Pengembangan Media Pembelajaran SAR (Simulasi Augmented Reality) untuk Meningkatkan Kecakapan Riset Mahasiswa Berkebutuhan Khusus
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.602Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapapan riset mahasiswa melalui media SAR. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi yaitu: tahap analisis kebutuhan dan perencanaan. Pada tahap analisis kebutuhan dan perencanaan meliputi: analisis kesulitan belajar mahasiswa, analisis kebutuhan penggunaan media pembelajaran. Kedua, tahap pengembangan media pembelajaran meliputi: lokakarya, pengembangan media awal, penyusunan instrumen penilaian, validasi ahli, analisis dan revisi, uji coba terbatas, analisis dan revisi, uji coba lebih luas, analisis dan revisi. Ketiga, tahap akhir desiminasi meliputi: uji coba produk, analisis dan revisi. Hasil menunjukkan bahwa media pembelajaran SAR dapat memberikan sebuah solusi dalam meningkatkan kecakapan mahasiswa dalam penelitian lapangan baik bidang bahasa, sastra, maupun pembelajaran. Media pembelajaran SAR memliki beberap fitur di dalamnya yaitu bahan penelitian, alur penelitian, dan evaluasi. Media pembelajaran ini berimplikasi terhadap kemampuan riset mahasiswa pada mata kuliah seminar proposal khusunya dalam meyusun proposal penelitian dan presentasi seminar proposal.
Downloads
References
Achmad, A., Zainuddin, Z., & Husain, M. F. (2020). Augmented reality 3D untuk pengenalan organ tubuh manusia. ILKOM Jurnal Ilmiah, 12(3), 233–240. doi: https://doi.org/10.33096/ilkom.v12i3.680.233-240.
Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science Integration, 2(2), 191-202.
Asrorul, M. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jember: Pustaka Abadi.
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Borg, R.W & Gall, M.D. (2007). Educational Researchand Introduction The Eight Edition: Pearson Education, Inc.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Gowasa, S., Harahap, F., & Suyanti, R. D. (2019). Perbedaan penggunaan media powerpoint dan video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan retensi memori siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD. Jurnal Tematik, 9(1), 19–27. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tematik/article/view/12859.
Herdian, C. A. (2020). Augmented reality sebagai Metafora Baru dalam Teknologi Interaksi Manusia dan Komputer. Osfpreprints, 1(2), 60–64.
Karuni, D. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented reality pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Mei Mulyani, Y dan Caryoto. (2013). Media Pembelajaran Adaptif Bagi anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Laxima Metro Media.
Mustaqim, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1). doi: https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13267.
Nurnaena, S., Gumiandari, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah MAN 1 Cirebon. Jurnal Edukasi Non Formal, Vol 3 (2), 189-196.
Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Satrianawati. (2018). Media dan sumber belajar. Sleman: Deepublish.
Wardani, S. (2015). Pemanfaatan teknologi augmented reality (AR) untuk pengenalan aksara jawa pada anak. Jurnal Teknologi, 8(2), 104–111. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1119.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Wawan Hermawan, Taswirul Afkar, Asih Andriyati Mardliyah, Rani Jayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).