Model Manajemen Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Lulusan yang Berkarakter Religius di Era Disrupsi (Studi kasus pada MAN 1 Kabupaten Rokan Hilir)
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.554Keywords:
Manajemen Pendidikan, Upaya Meningkatkan Kualitas Dan Daya Saing Lulusan, Pendidikan Karakter ReligiusAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Model Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Dan Daya Saing Lulusan Yang Berkarakter Religius Di Era Disrupsi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Madrasah Aliyah Negeri satu Rokan Hilir menjadi sample utama dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, analisis data hasil penelitian menggunakan teknik reduksi, triangulasi dan kesimpulan dari data penelitian. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa Model Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Dan Daya Saing Lulusan Yang Berkarakter Religius Di Era Disrupsi; Melakukan Upaya Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Lulusan MAN satu Rokan Hilir dengan; Menjalin kerjasama dan komunikasi yang baik dengan Masyarakat dan dengan pemerintah melalui Kemenag dan Kemendikbud Ristek. Melakukan penyeleksian bibit, bebet dan bobot calon siswa yang akan mendaftar. Mengikuti Diseminasi Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas Madrasah. Melaksanakan Kompetisi Sains Madrasah se Kabupaten Rokan Hilir. Melaksanakan Sosialisasi Pencegahan Pemberantasan penyalahgunaan dan Peredaran Narkotika. Upaya Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius; Membumikan Rokan Hilir dengan Yasinan bersama guru MAN satu Rokan Hilir setiap Jum’at Pagi. Mendengarkan tausiah singkat dari guru Agama Islam setiap selesai yasinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Dan Daya Saing Lulusan Yang Berkarakter Religius Di Era Disrupsi berjalan baik sesuai dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan berdasarkan hasil evaluasi model ini layak untuk di kembangkan dan di jadikan model percontohan untuk sekolah-sekolah sederajat yang ada di Kabupaten Rokan Hilir bahkan Indonesia Pada Umumnya. Era Disrupsi yang ditandai dengan teknologi informasi justru membantu mempermudah segala aktivitas disekolah, pencarian informasi, penyampaian informasi dan literasi tentang penambahan ilmu pengetahuan dalam pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi, sehingga siswa dapat belajar dengan memanfaatkan sumber belajar secara maksimal dalam upaya meningkatkan kualitas dan daya saing lulusan yang berkarakter religius di era disrupsi.
Downloads
References
Agus Salim, Afdal, Deprizon, Aulia Fitri, W. (n.d.). Peran Manejemen Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan di Era Disrupsi. 4(3), 1290–1297.
Agustin, P., & Effane, A. (2022). Model Pengembangan Peningkatan Mutu Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Mutu Berbasis Sekolah. Karimah Tauhid, 1, 903–907. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7700%0Ahttps://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/download/7700/3574
Amstrong, kolter and. (2021). Manajemen Strategi Arecca Ansamble Pada Konser Perdana Dalam Tema Lain-Lain Baku Jalin Di Pekanbaru. Koba, 8(1), 11–25. https://journal.uir.ac.id/index.php/koba/article/download/7981/3661%0Ahttps://journal.uir.ac.id/index.php/koba/article/view/7981
Andesta, D. (2018). Analisis kebutuhan anak usia dasar dan Implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 82–97. https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2269
Arifin, A. (2017). Strategi Manajemen perubahan dalam meningkatkan disiplin diperguruan tinggi. EDUTECH Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3 No 1(1), 117–132.
Arifudin, M., Sholeha, F. Z., & Umami, L. F. (2021). Planning (Perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 146–160. https://doi.org/10.21154/maalim.v2i2.3720
Asmarika, Amir Husin, Syukri, Wismanto, R. (2022). Mengasah Kemampuan softskills dan hardskills calon guru SD/MI pada metode microteaching melalui pengembangan media visual mahasiswa PGMI UMRI. Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11, 282–300.
Budiman, S., & Suparjo, S. (2021). Manajemen Strategik Pendidikan Islam. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), 515–523. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2197
Darim, A. (2020). Manajemen Perilaku Organisasi Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Kompeten. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 22–40. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.29
Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, R. (2022). Mitra PGMI : Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru. Mitra PGMI : Jurnal Kependidikan MI, 8, 100–110.
Dr. Vladimir, V. F. (1967). Manajemen Pendidikan. In Gastronomía ecuatoriana y turismo local. (Vol. 1, Issue 69). https://www.academia.edu/36327909/MANAJEMEN_PENDIDIKAN?from=cover_page
Efferi, A. (2015). Model Pendidikan Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Quality, 3(2), 237–256.
Endaryono, B. T., Wasliman, I., Iriantara, Y., & Sauri, U. S. (2021). Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Smk Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Berdaya Saing Di Smk Bina Mandiri Dan Smk Karya Guna 2 Kota Bekasi. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 7(3), 357. https://doi.org/10.30998/jabe.v7i3.9125
Erhamwilda, E., Afrianti, N., Tazkia, A. H., & Mulyati, H. (2021). Efektivitas Pelatihan Parenting Dalam Meningkatkan Pengetahuan Orang Tua Menyiapkan Generasi Qur’ani. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 793–800. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1329
Faisal, R. F., & Nugroho, S. (2023). Manajemen Produksi Opera Bunga Eja oleh Sanggar Seni Ataraxia Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan. DESKOVI : Art and Design Journal, 6(1), 31. https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i1.13110
Fathurrochman, I., Ristianti, D. H., & Arif, M. A. S. bin M. (2020). Revitalization of Islamic Boarding School Management to Foster the Spirit of Islamic Moderation in Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 239–258. https://doi.org/10.14421/jpi.2019.82.239-258
Fawzi, T., & Dodi, L. (2022). Aspek Perkembangan Manajemen Pembelajaran Active Learning, Paikem Pada Kelas Unggulan. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 64–75. https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i2.247
Fitri, A., Nursikin, M., & Amin, K. (2023). Peran Ganda Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membimbing Siswa Bermasalah di SD Islam Al-Rasyid Pekanbaru. Journal on Education, 5(3), 9710–9717. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1786
Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(2), 274–285. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26
Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, R. T. A. E. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru. 4(6), 1734–10351.
Hasanah, S. M. (2020). Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di era pandemi Covid 19. INCARE: International Journal of Educational Resources., 01(03), 257–279.
Hendri Fauza, A. A. B. (2020). Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Man 1 Medan. Hijri, 9(2), 11. https://doi.org/10.30821/hijri.v9i2.8364
Hidayat, Amir Husin, Syukri, Rieska Tri Adilla, E. (2022). URGENSITAS MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DISRUPSI. 11, 267–281.
Isnaini, M., Bidin, I., Susanto, B. W., & Hudi, I. (2023). Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Pancasila dan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Calon Guru MI / SDIT. 05(04), 11539–11546.
Junaidi, Andisyah Putra, Asmarika, Wismanto, R. syafitri. (n.d.). Pola Komunikasi Guru dengan Peserta Didik dalam. 4(3), 1162–1168.
Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, W. (2021). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131–146. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183
Khairul Amin, Imam subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, W. (2022). KEMAMPUAN SUMBER DAYAMANUSIA DALAMMENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAMDI ERA DISRUPSI 1Khairul. 11, 204–226.
Kusen, K., Hidayat, R., Fathurrochman, I., & Hamengkubuwono, H. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dan Implementasinya Dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 175. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.7751
Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, W. (2022). IKHTIAR KEPALAMIS RAUDHATUL MUSHALLIN TANJUNG UNGGAT DALAMMENINGKATKAN EKSISTENSI MADRASAH YANG DIPIMPINNYA MELALUI PERBAIKAN MANAJEMEN. 11(2), 285–294.
Marpaung, T. P., Sibaweh, I., & Susanto, B. W. (2023). Urgensi Guru PAI dalam Membentengi Akhlak Peserta Didik di Era Disrupsi ( Studi Kasus pada Siswa SD Islam Uwais Al Qarni Pekanbaru ). 05(03), 9756–9765.
Martanti, F. (2018). Metode Struktural Analitik Sintetik dalam Pembelajaran Anak Disleksia. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 17–28. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.127
Muslim, Yusri, Y., Syafaruddin, Syukri, M., & Wismanto. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ). Journal of Education, 05(03), 10192–10204.
Na’im, Z. (2017). Zaedun Na’im | 223. Evaluasi., 1(2), 223–234.
Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573–9583. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1830
Nardi Mulyono, 2018. (2018). Pengaruh Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru di Sekolah Dasar Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 3(1), 290–297.
Nurhaibi, Zalisman, H. H. (2023). Mitra PGMI : UPAYA GURU PAI MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK SDIT IMAM ASY-SYAFII PEKANBARU. 9, 71–79.
Prayoga, A., Noorfaizah, R. S., Suryana, Y., & Sulhan, M. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Quran Berbasis Metode Yaddain Di Mi Plus Darul Hufadz Sumedang. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 140–156. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.326
Rahmawati, M. (2019). Mendidik Anak Usia Dini Dengan Berlandaskan Pemikiran Tokoh Islam Al-Ghazali. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(2), 274. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i2.2271
Robiatul Adawiyah, Yunus Setyo Wibowo, & Yuyun Kartika. (2017). Pendidikan yang berdaya saing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Untirta, 325–332.
Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, A. (n.d.). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. 4(1), 1082–1088.
Salimul Jihad, M. S. (2017). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pelajaran Mufrodat Kelas VI MI NW Dasan Agung Mataram Tahun Pelajaran 2016 / 2017. El - Tsaqafah, xvii(3), 96–118. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/eltsaqafah/article/view/480
Setyosari, P. (2015). Tantangan Dan Peran Teknologi Pembelajaran Transformasi Pendidikan Di Era Digital. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UM, 2015, 484–496. http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_630989951170.pdf
Subakri, S. (2020). Peran Guru dalam Pandangan Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Guru, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v1i2.165
Suyitno, I. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1307
SYAPARUDDIN, S., MELDIANUS, M., & Elihami, E. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn PESERTA DIDIK. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326
Taklimudin, T., & Saputra, F. (2018). Metode Keteladanan Pendidikan Islam dalam Persfektif Quran. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1. https://doi.org/10.29240/bjpi.v3i1.383
Taufik, R. (2015). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Pengembangan Karakter Siswa. Manajer Pendidikan, 9(4), 494–504. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132313281/semornas fik uny (Faidillah 1).pdf
Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 197. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.880
Utami, F. G. N. (2018). Tata Kelola Seni Pertunjukan. ISI Press, 67. http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/3231
Widodo, H., Sari, D. P., Wanhar, F. A., & Julianto, J. (2021). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2168–2175. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1028
Wismanto, Alhairi, Lasmiadi, A Mualif, A. (2023). Aktualisasi Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Peserta didik Pada Sekolah Dasar Islam Ar-Rasyid Pekanbaru. 4(4), 1625–1633.
Wismanto, Yupidus, Efni Ramli, Ridwan, E. M. S. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI MUKMIN BERBASIS INTEGRASI AL QUR’AN DAN SUNNAH DI SDIT AL HASAN TAPUNG - KAMPAR. 12(1), 196–209.
Wismanto. (2021). Pembentukan Awal Generasi Mukmin Dalam Al- Qur ’ An Hadits Dan Implikasinya Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Imam Asy-Syafii Pekanbaru. 12(1).
Wismanto 2023, Model Pembelajaran longitudnal repository uin suska. (n.d.).
Yanto, M. (2020). Manajemen Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Kompetensi Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 10 Karang Anyar Rejang Lebong Murni Yanto Institut Agama Islam Negeri Curup PENDAHULUAN Dalam menghadapi kodisi sosial , kepala sekolah merupakan padanan dari. 4(1), 83–91. https://doi.org/10.29240/estetik.V31i.1479
Yanto, M., & Fathurrochman, I. (2019). Manajemen kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 7(3), 123–130. https://doi.org/10.29210/138700
Zulela. (2020). Transformasi pendidikan dasar di era disrupsi dalam pengembangan karakter. Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1–14. http://www.stkippgribl.ac.id/proceeding/index.php/semnas/article/view/42
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Riska Syafitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).