Problematika Pelaksanaan Tahfidz Al-Qur’an dengan Metode Musyafahah di SMP IT AD DURRAH

Authors

  • Arya Firmansyah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Mavianti Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.607

Keywords:

Problematika, Tahfidz Al-Qur’an, Metode Musyafahah, Pembelajaran, Strategi Guru

Abstract

Al-Qur'an merupakan kitab suci yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman dan pelengkap kitab suci sebelumnya. Tujuan penelitian ini, agar siswa-siswi di SMP IT Ad Durrah mampu mencapai target harian hafalan yang telah di tetapkan oleh pihak lembaga sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi dan pencatatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahfidz Al-Qur'an dilaksanakan di SMP IT Ad Durrah dalam dua kegiatan utama. Yang pertama adalah kegiatan pengelolaan siswa-siswi. Yang kedua adalah penetapan fasilitas. Metode Talaqqi dan Musyafahah dianggap sebagai metode pengajaran yang digunakan setiap hari. Evaluasi dilakukan dengan hati-hati. Tidak hanya siswa tetapi juga pendidik dievaluasi. sehingga keputusan peningkatan berkala juga muncul untuk Pembimbing Tahfidz.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-miskawaih, J., Amalia, I., Hestyaningsih, L., Tahfidzul, P. P., Pemalang, K. R., Tinggi, S., & Tarbiyah, I. (2022). Problematika Pembelajaran Tahfidzul Qur'an Di Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur'an Kecamatan Randudongkal Pemalang Ita Amalia 1 , Lika Hestyaningsih 2. 3, 60–68.

Amir, S., Fauzi, M. R., & Isomudin, M. (2021). Problematika Pembelajaran Tahfidz di Pondok Pesantren. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum dan Pendidikan, 31(2), 108–119. https://doi.org/10.52030/attadbir.v31i2.108

Atabik, A. (2014). The Living Qur’an: PoTreT Budaya Tahfiz aL-Qur’an di nusanTara. Penelitian, 8(1), 161–178.

Bado, B. (2021). Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah. In Pengantar Metode Kualitatif.

Bakri, M. S. (2020). Strategi Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Semangat Hafalan Al- Qur ’ an Santri di Pesantren Al-Ainy Kertosono Nganjuk. Prosiding Pascasarjana, 3, 111–114. https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/al-ulya/article/view/243

Diah Utami, R., & Maharani, Y. (2018). Kelebihan Dan Kelemahan Metode Talaqqi Dalam Program Tahfidz Al-Qur’an Juz 29 Dan 30 Pada Siswa Kelas Atas Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 185. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.7353

Fauziah, R., Ritonga, M., & Alrasi, F. (2020). Korelasi Tsiqah Tahfidz Al-Qur’an Dengan Maharah Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Mustawa Tsalits Ma’Had Az-Zubair Bin Al-Awwam. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 19(1), 25–36. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2342

Hadi, S. (2016). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi [Examination of the Validity of Qualitative Research Data on Thesis]. Ilmu Pendidikan, 22(1), 21–22.

Hamzah, M. R., Mahmud, M. E., Marajo, & Afendi, A. R. (2023). Problematika Pelaksanaan Program Tahfidz Ma’had Al-Jami’ah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 4, 25–30.

Hashim, A., Tamuri, A. H., & Jemali, M. (2015). Persepsi Guru Tahfiz Terhadap Amalan Kaedah Pengajaran Tahfiz Tahfiz Teacher Perceptions of Tahfiz Teaching Methods. 2(1), 35–50.

Hasin, Anuar &, Alias, Norazman &, Daud, Z. (2020). Kata Kunci: Tajwid, Covid-19, Pembelajaran Online, as-Sunnah, Talaqqi 415. October, 29–30.

Hidayah, N. (2016). Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 63–81. https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.01.63-81

Iliyin, W., Mansur, R., & Ardiansyah, A. (2023). Strategi Guru Tahfiz Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur'an Peserta Didik DI SMP Plus Az-Zahroh Malang Wildatu. Vicratina, 8(5), 149–158.

Ismail, T., Suhadi, S., & Sulistyowati, S. (2022). Strategi Guru Tahfidz Dalam Mengatasi Kesulitan Menghafal Al-Qur’an. Mamba’ul ’Ulum, 18(2), 159–167. https://doi.org/10.54090/mu.65

Jasni, M. A., & Hamzah, M. I. (2023). Kaidah Talaqqi Musyafahah dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Malaysia. International Conference on Business Studies and Education (ICBE), March.

Kartika, T. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Talaqqi. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 245–256. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5988

Malwa, R. U. (2018). Dukungan Sosial Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Putra Tahfidz Al-Qur’an [Social Support of Parents With Learning Motivation students Tahfidz Al-Qur’an]. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 3(2), 137–144.

Mavianti, Samudra, M. J., Ramadhan, R. A., & Pane, S. A. (2021). Implementasi Media Talaqqi Qiraah Al-Quran Di Masjid Al-Jihad Mabar, Medan Deli. AR-RASYID : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 24–30. https://doi.org/10.30596/arrasyid.v1i1.8368

Moktar, M. S., & Sharif, M. F. BIN. (2021). Kaedah Talaqqī Musyafahah Dalam Tilawah Al-Quran. MANU Jurnal Pusat Penataran Ilmu dan Bahasa (PPIB), 32(1), 153–174. https://doi.org/10.51200/manu.vi.3280

Muhammad, H. (2022). Metode Musyafahah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SMP-IT As-Salam Ambon. Jurnal Pendidikan, 14(2), 267–288.

Muzakki, M., Gani, A., & Zulkifli, Z. (2021). Problematika yang Muncul pada Program Tahfidz Al-Qur’an dengan Model Pembelajaran Tutorial Sebaya. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 91–100. https://doi.org/10.21137/jpp.2021.13.2.4

Nst, R. A.-H., Manda, S., Nst, P. T., & Al-Husna, K. I. (2023). Problematika Pelaksanaan Tahfidzul Qur’an Di Asrama Tahfidz H. Abdullah Musthafa Nasution Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru Mandailing Natal. Devotion: Journal Corner of Community Service, 1(3), 98–104. https://doi.org/10.54012/devotion.v1i3.111

Nurtsany, R., Putra Raihan Nur Alam, Linda Hodijah, & Imam Tabroni. (2020). Penanganan Problematika Menghafal Al-Qur’an Bagi Santri Di Pondok Pesantren Baitul Quran Cirata. Lebah, 14(1), 14–19. https://doi.org/10.35335/lebah.v14i1.65

Putri, A. D., & Harfiani, R. (2022). Problematika Kegiatan Siswa Menghafal Al- Qur ’ an di SMP IT Al Munadi Medan Problems of Student Activities Memorizing Al-Qur ’ an at SMP IT Al Munadi Medan. 2(3), 796–806.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rustiana, D., & Ma`arif, M. A. (2022). Manajemen Program Unggulan Tahfidz Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa. Kharisma: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.59373/kharisma.v1i1.2

Shobirin, M. (2018). Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an dalam Penanaman Karakter Islami. Quality, 6(1), 16. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5966

Siregar, D. ’Aeyn abe. (2022). Ex Post Facto Dari Implementasi Program Tahfiz Al-Qur'an Dengan Metode Talaqqi Dan Musyafahah Melalui Target Harian Di SMP IT Ad Durrah. Tinta, 4(2), 39–51.

Sugiyono. (2016). Penerbit Pustaka Ramadhan, Bandung. Analisis Data Kualitatif, 180. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf

Suriansyah, M. A. (2021). Implementasi Metode Talaqqi dan Musyafahah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SD Swasta Salsa. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(2), 216–231. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i2.27

Sutriani, E., & Octaviani, R. (2019). Keabsahan data. INA-Rxiv, 1–22.

Wahyuni, S., Monia, F. A., & Ilasmi, E. (2022). Problematika Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kabupaten Pasaman. Indonesian Research Journal On Education, 3(1), 851–855. https://doi.org/10.31004/irje.v3i1.373

Yusof, N. H. bin, Razali, M. A. bin M., Omar, N. binti, Abdelgelil, M. F. M., & Hamzah, M. S. bin. (2018). Concept and Execution of Talaqqi and Musyafahah Method in Learning Al-Quran. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(11), 559–565. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i11/4930

Downloads

Published

2023-12-18

How to Cite

Arya Firmansyah, & Mavianti. (2023). Problematika Pelaksanaan Tahfidz Al-Qur’an dengan Metode Musyafahah di SMP IT AD DURRAH. Journal of Education Research, 4(4), 2243–2252. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.607

Issue

Section

Articles

Citation Check