Kemampuan Menulis Puisi Telelet Guru Kelas V Sekolah Dasar Se Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal Melalui Workshop
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.603Keywords:
Puisi Telelet, WorkshopAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan workshop menulis puisi telelet bagi guru kelas V sekolah dasar se-Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal; Untuk mengetahui kemampuan narasumber dalam menyampaikan materi workshop menulis puisi guru kelas V sekolah dasar se-Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal, dan untuk mengetahui kemampuan menulis puisi telelet guru kelas V sekolah dasar se-Kecamatan Lebaksiu setelah mengikuti workshop. Penelitian ini dilakukan secara deskriftif kuantiatif, yaitu peneliti yang dilakukan denan tujuan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Kemampuan guru-guru sekolah dasar di KWK Dikbud Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal dalam menulis puisi Telelet melalui kegiatan workshop secara menyeluruh didapatkan data nilai peserta yakni sebesar lima ratus enam puluh. Terkait pemerolehan nilai rata-rata setiap aspek penilaian yaitu: bait memperoleh kategori sangat baik, baris memperoleh kategori sangat baik, rima memperoleh kategori baik, tema memperoleh kategori baik dan diksi memperoleh kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini semua guru kelas V peserta workhsop sudah dapat menulis puisi Telelet dengan baik.
Downloads
References
Aftarudin., 2015. Teknik menulis Puisi “Panduan menulis Puisi untuk Siswa, Mahasiswa, Guru dan Dosen”. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Baradja. 2015. Menulis yang Efektif. Jakarta:
Depdikbud. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Irman, Mokhamad, dkk. 2008. Bahasa Indonesia I: Untuk SMK/MAK Semua Program Keahlian Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Depertemen Pendidikan Nasional.
Juanda. 2014. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga
Kamisa. 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya : Kartika.
Komaedi. 2017. Menulis Kreatif; Kiat Cepat Menulis Puisi dan Cerpen. Yogyakarta: Nadi Pustaka.
Muslih, 2014. Panduan Lengkap Menjadi Penulis Handal. Yogyakarta: Araska.
Nurgianto. 2015. Apresiasi Puisi. Jakarta: PT Garamedia Pustaka Utama
Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Penelitian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2014. Pengkajian Puisi. Yogyakarta:Gadjah Mada University Press.
Roekhan. 2014. Kesusastraan Sekolah. Jakarta: Gramedia.
Rohati. 2011. e-jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/author/rohati. (Di akses tanggal 12 Januari 2016).
Romivera. 2013. Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Seto. 2016. Aku Bisa Menulis. Yogyakarta: Sabda
Situmorang, 2018. Pengantar Apresiasi Puisi. Bandung : Angkasa. Aminuddin.
Sudjiman. 2015. Mengasah Keterampilan Menulis Ilmiah di Perguruan Tinggi. Yogyakarta:Gadjah Mada University Press
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantatif, kualitatif dan RND. Bandung: Alfabeta.
Susanto, 2022. Sekitar Masalah Sastra Beberapa Prinsip dan Pengembangan. Malang : Yayasan Asih Asah Asuh.
Tarigan, H. G. 2015. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Tarigan, H.G. 2015. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa Tinggi. Jakarta: Graha Ilmu.
Usman. 2013. Apresiasi Puisi-puisi Sastra Inggris. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Waluyo, Herman. 2015. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta : Gramedia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Tri Mulatsih, Maufur Maufur, Tri Mulyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).