Pembelajaran Berbasis Proyek Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Mata Kuliah Komputer Teknologi Informasi

Authors

  • Bintang Lony Vera Victory Sihombing PSDKU UNIVERSITAS PATTIMURA DI KABUPATEN KEPULAUAN ARU, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.606

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar, Mata Kuliah Komputer Teknologi Informasi

Abstract

Keterampilan dasar komputer mahasiswa di daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar masih sangat rendah. Tujuan penelitian adalah untuk menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Pembelajaran Berbasis Proyek adalah model pembelajaran yang mampu mengkonstruksi pengetahuan melalui pembuatan produk. Aktivitas pembelajaran menjadi lebih bermakna karena adanya pengalaman menghasilkan produk. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pokok bahasan pada siklus pertama adalah Google Form dan pokok bahasan pada siklus kedua adalah Kuis Interaktif Quizizz. Hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Berbasis Proyek dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Komputer Teknologi Informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinugraha, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(1), 1–9. https://doi.org/10.30998/sap.v3i1.2728

Ain, S. Q., Putra, E. D., & Mulyani, E. A. (2021). Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Dalam Perancangan Media Belajar Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10, 43–50. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP

Al Rasyid, I. A., Aziz, A., Purwantono, P., & Indrawan, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa KelasXI pada Mata Pelajaran Teknik Frais di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(4), 154–158. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i4.155

Apriany, W. A., Winarni, E. W., & Muktadir, A. M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 88–97. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i1.12308

Azmi, N., Arianto, F., & Maureen, I. Y. (2022). Efektivitas Project Based Learning Terhadap Digital Literacy Skill Mahasiswa Pascasarjana Teknologi Pendidikan Pada Mata Kuliah Analisis Jurnal Ilmiah Di Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 1523–1528. https://doi.org/10.58258/jime.v8i2.3247

Batunan, A., Riano Kaparang, D., & Mewengkang, A. (2021). EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Volume 1 Nomor 5, Oktober 2021. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(19), 528–541. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/2922

Dewi, P. S. (2021). E-Learning: PjBL Pada Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum dan Silabus. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 02. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/572

Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081

Made, A. M., Ambiyar, A., Riyanda, A. R., Sagala, M. K., & Adi, N. H. (2022). Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Mesin. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5162–5169. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3128

Martina Lona, J. (2019). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 4(2), 90–95. https://doi.org/10.17977/um022v4i22019p090

Muda, D. F. I., Rompas, P. T. D., & Batmetan, J. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(4), 544–554. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5814

Nirmayani, L. H., & Dewi, N. P. C. P. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Sesuai Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 378. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.39891

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN METODE EDUTAINMENT PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357

Sari, L. I., Satrijono, H., & Sihono. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VA SDN Ajung 03. Jurnal Edukasi UNEJ, 1, 11–14. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/3404

Suseno, R., Indriyani, I., Afdal, M., & Nizori, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keaktifan dan Kemampuan Mahasiswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 9(1), 90–98. https://doi.org/10.17977/um031v9i12022p090

Wagiran, Astuti, D., & Sulistyaningrum, S. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kompetensi Menyusun Teks Cerita Prosedur Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi

Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), 247–254. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.257

Yudha, C. B. (2019). Penerapan Project Based Learning dalam Mata Kuliah Penelitian Tindakan Kelas. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(1), 30. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i1.32084

Yusika, I., & Turdjai, T. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 17–25. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18365

Downloads

Published

2023-12-18

How to Cite

Sihombing, B. L. V. V. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Mata Kuliah Komputer Teknologi Informasi. Journal of Education Research, 4(4), 2236–2242. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.606

Issue

Section

Articles

Citation Check