Kemampuan Menulis Puisi Telelet Guru Kelas V Sekolah Dasar Se Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal Melalui Workshop

Authors

  • Tri Mulatsih Program Studi Magister Pedagogi, Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Maufur Maufur Program Studi Magister Pedagogi, Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Tri Mulyono Program Studi Magister Pedagogi, Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.603

Keywords:

Puisi Telelet, Workshop

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan workshop menulis puisi telelet bagi guru kelas V sekolah dasar se-Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal; Untuk mengetahui kemampuan narasumber dalam menyampaikan materi workshop menulis puisi guru kelas V sekolah dasar se-Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal, dan untuk mengetahui kemampuan menulis puisi telelet guru kelas V sekolah dasar se-Kecamatan Lebaksiu setelah mengikuti workshop. Penelitian ini dilakukan secara deskriftif kuantiatif, yaitu peneliti yang dilakukan denan tujuan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan.  Kemampuan guru-guru sekolah dasar di KWK Dikbud Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal dalam menulis puisi Telelet melalui kegiatan workshop secara menyeluruh didapatkan data nilai  peserta yakni sebesar lima ratus enam puluh. Terkait pemerolehan nilai rata-rata setiap aspek penilaian yaitu: bait memperoleh kategori sangat baik, baris memperoleh kategori sangat baik, rima memperoleh kategori baik, tema memperoleh kategori baik dan diksi memperoleh kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini semua guru kelas V peserta workhsop sudah dapat menulis puisi Telelet dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aftarudin., 2015. Teknik menulis Puisi “Panduan menulis Puisi untuk Siswa, Mahasiswa, Guru dan Dosen”. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Baradja. 2015. Menulis yang Efektif. Jakarta:

Depdikbud. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Irman, Mokhamad, dkk. 2008. Bahasa Indonesia I: Untuk SMK/MAK Semua Program Keahlian Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Depertemen Pendidikan Nasional.

Juanda. 2014. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Kamisa. 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya : Kartika.

Komaedi. 2017. Menulis Kreatif; Kiat Cepat Menulis Puisi dan Cerpen. Yogyakarta: Nadi Pustaka.

Muslih, 2014. Panduan Lengkap Menjadi Penulis Handal. Yogyakarta: Araska.

Nurgianto. 2015. Apresiasi Puisi. Jakarta: PT Garamedia Pustaka Utama

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Penelitian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2014. Pengkajian Puisi. Yogyakarta:Gadjah Mada University Press.

Roekhan. 2014. Kesusastraan Sekolah. Jakarta: Gramedia.

Rohati. 2011. e-jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/author/rohati. (Di akses tanggal 12 Januari 2016).

Romivera. 2013. Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Seto. 2016. Aku Bisa Menulis. Yogyakarta: Sabda

Situmorang, 2018. Pengantar Apresiasi Puisi. Bandung : Angkasa. Aminuddin.

Sudjiman. 2015. Mengasah Keterampilan Menulis Ilmiah di Perguruan Tinggi. Yogyakarta:Gadjah Mada University Press

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantatif, kualitatif dan RND. Bandung: Alfabeta.

Susanto, 2022. Sekitar Masalah Sastra Beberapa Prinsip dan Pengembangan. Malang : Yayasan Asih Asah Asuh.

Tarigan, H. G. 2015. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Tarigan, H.G. 2015. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa Tinggi. Jakarta: Graha Ilmu.

Usman. 2013. Apresiasi Puisi-puisi Sastra Inggris. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Waluyo, Herman. 2015. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta : Gramedia

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

Mulatsih, T., Maufur, M., & Mulyono, T. (2023). Kemampuan Menulis Puisi Telelet Guru Kelas V Sekolah Dasar Se Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal Melalui Workshop. Journal of Education Research, 4(4), 1893–1901. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.603

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>