Pengembangan Media Digital Storytelling berbasis Multimodal untuk Membangun Kepercayaan Diri Anak Usia Dini

Authors

  • Syifa Azzah Hafidhoh Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Nur Arifah Drajati Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Fatma Sukmawati Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.574

Keywords:

Media, Digital Storytelling, Multimodal, Kepercayaan Diri, Anak Usia Dini

Abstract

Anak usia dini sering kali tidak percaya diri dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media digital storytelling berbasis multimodal sebagai alat Pendidikan yang efektif untuk menumbuhkan kepercayaan diri anak usia dini. Digital storytelling merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk membangun rasa percaya diri anak usia dini. Guru atau Pendidik menggunakan digital storytelling sebagai alat motivasi untuk menarik perhatian siswa dan meningkatkan minat anak usia dini dalam mencari ide-ide baru. Penelitian ini mengunakan Research and Development dengan model pengembangan empat D. Tahap ujicoba melibatkan 10 anak usia dini yang ingin mengetahui seberapa efektif media digital storytelling. Hasil penelitian pengembangan mencakup validasi ahli media, ahli materi, dan respons anak usia dini. Validasi ahli media  masing-masing memenuhi kriteria tinggi. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa media digital storytelling berbasis multimodal sangat bermanfaat dan dapat menumbuhkan kepercayaan diri anak usia dini. Oleh karena itu, dapat digunakan sebagai inovasi pembelajaran baru di masa mendatang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alonso, Isabel., Silvia Molina & Maria Dolores Porto. (2013). Multimodal Digital Storytelling. USA: John Benjamins Publising Company

Fadillah, Ika Nur., Khurotu Dini. (2021). Digital Storytelling sebagai Strategi Baru Meningkatkan Minat Literasi Generasi Muda. JES: Jurnal of Education Science Vol. 7 No. 2

Gede, P. (2017). Media Dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama

Gregogi-Signes, C. (2014). Digital Storytelling and Multimodal Literacy in Education. Porta Lingarum, 22, 237-250 DOI: https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30827/Digibug.53745

Hadi Nurul, Syadeli Hanafi, & Suherman. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Mading Digital Padlet untuk Meningkatkan Motivasi dan Budaya Literasi Siswa di sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8614-8625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3839

Hardianti, D. (2019). Analisis Butir Soal Tes Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Segiempat. 1, 33–43.

Hidayati, iis. Wahyu Sukartiningsih. Umi Anugerah Izzati. (2021). Pengembangan Digital Story Telling untuk Menumbuhkan Kebiasaan Anak Minum Air. Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 1-6. doi: https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1345

Hasannah, R. G. U. (2019). Efektifitas Metode Mendongeng Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Dini Anak Prasekolah. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(3).

Husada, S. P., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 419–425.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.373

Kurniasih, Asep Supena, Yuliani Nurani. 2021. Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini melalui Kegiatan Jurnal Pagi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 5 Issue 2 Page 2250-2258 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1109

Nurhasanah, Baik Nilawati a, Fahruddin, & Yundia, P. N. (2021) Pengembangan Metode Mendongeng Menggunakan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B di TK Rinjani Unram Tahun Pelajaran 2020/2021. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 2(3), 279-286

Panjaitan, Nur Q., Elindra Yetti, Yuliani Nurani. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 04 Issue 2 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.404

Penmendikbud. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Permendikbud No. 137 Tahun 2014. (n.d.). Standar Pendidikan Nasional.

Purnama Sigit, Maulidya Ulfah, Bahbibi Rahmatullah, & Iqbal Faza Ahmad. (2022). Digital Storytelling Trends in Early Childhood Education in Indonesia: A Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 16(1). https://doi.org/10.21009/JPUD.161.02

Rizka Novia Rohmawati, Muslimin Ibrahim, & Nur Ducha. (2014). Keefektifan Digital Storytelling Dalam Pembelajaran Biologi Untuk Siswa Sma Pada Materi Bioteknologi. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 3(3), 522–527.

Sugiono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, And Pendekatan Kuantitatif. “Kualitatif Dan R&D.” Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Https://Doi.Org/10.1007/S13398-014-0173-7.2

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatife, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono Nurani Yuliani. 2009 Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Barat: PT Indeks

Uno, H. H. B. (2010). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara. Https://Doi.Org/10.1038/Cddis.2011.1

Wardani, Indah K., Ruli Hafidah, & Nurul Kusuma Dewi. 2021. Hubungan antara Peran Guru dengan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Jurnal Kumara Cendekia Vol. 9 No. 4 https://jurnal.uns.ac.id/kumara

Wahyuni, Sri. 2017. Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita di Kelompok B RA An-Nida. Jurnal Raudhah Vol 05 No. 02

Zammit, J., Gao, J., & Evans, R. (2016). Capturing And Sharing Product Development Knowledge Using Storytelling And Video Sharing. Procedia Cirp, 56, 440–445. Https://Doi.Org/10.1016/J.Procir.2016.10.081

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Syifa Azzah Hafidhoh, Nur Arifah Drajati, & Fatma Sukmawati. (2023). Pengembangan Media Digital Storytelling berbasis Multimodal untuk Membangun Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 4(4), 2535–2541. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.574

Issue

Section

Articles

Citation Check