Pengaruh Iklim Organisasi Sekolah terhadap Motivasi Berprestasi untuk Mewujudkan Kinerja Guru

Authors

  • Ahmad Najib Komarudin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Qurrota A’yun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.564

Keywords:

Iklim Organisasi Sekolah, Motivasi Berprestasi, Kinerja Guru

Abstract

Iklim organisasi sekolah mencakup suasana kerja, budaya, norma, dan nilai-nilai yang ada dalam lingkungan sekolah. Faktor-faktor ini dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap perilaku dan motivasi individu di dalam organisasi. Motivasi berprestasi merujuk pada dorongan internal individu untuk mencapai tujuan-tujuan yang tinggi, meraih keberhasilan, dan memperoleh pengakuan. Motivasi ini dapat mendorong seseorang untuk bekerja keras dan berfokus pada pencapaian hasil yang maksimal. Kinerja guru mencakup berbagai aspek, seperti kemampuan mengajar, interaksi dengan siswa, kontribusi terhadap pengembangan kurikulum, dan partisipasi dalam kegiatan sekolah. Kinerja yang baik dari guru memiliki dampak positif terhadap pembelajaran siswa. Beberapa penelitian telah mengeksplorasi hubungan antara iklim organisasi sekolah dan motivasi berprestasi guru. Hasil penelitian oleh Smith et al tahun dua ribu delapan belas menunjukkan bahwa iklim yang positif, yang mencakup dukungan sosial, kerjasama antar guru, dan pengakuan atas prestasi, berhubungan positif dengan tingkat motivasi berprestasi guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklim organisasi sekolah terhadap motivasi berprestasi untuk mewujudkan kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan  angket, wawancara,  observasi  dan studi dukumentasi. Sedangkan  teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah statistik dengan model analisis  jalur  path analysis. Adapun populasi dan sekaligus menjadi responden dalam penelitian ini adalah  guru  SMK Plus Qurrota A’yun Samarang sebanyak enam puluh delapan orang, karena tidak dilakukan pengambilan sampel. Hasil pengujian hipotesis utama: Terdapat Pengaruh Iklim Organisasi Sekolah terhadap Motivasi Berprestasi untuk Mewujudkan Kinerja guru, dengan pengujian analisis jalur. Iklim Organisasi Sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap Motivasi Berprestasi,  Iklim Organisasi sekolah berpengaruh tidak signifikan terhadap Kinerja guru, dan  Motivasi Berprestasi berpengaruh signifikan  terhadap kinerja guru. Dalam penelitian ini ditemukan sejumlah temuan permasalahan penting :Pertama, pada variabel X Iklim Organisasi Sekolah, tingkat partisipasi guru dalam organisasi sekolah masih rendah padahal ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai dan berada di lingkungan pondok pesantren. Kedua, pada variabel Y motivasi berprestasi, temuan permasalahan yang dianggap penting adalah motivasi guru dalam proses pembelajaran masih belum kuat. Ketiga , pada variabel Z kinerja guru, temuan masalah penting antara lain: Kinerja guru dalam  pembelajaran yang  belum maksimal, juga dalam kegiatan proses belajar mengajar mayoritas guru tidak melengkapi  administrasi guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, G., & Miyono, N. (2023). Pengaruh Peran Kepala Sekolah , Motivasi dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru di SMP Swasta Se-Kota Pekalongan. 6, 1017–1022.

Ayu, I., Yadnyawati, G., & The, L. (2022). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Minggu Buddha ( SMB ) Maitreya Di Indonesia. 1–13.

Ayu, N., Murniati, N., Miyono, N., & Hidayat, A. (2022). Analisis Peran Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Terhadap Motivasi Guru SMK Swasta di Kecamatan Taman Pemalang. 8(1), 65–84. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.436

Di, G., Dasar, S., & A. (2022). Pengaruh iklim organisasi kpmimpinan trhadap kinrja guru. 3, 48–59Univrsitas Ngri Surabaya.

Dongoran, A. T., & Batubara, I. H. (2021). Pengaruh Iklim Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. 2(1), 1–16.

Fitria, H. (2020). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru. 4, 3419–3428.

Guru, K., & Berprestasi, M. (2023). Pengaruh Iklim Organisasi , Profsionalism Guru , DAN. 3(3), 22–35. https://doi.org/10.56832/pema.v3i3.376

Hanafi, A. (2023). Sekolah Melalui Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. 12, 67–76.

Juli, N., Sma, I. P. S., Di, N., Konawe, K., Putra, Z., & Gaffur, S. (2022). Hubungan Iklim Kerja Dan Komitmen Kerja Dengan Kinerja Guru Pendidikan. 6(3). https://doi.org/10.36312/jisip.v6i3.3092/http

Jumped, J., & Pendidikan, J. M. (2018). Manajemen Iklim dalam Organisasi Sekolah Yang Harmonis.Jurnal pembelajaran.Universitas Langlangbuana

Jurnal, F., Pendidikan, S., & Juni, N. (2017). Hubungan Antara SupervisiI Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, Motivasi Berprestasi, Dan Kinerja Guru SMKN DI KOTA BIMA Relly Prihatin . 8(1), 77–94.

Kinerja, T., Smp, G., Komwil, D. I., & Kabupaten, O. (2019). Pengaruh motivasi berprestasi, iklim sekolah, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru smp di komwil o2 kabupaten tegal. 44–54.

Nana Rukmana (2023). 6(20), Manajemen Organisasi dalam perbaikan iklim sekolah.Jurnal manajemen dan pendidikan.Universitas Negeri Semarang

Nurdadiyono, D., Asih, D., Handayani, K., Prihandoko, T. L., Studi, P., Ivet, U., Studi, P., Ivet, U., Studi, P., & Ivet, U. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kinerja Terhadap Kualitas Pembelajaran Guru. 4(2), 1–10.Jurnal Inovasi Pendidikan.Universitas Negeri Surabaya.

Pohan, R. (2019). Pengaruh Iklim Kerja dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Pekanbaru. 2(1), 1–22. https://doi.org/10.24014/au.v2i1.6680

Ramadhan, R. F., Pendidikan, M., Pendidikan, F. I.(2023), U. N. (n.d.). Membangun iklim organisasi sekolah melalui peran kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru..Jurnal Ilmiah Manajemen.Universitas Pendidikan Indonesia.

Santiari, L. P., & Dantes, K. R. (2020). Pengaruh Iklim Organisasi Yang baik terhadapGuru Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia. 11(1), 1–10.Universitas Sebelas Maret.

Stai, D., & Jeneponto, Y. (2023). Kinerja Guru SMP DI Kecamatan Kelapa.Jurmal Manajemen.Universitas PGRI Yogyakarta

Studies, S. (2023). Meningkatkan Kinerja Guru DI MTS Tunas Harapan Bangsa Nyalindung Kabupaten Sukabumi The Trasnformational Leadership Role Of Principals And Job (1), 108–112.Jurnal Pendidikan dan mnajemen.Universitas Nusa Putra.

Yasin, S. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional , Iklim Organisasi dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru. 3(2), 273–282.Jurnal Ilmiah Manajemn.Universitas Sebelas Maret.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Ahmad Najib Komarudin. (2023). Pengaruh Iklim Organisasi Sekolah terhadap Motivasi Berprestasi untuk Mewujudkan Kinerja Guru. Journal of Education Research, 4(4), 2525–2534. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.564

Issue

Section

Articles

Citation Check