Pendampingan Penyusunan Dokumen Rencana Pembelajaran Berdiferensiasi dan Asesmen dalam KOSP Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar di Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.604Keywords:
KOSP, Diferensiasi, Kepala SekolahAbstract
Sekolah merupakan wadah berlangsungnya proses pembentukan karakter bagi peserta didik serta peningkatkan kompetensi secara kognitif, afektif dan psikomotor. Seluruh muatan ini harus dapat dituangkan kedalam kurikulum pembelajaran. Namun fakta dilapangan menunjukkan bahwa, kurikulum disekolah kerap masih belum diimplementasikan secara tepat sesuai fakta dan kemampuan sekolah. Oleh karena itu sangat dibutuhkan manajemen kurikulum bersifat praktis dalam bentuk KOSP atau Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Kajian penelitian difokuskan pada kinerja Kepala Sekolah pada jenjang pendidikan dasar yang masih terkendala dalam merencanakan dan menyusun dokumen KSOP. Oleh karena itu dibutuhkan program pendampingan dalam bentuk pelatihan. Lokus penelitian dilakukan pada beberapa sekolah dasar negeri yang merupakan bagian Gugus Sindang jaya di Kampung Pasir nangka RT kosong satu RW kosong empat Desa Sindang jaya, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun tujuan pendampingan ini adalah meningkatkan pemahaman kepala sekolah tentang KOSP dan meningkatkan kompetensi dan ketrampilan kepala sekolah dalam menyusun dan mendampingi guru dalam implementasi KOSP.
Downloads
References
Ardianti, Yekti & Nur amalia. Kurikulum Merdeka. Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di SD. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Volume 6, Number 3, Tahun 2022, pp. 399-407 P-ISSN: 1979-7109 E-ISSN: 2615-4498.
Arifin, Zainal. 2018. Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Teori Dan Praktik. Yogyakarta: UIN Pres
Kemdikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 141.
Kemdikbud. (2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan ; Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, hal.72.
Kemdikbud. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen di Satuan Pendidikan ; Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, hal.72.
Khotimah, Khusnul. dkk. (2022). Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 6 No. 3 DOI 10.31004/basicedu.v6i3.2940
Sasmita, Eli & Darmansyah. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 4 Nomor 6 Tahun 2022E-ISSN: 2685-936XdanP-ISSN: 2685-9351 Universitas Pahlawan TuankuTambusai.
Sikumban, Efridawati & Putra Mahendra Gunawan Nasution. Kepemimpinan kepala sekolah dalam menerapkan Konsep Dasar Merdeka Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 5 Nomor 1 Februari 2023 Halaman 96 – 104.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Rita Sulastini, Riska Irnawati, Tita Agustini, Sylviana Stefanie

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).