Pengembangan Media Digital Storytelling berbasis Multimodal untuk Membangun Kepercayaan Diri Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.574Keywords:
Media, Digital Storytelling, Multimodal, Kepercayaan Diri, Anak Usia DiniAbstract
Anak usia dini sering kali tidak percaya diri dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media digital storytelling berbasis multimodal sebagai alat Pendidikan yang efektif untuk menumbuhkan kepercayaan diri anak usia dini. Digital storytelling merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk membangun rasa percaya diri anak usia dini. Guru atau Pendidik menggunakan digital storytelling sebagai alat motivasi untuk menarik perhatian siswa dan meningkatkan minat anak usia dini dalam mencari ide-ide baru. Penelitian ini mengunakan Research and Development dengan model pengembangan empat D. Tahap ujicoba melibatkan 10 anak usia dini yang ingin mengetahui seberapa efektif media digital storytelling. Hasil penelitian pengembangan mencakup validasi ahli media, ahli materi, dan respons anak usia dini. Validasi ahli media masing-masing memenuhi kriteria tinggi. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa media digital storytelling berbasis multimodal sangat bermanfaat dan dapat menumbuhkan kepercayaan diri anak usia dini. Oleh karena itu, dapat digunakan sebagai inovasi pembelajaran baru di masa mendatang
Downloads
References
Alonso, Isabel., Silvia Molina & Maria Dolores Porto. (2013). Multimodal Digital Storytelling. USA: John Benjamins Publising Company
Fadillah, Ika Nur., Khurotu Dini. (2021). Digital Storytelling sebagai Strategi Baru Meningkatkan Minat Literasi Generasi Muda. JES: Jurnal of Education Science Vol. 7 No. 2
Gede, P. (2017). Media Dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama
Gregogi-Signes, C. (2014). Digital Storytelling and Multimodal Literacy in Education. Porta Lingarum, 22, 237-250 DOI: https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30827/Digibug.53745
Hadi Nurul, Syadeli Hanafi, & Suherman. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Mading Digital Padlet untuk Meningkatkan Motivasi dan Budaya Literasi Siswa di sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8614-8625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3839
Hardianti, D. (2019). Analisis Butir Soal Tes Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Segiempat. 1, 33–43.
Hidayati, iis. Wahyu Sukartiningsih. Umi Anugerah Izzati. (2021). Pengembangan Digital Story Telling untuk Menumbuhkan Kebiasaan Anak Minum Air. Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 1-6. doi: https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1345
Hasannah, R. G. U. (2019). Efektifitas Metode Mendongeng Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Dini Anak Prasekolah. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(3).
Husada, S. P., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 419–425.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.373
Kurniasih, Asep Supena, Yuliani Nurani. 2021. Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini melalui Kegiatan Jurnal Pagi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 5 Issue 2 Page 2250-2258 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1109
Nurhasanah, Baik Nilawati a, Fahruddin, & Yundia, P. N. (2021) Pengembangan Metode Mendongeng Menggunakan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B di TK Rinjani Unram Tahun Pelajaran 2020/2021. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 2(3), 279-286
Panjaitan, Nur Q., Elindra Yetti, Yuliani Nurani. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 04 Issue 2 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.404
Penmendikbud. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Permendikbud No. 137 Tahun 2014. (n.d.). Standar Pendidikan Nasional.
Purnama Sigit, Maulidya Ulfah, Bahbibi Rahmatullah, & Iqbal Faza Ahmad. (2022). Digital Storytelling Trends in Early Childhood Education in Indonesia: A Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 16(1). https://doi.org/10.21009/JPUD.161.02
Rizka Novia Rohmawati, Muslimin Ibrahim, & Nur Ducha. (2014). Keefektifan Digital Storytelling Dalam Pembelajaran Biologi Untuk Siswa Sma Pada Materi Bioteknologi. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 3(3), 522–527.
Sugiono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, And Pendekatan Kuantitatif. “Kualitatif Dan R&D.” Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Https://Doi.Org/10.1007/S13398-014-0173-7.2
Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatife, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono Nurani Yuliani. 2009 Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Barat: PT Indeks
Uno, H. H. B. (2010). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara. Https://Doi.Org/10.1038/Cddis.2011.1
Wardani, Indah K., Ruli Hafidah, & Nurul Kusuma Dewi. 2021. Hubungan antara Peran Guru dengan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Jurnal Kumara Cendekia Vol. 9 No. 4 https://jurnal.uns.ac.id/kumara
Wahyuni, Sri. 2017. Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita di Kelompok B RA An-Nida. Jurnal Raudhah Vol 05 No. 02
Zammit, J., Gao, J., & Evans, R. (2016). Capturing And Sharing Product Development Knowledge Using Storytelling And Video Sharing. Procedia Cirp, 56, 440–445. Https://Doi.Org/10.1016/J.Procir.2016.10.081
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Syifa Azzah Hafidhoh, Nur Arifah Drajati, Fatma Sukmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).