Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Blog Guru dengan Penerapan Model Two Stay Two Stray (TSTS) pada Materi Transformasi Geometri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Diponegoro Lebaksiu

Authors

  • Dedy Iswanto Magister Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.578

Keywords:

Modul Pembelajaran, Model Two Stay Two Stray (TSTS), Blog Guru

Abstract

Dalam proses pembelajaran yang efektif dan menarik, tentu guru harus dapat memberikan pelayanan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.  Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan atau Research and Develompment. Penelitian dan pengembangan ini didesain dengan menggunakan model ADDIE. Adapun tahap-tahap yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu:  Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. ADDIE merupakan model yang tepat digunakan untuk pengembangan modul pembelajaran berbasis blog guru dengan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Hasil penelitian diperoleh bahwa : hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis blog guru dengan penerapan model TSTS sangat praktis untuk digunakan. Sementara hasil analisis validasi model dan media a dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis blog guru dengan penerapan model TSTS sangat layak untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aris, Shoimin. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : AR-RUZ Media.

Berdiati, Ika, dan Asis Saefuddin. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fahyuni, N. dan Eni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo : Nizamia Learning Center

Hendriana, Heris dan Utari Soemarmo. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Huda, Miftahul. 2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Belajar,hal.197-199

Huwana, Erna. 2020. Pengembangan E-Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Salatiga, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. IAIN Salatiga.

Idrus, Rahmawati. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Murid Kelas V di SDN 17 Langnga-Langnga Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangep. Skripsi. Universinas Negeri Makasar

Nasrullah, Rully. 2016. Media Sosial, Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Jakarta : Simbiosa Rekatama Medika.

Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Rajawali Pers.

Samidi dan Istarani 2016. Kompetensi dan Profesionalisme Guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika. Bandar Selamat Medan.

Septiana. 2021. Pengembangan E’Modul Berbasis FlipBook Maker untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa dalam Belajar di SD/MI. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.

Slavin Robert E. 2015. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suastika, I Ketut & Rahmawati, Amaylya. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual.” (September 2023): 58–61.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suharsini, Arikunto. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Susongko, Purwo. 2020. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal.

Suraji dan Arnida Sari. 2017. Penerapan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Matematika UIN SUSKA RIAU Volume 3 Nomor 2.

Sutikno, Sobry. 2014. Metode & Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Downloads

Published

2023-11-19

How to Cite

Iswanto, D. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Blog Guru dengan Penerapan Model Two Stay Two Stray (TSTS) pada Materi Transformasi Geometri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Diponegoro Lebaksiu. Journal of Education Research, 4(4), 1833–1838. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.578

Issue

Section

Articles

Citation Check