Kajian Hubungan Motivasi dan Minat Belajar Siswa SMA pada Mata Pelajaran Ekonomi

Authors

  • Pingkan Carolina Tambalitan Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Klabat, Indonesia
  • Andrew Christian Aseng Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Klabat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.549

Keywords:

Motivasi belajar, minat belajar, siswa SMA, mata pelajaran ekonomi

Abstract

Motivasi belajar dan minat belajar masih menjadi topik penelitian yang menarik untuk dilakukan. Melihat fenomena yang ada di SMA UNKLAB Airmadidi, maka penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan minat belajar pada siswa yang ada di sekolah ini khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan korelatif dengan jumlah respondens sebanyak seratus dua orang siswa Kelas X yang mengisi kuesioner secara langsung. Nilai rerata digunakan untuk mengukur tingkat motivasi belajar dan minat belajar, sementara untuk mencari tahu hubungan kedua variabel ini maka uji korelasi Pearson yang dipakai. Hasil penelitian ini menemukan bahwa motivasi belajar siswa akan mata pelajaran ekonomi ada pada tingkat yang tinggi, begitu pula dengan minat belajar mereka. Lebih lanjut, ditemukan adanya hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran ekonomi. Beberapa saran diberikan kepada pihak-pihak yang dirasa akan memperoleh manfaat dari hasil penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’yuningrum, F. (2020). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Al-Fatih Global Mulia, 2((2)). Retrieved fromhttps://jurnalglobalmulia.or.id/index.php/alfatih/article/download/23/23

Basyari, A. (2013). Hubungan antara minat dan prestasi belajar sejarah dengan kesadaran sejarah siswa man Yogyakarta III. Skripsi. Retrieved fromhttps://core.ac.uk/download/

pdf/33521699.pdf

Daskalovska, N., Gudeva, L. K., & Ivanovska, B. (2012). Learner motivation and interest. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 46, 1187-1191. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.272

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida journal, 5(2), 172-182. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fadillah, L. N., Murtopo, B. A., & Kartika, N. R. N. (2022). Peran Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Anak. Tarbi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(3), 343-352.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Poris Gaga 05 kota Tangerang. Jurnal Jpsd, 4(1), 47-53.

Haerullah, & Elihami. (2020). Dimensi perkembangan pendidikan formal dan non formal. Jurnal EdukasiNonformal.Retrievedfromhttps://ummaspul.ejournal.id/JENFOL/article/download/504/293

Irawan, A. (2022). Kreativitas Guru Dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(2), 199-210. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Karo-karo, D. (2014). Membangun karakter anak dengan mensinergikan pendidikan informal dengan pendidikan formal. Elementry School Journal. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/viewFile/1322/1083

Kapitan, S. F., & Aseng, A. C. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar Ekonomi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 891-902. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.2.891-902.2023

Kelas Pintar (2020, 18 November). Tips untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. https://www.kelaspintar.id/blog/inspirasi/tips-untuk-meningkatkan-kemampuan-belajar-siswa-8263

Kho, D. (2020). Pengertian skala Liker (Likert scale) dan menggunakannya. Teknik Elektronika. https://teknikelektronika.com/pengertian-skala-likert-likert-scale-menggunakan-skala-likert/

Kusumaningrini, D. L., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di era pandemi Covid-19. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(01), 145-161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01. 1271

Masni, H. (2017). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34-45. http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v5i1.64

Nugroho, A. (2013). Pengaruh motivasi dan minat terhadap prestasi siswa pada mata Diklat keselamatan dan kesehatan kerja di SMK Negeri 1 Sedayu. Skripsi. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/19597/1/ADITYA%20NUGROHO%20(09503244013).pdf

Nurhayati, & Nasution, J. S. (2022). Hubungan antara motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar bahasa arab pada siswa kelas VIII SMPIT fajar ilahi batam. jurnal AS-Said, 2(1), 100-115. Retrieved from https://e-journal.institutabdullahsaid.ac.id/index.php/AS-SAID/article/download/77/39

Oktaviani, K. C., & Dewi, D. K. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Motivasi Belajar Siswa SMA X Selama Pembelajaran Daring. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(7), 70-80.

Pondaag, R. A., Pardanus, R. H., & Togas, P. V. (2021). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar KKPI Siswa SMK. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3).

Prasetiya, B. (2019). Analisis studi korelasional kecerdasan emosional dan minat belajar dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman,5(2).Retrievedfromhttps://core.ac.uk/display/231310694?utm_source=pdf&utm_medium=banner&utm_campaign=pdf-decoration-v1

Pratiwi, B. S. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas VIII di SMPN 3 Depok tahun ajaran 2017/2018. Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta.

Puspitasari, A. (2017). Pengaruh kreativitas guru, minat pengaruh kreativitas guru, minat terhadap hasil belajar siswa kelas xi terhadap hasil belajar siswa KELAS XI TKR2 SMK PN 2 Purworejo. Skripsi. Retrieved from https://Skripsi/122130023-Afrilia%20Puspitasari%20desainn%20penelitian.pdf

Salmaa. (2021). Penelitian korelasional: pengertian, ciri-ciri, langkah, dan contoh. Deepublish. https://penerbitdeepublish.com/penelitian-korelasional/

Sari, J. V. (2016). Pengaruh intelegensi, motivasi belajar, dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi kelas xi ips di sma negeri kota mojokerto. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan,2(4).Retrievedfromhttps://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk/article/download/769/639

Satini, R., Atmazaki, & Abdurahman. (2015). Hubungan minat baca dan motivasi belajar dengan ketrampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang. Jurnal Bahasa, SastradanPembelajaran2(1).Retrievedfromhttp://ejournal.unp.ac.id/index.php/bsp/article/viewFile/4979/39

Turney, S. (2022). Pearson correlation coefficient (r): Guide & examples. Scribbr. https://www.scribbr.com/statistics/pearson-correlation-coefficient/

Vusvitasari, D. R., Nugroho, S., & Akbar, S. (2009). Kajian hubungan koefisien korelasi Pearson (ρ). Spearman-Rho (r), Kendall-Tau (τ), Gamma (G), dan Somers (d yx). e-Jurnal Statistika, 41-54.

Wati, A. K., & Muhsin, M. (2019). Pengaruh minat belajar, motivasi belajar, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap kesulitan belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 797-813. DOI: https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31517

Wahyuni, N. (2014). Uji validitas dan reliabilitas. BINUS QMC. https://qmc.binus.ac.id/2014/11/01/u-j-i-v-a-l-i-d-i-t-a-s-d-a-n-u-j-i-r-e-l-i-a-b-i-l-i-t-a-s/

Winarni, M., Anjariah, S., & Romas, M. Z. (2016). Motivasi belajar ditinjau dari dukungan sosial orangtua pada siswa SMA. Jurnal Psikologi, 2(1).

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Tambalitan, P. C., & Aseng, A. C. (2023). Kajian Hubungan Motivasi dan Minat Belajar Siswa SMA pada Mata Pelajaran Ekonomi. Journal of Education Research, 4(4), 2632–2637. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.549

Issue

Section

Articles

Citation Check