 39–51.
Sugiyono. (2016). Penerbit Pustaka Ramadhan, Bandung. Analisis Data Kualitatif, 180. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf
Suriansyah, M. A. (2021). Implementasi Metode Talaqqi dan Musyafahah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SD Swasta Salsa. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(2), 216–231. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i2.27
Sutriani, E., & Octaviani, R. (2019). Keabsahan data. INA-Rxiv, 1–22.
Wahyuni, S., Monia, F. A., & Ilasmi, E. (2022). Problematika Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kabupaten Pasaman. Indonesian Research Journal On Education, 3(1), 851–855. https://doi.org/10.31004/irje.v3i1.373
Yusof, N. H. bin, Razali, M. A. bin M., Omar, N. binti, Abdelgelil, M. F. M., & Hamzah, M. S. bin. (2018). Concept and Execution of Talaqqi and Musyafahah Method in Learning Al-Quran. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(11), 559–565. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i11/4930
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Arya Firmansyah, Mavianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).