Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf (b, d, dan p) pada Anak Autis Kelas V menggunakan Angka 8 Tidur
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.559Keywords:
Menulis, Huruf b, d, dan p, Angka 8 tidur, AutisAbstract
Seorang anak autis yang sedang belajar dikelas individual mengalami hambatan menulis dalam membedakan dan menyebutkan huruf yang hampir sama bentuk (b, d, dan p). Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis huruf (b, d, dan p) pada anak autis kelas lima menggunakan angka delapan tidur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama memperoleh hasil peningkatan yaitu tujuh puluh dua persen. Selanjutnya pada siklus kedua memperoleh hasil delapan puluh sembilan persen. Hasil kemampuan menulis huruf (b, d, dan p) dapat meningkat menggunakan angka angka delapan tidur.
Downloads
References
Atmaja, J. R. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Diana, Sulis., Adiesty, F., & Mafticha, E. (2017). Brain Gym: Stimulasi Perkembangan Anak Paud I. Surakarta: CV Kekata Group.
Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia.
Karyati, A., & Efendi, J. (2019). Kecakapan Interaksi Sosial Siswa Autis Disekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi SMP Negeri 23 Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 7, 105–110.
Suardi, E. A., Damri., & A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Menulis Bentuk Huruf ( a , o , g , p , b , d ) Melalui Media Angka 8 Tidur Pada Anak Berkesulitan Belajar di SD Negeri 15 Ulu Gadut Oleh : Elvira Agustia Suardi E-JUPEKhu. 5(1), 38–53.
Widi, W. E. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas dan Research and Development (R. A. Kusumaningtyas, ed.). Jakarta: PT. Cahaya Prima Sentosa.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nurbaiti Nurbaiti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).