Pandangan Orang Tua Tentang Pembelajaran Daring Untuk Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.57Keywords:
Pandangan Orang Tua, Pembelajaran DaringAbstract
Orang tua dan guru memang harus berkerja sama dalam membantu anak untuk mengerjakan tugas di rumah apalagi anak usia dini yang mempunyai rasa bosan yang sangat tinggi dan tidak sabar dalam melakukan pekerjaan atau tugas dari guru Peran orang tua memiliki hal yang sangat penting dalam membantu guru yang sedang brjuang memenuhi pembelajaran yang harus di berikan kepada anak Sehingga dalam proses pembelajaran yang dilakukan secara daring ini, semua elemen pendidikan diminta untuk mampu dalam memberikan fasilitas-fasilitas pembelajaran agar tetap aktif walaupun dilakukan tanpa tatap muka secara langsung, Orang tua dituntut mampu membimbing anak belajar dari rumah dan mampu menggantikan guru disekolah, sehingga peran orang tua dalam tercapainya tujuan pembelajaran daring dan membimbing anak selama belajar dirumah menjadi sangat penting. Keuntungan dalam pembelajaran jarak jauh ini adalahkurang budgetuntuk biaya transportasi dari rumah ke sekolah (low cost), waktu pembelajaran tidak kaku sehingga dapat berkomunikasi dan belajar kapan saja dengan guru, pembelajaran jarak jauh tidak membatasi ruang jarak, siswa dapat mengakses pembelajarandari sumber yang sama, dan aksessiswayang luas sertatidak dibatasi oleh lokasi, Penelitian menggunakan metode studi pustaka yaitu dalam melakukan penelitian dilakukan dengan mengumpulkan informasi-informasi dan data dengan berbagai bantuan dari materi yang diperoleh seperti buku referensi, hasil penelitian seseorang yang sejenis, catatan, artikel dan berbagai macam jurnal lainya yang berkaitan dengan masalah yang di angkat yang ingin diselesaikan. Jadi metode penelitian ini menggunakan metode pustaka atau riteratur karena agar mudah untuk mencari atau menggali informasi tentang pandangan orang tua tentang pembelajaran daring untuk anak usia dini dan metode ini mampu menolong meneliti banyak hal yang di dapat dari artikel, buku-buku dan dokumen-dokumen yang terkait.Downloads
References
Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2020). Tipikal kendala guru PAUD dalam mengajar pada masa pandemi Covid-19 dan implikasinya. Jurnal Obsesi, 5 (1), 334 –345.doi: 10.31004/obsesi.v5i1.598.
Anita Wardani & Yulia Ayriza (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah PadaMasa Pandemi Covid-19. Volume 5 Issue 1 (2021) Pages 772-782
Bhamani, S., Makhdoom, A. Z., Bharuchi, V., Ali, N., Kaleem, S., & Ahmed, D. (2020). Home Learning in Times of COVID: Experiences of Parents. Journal of Education and Educational Development, 7(1), 9. https://doi.org/10.22555/joeed.v7i1.3260
Brooks, J. (2011). The Process of Parenting. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Diadha, R. (2015). Keterlibatan orang tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak. Edusentris, 2(1), 61-71.
Gade, F. (2012). Ibu sebagai madrasah dalam pendidikan anak. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 13(1), 31-40.
Hermawati, R., Susanti, N., & Jamaludin. (2018). Penyuluhan pendidikan karakter bagi anak-anak Desa Bojong Menteng Banten. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1), 91-100.
Luhung Kawuryaning Pertiwi, Dkk (2021). Keterlibatan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Vol. 12. No.1 Mei 2021 | Hal 19-30
Putra, R., &Irwansyah, I. (2020). Media Komunikasi Digital, Efektif namun Tidak Efisien, Studi Media Richness Theory dalam Pembelajran Jarak Jauh Berbasis Teknologi di Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 1(2), 1-13.
Subarto. (2020). Momentum Keluarga Mengembangkan Kemampuan Belajar Peserta Didik Di Tengah Wabah Pandemi Covid-19 . Universitas Pamulang, DOI: 10.15408/41i.15838.
Sun, L., Tang, Y., & Zuo, w. (2020). Corona Virus Pushes Education Online. Nature Materials, 687-687. Doi: https://doi.org/10.1038/s41563-202-0678-8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Diana Sahara Nofrika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).