Pendampingan Penyusunan Dokumen Rencana Pembelajaran Berdiferensiasi dan Asesmen dalam KOSP Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar di Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur

Authors

  • Rita Sulastini Program Doktoral Ilmu Pendidikan, Uninus, Indonesia, Indonesia
  • Riska Irnawati Program Doktoral Ilmu Pendidikan, Uninus, Indonesia, Indonesia
  • Tita Agustini Program Doktoral Ilmu Pendidikan, Uninus, Indonesia, Indonesia
  • Sylviana Stefanie Program Doktoral Ilmu Pendidikan, Uninus, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.604

Keywords:

KOSP, Diferensiasi, Kepala Sekolah

Abstract

Sekolah merupakan wadah berlangsungnya proses pembentukan karakter bagi peserta didik serta peningkatkan kompetensi secara kognitif, afektif dan psikomotor. Seluruh muatan ini harus dapat dituangkan kedalam kurikulum pembelajaran. Namun fakta dilapangan menunjukkan bahwa, kurikulum disekolah kerap masih belum diimplementasikan secara tepat sesuai fakta dan kemampuan sekolah. Oleh karena itu sangat dibutuhkan manajemen kurikulum bersifat praktis dalam bentuk KOSP atau Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Kajian penelitian difokuskan pada kinerja Kepala Sekolah pada jenjang pendidikan dasar yang masih terkendala dalam merencanakan dan menyusun dokumen KSOP. Oleh karena itu dibutuhkan program pendampingan dalam bentuk pelatihan. Lokus penelitian dilakukan pada beberapa sekolah dasar negeri yang merupakan bagian Gugus Sindang jaya di Kampung Pasir nangka RT kosong satu RW kosong empat Desa Sindang jaya, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun tujuan pendampingan ini adalah meningkatkan pemahaman kepala sekolah tentang KOSP dan meningkatkan kompetensi dan ketrampilan kepala sekolah dalam menyusun dan mendampingi guru dalam implementasi KOSP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianti, Yekti & Nur amalia. Kurikulum Merdeka. Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di SD. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Volume 6, Number 3, Tahun 2022, pp. 399-407 P-ISSN: 1979-7109 E-ISSN: 2615-4498.

Arifin, Zainal. 2018. Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Teori Dan Praktik. Yogyakarta: UIN Pres

Kemdikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 141.

Kemdikbud. (2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan ; Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, hal.72.

Kemdikbud. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen di Satuan Pendidikan ; Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, hal.72.

Khotimah, Khusnul. dkk. (2022). Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 6 No. 3 DOI 10.31004/basicedu.v6i3.2940

Sasmita, Eli & Darmansyah. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 4 Nomor 6 Tahun 2022E-ISSN: 2685-936XdanP-ISSN: 2685-9351 Universitas Pahlawan TuankuTambusai.

Sikumban, Efridawati & Putra Mahendra Gunawan Nasution. Kepemimpinan kepala sekolah dalam menerapkan Konsep Dasar Merdeka Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 5 Nomor 1 Februari 2023 Halaman 96 – 104.

Downloads

Published

2023-12-18

How to Cite

Sulastini, R., Irnawati, R., Agustini, T., & Stefanie, S. (2023). Pendampingan Penyusunan Dokumen Rencana Pembelajaran Berdiferensiasi dan Asesmen dalam KOSP Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar di Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur. Journal of Education Research, 4(4), 2228–2235. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.604

Issue

Section

Articles

Citation Check