Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Blog Guru dengan Penerapan Model Two Stay Two Stray (TSTS) pada Materi Transformasi Geometri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Diponegoro Lebaksiu
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.578Keywords:
Modul Pembelajaran, Model Two Stay Two Stray (TSTS), Blog GuruAbstract
Dalam proses pembelajaran yang efektif dan menarik, tentu guru harus dapat memberikan pelayanan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan atau Research and Develompment. Penelitian dan pengembangan ini didesain dengan menggunakan model ADDIE. Adapun tahap-tahap yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu: Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. ADDIE merupakan model yang tepat digunakan untuk pengembangan modul pembelajaran berbasis blog guru dengan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Hasil penelitian diperoleh bahwa : hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis blog guru dengan penerapan model TSTS sangat praktis untuk digunakan. Sementara hasil analisis validasi model dan media a dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis blog guru dengan penerapan model TSTS sangat layak untuk digunakan.
Downloads
References
Aris, Shoimin. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : AR-RUZ Media.
Berdiati, Ika, dan Asis Saefuddin. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fahyuni, N. dan Eni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo : Nizamia Learning Center
Hendriana, Heris dan Utari Soemarmo. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Huda, Miftahul. 2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Belajar,hal.197-199
Huwana, Erna. 2020. Pengembangan E-Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Salatiga, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. IAIN Salatiga.
Idrus, Rahmawati. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Murid Kelas V di SDN 17 Langnga-Langnga Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangep. Skripsi. Universinas Negeri Makasar
Nasrullah, Rully. 2016. Media Sosial, Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Jakarta : Simbiosa Rekatama Medika.
Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Rajawali Pers.
Samidi dan Istarani 2016. Kompetensi dan Profesionalisme Guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika. Bandar Selamat Medan.
Septiana. 2021. Pengembangan E’Modul Berbasis FlipBook Maker untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa dalam Belajar di SD/MI. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.
Slavin Robert E. 2015. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Suastika, I Ketut & Rahmawati, Amaylya. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual.” (September 2023): 58–61.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suharsini, Arikunto. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Susongko, Purwo. 2020. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal.
Suraji dan Arnida Sari. 2017. Penerapan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Matematika UIN SUSKA RIAU Volume 3 Nomor 2.
Sutikno, Sobry. 2014. Metode & Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Dedy Iswanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).