Transformasi Peran Pengawas Sekolah dalam Menentukan Strategi dan Metode Pendampingan pada Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.566Keywords:
Tranformasi, Strategi, Metode, Pendampingan, Pengawas SekolahAbstract
Pemahaman yang kurang optimal dari kepala sekolah mengenai identifikasi, refleksi, dan perbaikan data rapor pendidikan, serta kekurangan umpan balik dan evaluasi dari pengawas sekolah, merupakan tantangan empiris yang nyata di lapangan. Kesenjangan ini tampaknya tidak sejalan dengan kondisi teoritis yang diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Perdirjen GTK Nomor empat ribu delapan ratus tiga puluh satu tahun dua ribu dua puluh tiga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan grounded theory, melibatkan pengawas sekolah jenjang SMA di Kantor Cabang Dinas Wilayah XI Jawa Barat sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman transformasi peran pengawas sekolah dan mendalami penentuan strategi pendampingan serta metode pendampingan yang tepat Hasil penelitian menyoroti ketidakoptimalan dalam pemahaman terhadap peran baru, serta timbulnya resistensi terhadap peran lama, yang mungkin disebabkan oleh kurangnya pemahaman yang mendalam. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa penentuan strategi pendampingan belum optimal, karena pengawas sekolah belum sepenuhnya memahami pemetaan kapasitas refleksi dan komitmen memimpin perubahan. Hal ini kemudian dapat berdampak pada penentuan strategi dan metode pendampingan yang seragam untuk semua sekolah binaan.
Downloads
References
Ade R, Deti R, Khalifaturohman, dkk (2023) Peran Pengawas PAI Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Tingkat Sekolah Dasar Dikecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan :Community Development Journal Vol.4 No.2 Juni 2023, Hal.5081-508 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/16334/12542
Aisyafarda, Julina, and Alit Sarino. (2019) Gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan budaya organisasi sebagai determinan kinerja guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4.2
Cohen, L., Manion, L., dan Morrison, K. (2007). Research Methods in Education.New York: Routledge
Diwiyani, Dini, and Alit Sarino.(2018) Gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan motivasi kerja guru sebagai determinan kinerja guru. Jurnal Manajerial 17.1 (2018): 83-94
Divisi Dilkat UNM (2023) Diklat Penguatan Kepala Sekolah (PKS) Https://Diklat.Um.Ac.Id/ Diakses Tgl 31/10/2023 Jam 19.19
Fadhli, Muhammad, and Binti Maunah. (2019) Model Kepemimpinan Pendidikan Islam: Transformasional, Visioner dan Situasional. Ziryab: Jurnal Pendidikan Islam 1.1
Fitri (2022) Analisis Data Penelitian Kualitatif Manajemen Pendidikan Berbantuan Software Atlas.Ti 8 .Yogyakarta : UAD Press
Jamiatul (2023) Pendampingan Pengawas Pembina Sekolah Penggerak Dalam Memfasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik. JPMJurnal Pengabdian MandiriVol.2, No.6, Juni 2023 https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/5940/4453
Lexy, J Moleong. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musakirawati,dkk (2023) Pemanfaatan Platform Rapor Pendidikan Indonesia Terhadap Perencanaan Berbasis Data. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP) Volume 7, Nomor 2, April 2023, hlm. 201-208 ISSN: E-ISSN : 2540-7880 DOI : 10.26740/jdmp.v7n2.p201-10
Norman K. Denzin, Yvonna S. Lincoln. (2017). Handbook of Qualitative Research.Fifth Edition.London: Sage Publications Ltd.
Northouse, Peter, G. (2020). Kepemimpinan: Teori dan Praktik (Edisi Keenam, Bahasa Indonesia). PTIndeks Permata Puri Medi
OECD. (2019). OECD Skills Strategy 2019: Skills to Shape a Better Future.Paris, France: OECD.
OECD. (2019). OECD Future of Education and Skills 2030: Curriculum Analysis. Paris, France: OECD.
Praptono (2023) Dokumen Operasional Siklus Pendampingan Pengawas Sekolah: Kemendikbud: Direktorat KSPS TK.
Rijali (2018) Analsisis data Kualitatif .UIN Antasari Banjarmasin Journal AlhadharahVol. 17 No. 33
Riksa, Zidan (2023) Pendekatan Situasional. Jurnal Manajemen Kreatif dan Inovasi Vol.1, No.3 Juli 2023 e-ISSN: 2986-3260; p-ISSN: 2986-4402, Hal 123-136 DOI: https://doi.org/10.59581/jmki-widyakarya.v1i3.700
Ritonga, R., Tinggi, S., Islam, A., & Mandailing, N. (2023). Pendampingan Pengawas Sekolah Penggerak Untuk Meningkatkan Kompetensi Dalam Melaksanakan Kegiatan Coaching. Jurnal JPPMI, 2(April), 1–12
Zulaihah, Ifatun. (2017) Contingency Leadership Theory/Pendekatan Situasional. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://doi. org/10.33650/altanzim. v1i1 29.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Agus Mulyanto, Endah Saadah, Suparman Suparman, Firmansyah Firmansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).