Pengaruh Komunikasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru MAN 3 Jombang
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.598Abstract
Penelitian ini pertujuan untuk menjelaskan pengaruh komunikasi terhadap kinerja guru, lingkungan kerja terhadap kinerja guru, dan komunikasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri tiga Jombang. Metode dekriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Populasi adalah guru MAN tiga Jombang dengan sampel berjumlah seratus guru yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Instrument penelitian menggunakan angket. Analisis data menggunakan uji regresi linear berganda dengan melakukan uji t, uji F, dan analisis koefisien determinasi R Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi mempunyai pengaruh terhadap kinerja guru, lingkungan kerja mempunyai pengaruh terhadap kinerja guru, serta komunikasi dan lingkungan kerja mempunyai pengaruh terhadap kinerja guru di MAN tiga Jombang.
Downloads
References
Amin, M. A. S. (2022). Perilaku Komunikasi dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 511–519. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2256
Anwar, C. R. (2020). Komunikasi Pendidikan Dosen dan Budaya Kampus. Penerbit Lakeisha.
Arianto, D. A. N. (2013). Pengaruh Kedisiplinan, Lingkungan Kerja dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Pengajar. Jurnal Economia, 9(2), 191–200.
Asiyah, S. (2018). Implementasi Komunikasi Verbal dan Non Verbal Dalam Kegiatan Public Speaking Santri Di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati Putri Bangsri Jepara. Jurnal An-Nida, 10(2), 154–165.
Brahmana, D. A. B., & Sitepu, E. (2020). Pola Komunikasi Organisasi Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai Di Kantor Lurah Gung Leto Kecamatan Kabanjahe. Social Opinion: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 5(2), 96–104. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/view/771/678
Caksana, N. P. E. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening pada SMAN 1 Tulungagung. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (Penataran), 4(2), 82–92.
Candana, D. M., Putra, R. B., & Wijaya, R. A. (2020). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening pada PT Batang Hari Barisan. Jemsi: Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(2). https://doi.org/10.31933/JEMSI
Darmawan, D. (2015). Peranan Motivasi Kerja, Kedisiplinan, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(3), 113–122.
Dewi, S. K., & Frianto, A. (2013). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi. Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(4), 1055–1065.
Djazilan, M. S., & Darmawan, D. (2022). Komunikasi Kerja dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah untuk Mengembangkan Motivasi dan Kinerja Guru. Journal On Teacher Education, 4(2), 1065–1077.
Efriyanti, R., Arafat, Y., & Wahidy, A. (2019). Pengaruh Komunikasi Kepala Sekolah dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1317–1328.
Elly, Y., & Soraya, J. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 14(2), 55–61. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.32814
Eriyanti, E., Arafat, Y., & Eddy, S. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Manajemen Konflik Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2998–3004.
Farikhah, S. (2015). Manajemen Lembaga Pendidikan. Aswaja Pressindo.
Fatmawati, Z., Bafadal, I., & Sobri, A. Y. (2018). Komunikasi Kepala Sekolah Dengan Warga Sekolah Untuk Mewujudkan Visi Dan Misi Sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 198–205. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p198
Handayani, D. (2019). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan, Motivasi, Serta Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Banyuasin. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(2), 140–150. https://doi.org/10.32502/jimn.v6i2.1583
Handayani, S. (2015). Peningkatan Profesional Guru Melalui Komnikasi Informal. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 24(1), 91–97.
Hartawati, S. I., & Sahur, M. A. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Majene. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 121–127. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.385
Hasibuan, M. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara.
Ishaq, A., & Tanjung, H. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Universitas Trisakti.
Kartini, Ahmad, S., & Syaiful Eddy. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 290–294. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/34
Kurniawan, B. (2017). Kepuasan Kerja Memoderasi Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 1 Pati. Seminar Nasional Dan Call for Paper Pascasarjana STIE Dharmaputra Semarang.
Kusumastuti, I., Kurniawati, N., Satria, D. L., & Wicaksono, D. (2019). Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja Karyawan Pada Sp Alumunium Di Yogyakarta. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN), 3(1), 43–53. https://doi.org/10.31002/rn.v3i1.1540
Lestiawati, N. (2019). Pengaruh Komunikasi Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 2 Kota Singkawang. EJVE (Equator Journal of Management and Entrepreneurship), 7(2).
Manullang, N. T. (2016). Pengaruh Kinerja Guru dan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDK Penabur Bandarlampung Bandarlampung. Jurnal Manajemen Magister, 2(2), 159–172.
Maryamah, E. (2017). Pengembangan Budaya Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 2(2), 86–96.
Mukhlasin, A. (2017). Pola Komunikasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Di SD Islam An-Nizam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 54–64.
Murniasih, Y., Djuniadi, & Rahardjo, T. J. (2016). Pengaruh Supervisi Akademik, Komunikasi Interpersonal Dan Motivasi Belajar Terhadap Kinerja Guru Di Jepara. Educational Management, 5(2), 148–155.
Mustawan, M. D. (2019). Pengaruh Keterampilan Komunikasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri Lisanpuro 2 Kota Malang. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 24(1), 1–6. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v24i1.43
Nilasari, S., Fitria, H., & Rohana. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Attractive : Innovative Education Journal, 2(3), 15–20. https://doi.org/10.51278/aj.v2i3.72
Ningsih, P. (2016). Pengaruh Komitmen, Kompetensi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara (Study Kasus pada SMA Negeri 1 Pasangkayu dan MA DDI Pasangkayu). E-Jurnal Katalogis, 4(11), 127–137.
Nitisemito, A. S. (2006). Manajemen Personalia Edisi Kedua. Ghalia.
Nofrion. (2016). Komunikasi Pendidikan: Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi Dalam Pembelajaran. Kencana.
Norianggono, Y. C. P., Hamid, D., & Ruhana, I. (2014). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Non Fisik Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. Telkomsel Area III Jawa-Bali Nusra di Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(2), 1–10. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i1.3362
Nugroho, S. (2019). Kontribusi Komunikasi dan Keterampilan Manajemen Konflik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 7(1), 17–25. https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.24774
Nuryasin, I., Al Musadieq, M., & Ruhana, I. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 41(1), 16–24.
Oktarina, E., Makhdalena, & Caska. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Se Kota Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 8(1), 84–94. https://doi.org/10.31258/jmp.8.1.p.84-94
Pakpahan, G. E., Nababan, S., Simanjuntak, J., & Sudirman, A. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi, Komunikasi dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru SMA Swasta Sultan Agung Pematangsiantar. Jurnal Kinerja, 16(2), 131–138. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA
Prihantoro, A. (2015). Peningkatan Kinerja Sumber Daya Manusia Melalui Motivasi, Disiplin, Lingkungan Kerja dan Komitmen. Deepublish.
Prijosaksono, A., & Mardianto, M. (2005). Prijosaksono. PT Elex Media Komputindo.
Pujianto, P., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8
Rahawarin, C., & Arikunto, S. (2015). Pengaruh Komunikasi, Iklim Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMA. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 173–188. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6334
Sari, R. W. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Komunikasi Terhadap Kinerja Di BUMN PT. Inhutani IV Kab. Pasaman. Jurnal Menara Ekonomi, 5(3), 91–99. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaraekonomi/article/view/1665
Sedarmayanti. (2010). Pengembangan Kepribadian Pegawai. Mandar Maju.
Sedarmayanti, & Rahadian, N. (2018). Hubungan Budaya Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Lembaga Pendidikan Tinggi. Jurnal Ilmu Administrasi (JIA): Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 15(1), 63–77. https://doi.org/10.31113/jia.v15i1.133
Sumali, A., & Pratama, A. (2019). Pengaruh Komunikasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SDN Parakan-Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah, Manajemen Sumber Daya Manusia (Jenius), 2(3), 436–446.
Suwondo, D. I., & Sutanto, E. M. (2015). Hubungan Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Dan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17(2), 135–144. https://doi.org/10.9744/jmk.17.2.135
Ulfa, A., Fitria, H., & Nurkhalis. (2021). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1223–1230. https://doi.org/10.22373/jm.v11i4.5403
Weol, D. H. (2015). Pengaruh Lingkungan Kerja, Pelatihan dan Penempatan terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiens, 15(05), 598–609.
Wicaksana, R. H., Suddin, A., & Rahadhini, M. D. (2017). Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja dan Kompensasi terhadap Kinerja. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 17(3), 399– 406.
Yasa, I. P. S., & Utama, I. W. M. (2014). Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan pada Karma Jimbaran. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(3), 609–623.
Yuneti, A., Hamdan, & Prananosa, A. G. (2019). Kepemimpinan Partisipatif dan Komunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 113–125. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.1011
Yusuf, N. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Tanggung Jawab, Kedisiplinan Dan Kerjasama Terhadap Kinerja Pegawai di Universitas Gorontalo. Gorontalo Development Review, 1(1), 15–28. https://doi.org/10.32662/golder.v1i1.111
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sutrisno Sutrisno, Agus Prianto, Roy Wahyuningsih, Fahimul Amri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).