Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf (b, d, dan p) pada Anak Autis Kelas V menggunakan Angka 8 Tidur

Authors

  • Nurbaiti Nurbaiti Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.559

Keywords:

Menulis, Huruf b, d, dan p, Angka 8 tidur, Autis

Abstract

Seorang anak autis yang sedang belajar dikelas individual mengalami hambatan menulis dalam membedakan dan menyebutkan huruf yang hampir sama bentuk (b, d, dan p). Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis huruf (b, d, dan p) pada anak autis kelas lima menggunakan angka delapan tidur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama memperoleh hasil peningkatan yaitu tujuh puluh dua persen. Selanjutnya pada siklus kedua memperoleh hasil delapan puluh sembilan persen. Hasil kemampuan menulis huruf (b, d, dan p) dapat meningkat menggunakan angka angka delapan tidur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmaja, J. R. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Diana, Sulis., Adiesty, F., & Mafticha, E. (2017). Brain Gym: Stimulasi Perkembangan Anak Paud I. Surakarta: CV Kekata Group.

Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia.

Karyati, A., & Efendi, J. (2019). Kecakapan Interaksi Sosial Siswa Autis Disekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi SMP Negeri 23 Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 7, 105–110.

Suardi, E. A., Damri., & A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Menulis Bentuk Huruf ( a , o , g , p , b , d ) Melalui Media Angka 8 Tidur Pada Anak Berkesulitan Belajar di SD Negeri 15 Ulu Gadut Oleh : Elvira Agustia Suardi E-JUPEKhu. 5(1), 38–53.

Widi, W. E. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas dan Research and Development (R. A. Kusumaningtyas, ed.). Jakarta: PT. Cahaya Prima Sentosa.

Downloads

Published

2024-11-04

How to Cite

Nurbaiti, N. (2024). Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf (b, d, dan p) pada Anak Autis Kelas V menggunakan Angka 8 Tidur . Journal of Education Research, 5(4), 5200–5206. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.559

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check