Pembelajaran Berbasis Proyek Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Mata Kuliah Komputer Teknologi Informasi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.606Keywords:
Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar, Mata Kuliah Komputer Teknologi InformasiAbstract
Keterampilan dasar komputer mahasiswa di daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar masih sangat rendah. Tujuan penelitian adalah untuk menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Pembelajaran Berbasis Proyek adalah model pembelajaran yang mampu mengkonstruksi pengetahuan melalui pembuatan produk. Aktivitas pembelajaran menjadi lebih bermakna karena adanya pengalaman menghasilkan produk. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pokok bahasan pada siklus pertama adalah Google Form dan pokok bahasan pada siklus kedua adalah Kuis Interaktif Quizizz. Hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Berbasis Proyek dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Komputer Teknologi Informasi.
Downloads
References
Adinugraha, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(1), 1–9. https://doi.org/10.30998/sap.v3i1.2728
Ain, S. Q., Putra, E. D., & Mulyani, E. A. (2021). Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Dalam Perancangan Media Belajar Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10, 43–50. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP
Al Rasyid, I. A., Aziz, A., Purwantono, P., & Indrawan, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa KelasXI pada Mata Pelajaran Teknik Frais di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(4), 154–158. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i4.155
Apriany, W. A., Winarni, E. W., & Muktadir, A. M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 88–97. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i1.12308
Azmi, N., Arianto, F., & Maureen, I. Y. (2022). Efektivitas Project Based Learning Terhadap Digital Literacy Skill Mahasiswa Pascasarjana Teknologi Pendidikan Pada Mata Kuliah Analisis Jurnal Ilmiah Di Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 1523–1528. https://doi.org/10.58258/jime.v8i2.3247
Batunan, A., Riano Kaparang, D., & Mewengkang, A. (2021). EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Volume 1 Nomor 5, Oktober 2021. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(19), 528–541. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/2922
Dewi, P. S. (2021). E-Learning: PjBL Pada Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum dan Silabus. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 02. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/572
Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081
Made, A. M., Ambiyar, A., Riyanda, A. R., Sagala, M. K., & Adi, N. H. (2022). Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Mesin. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5162–5169. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3128
Martina Lona, J. (2019). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 4(2), 90–95. https://doi.org/10.17977/um022v4i22019p090
Muda, D. F. I., Rompas, P. T. D., & Batmetan, J. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(4), 544–554. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5814
Nirmayani, L. H., & Dewi, N. P. C. P. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Sesuai Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 378. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.39891
Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN METODE EDUTAINMENT PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357
Sari, L. I., Satrijono, H., & Sihono. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VA SDN Ajung 03. Jurnal Edukasi UNEJ, 1, 11–14. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/3404
Suseno, R., Indriyani, I., Afdal, M., & Nizori, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keaktifan dan Kemampuan Mahasiswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 9(1), 90–98. https://doi.org/10.17977/um031v9i12022p090
Wagiran, Astuti, D., & Sulistyaningrum, S. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kompetensi Menyusun Teks Cerita Prosedur Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi
Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), 247–254. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.257
Yudha, C. B. (2019). Penerapan Project Based Learning dalam Mata Kuliah Penelitian Tindakan Kelas. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(1), 30. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i1.32084
Yusika, I., & Turdjai, T. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 17–25. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18365
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Bintang Lony Vera Victory Sihombing

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).