Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik melalui Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.543Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran PBL pada siswa kelas VIII SMPN lima Kupang. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah PTK. Subjek dalam penelitian adalah siswa-siswi kelas VIII jumlah siswa sebanyak dua puluh lima orang. Hasil peningkatan ini juga menunjukkan bahwa dengan adanya penerapan model PBL siswa lebih aktif karena diberi kesempatan untuk berpikir sendiri dan saling bekerja sama dengan temannya sehingga proses pembelajaran di dalam kelas bisa berjalan dengan baik dan kemampuan berpikir kritis pun meningkat.
Downloads
References
Anwar, I., Rohmani, L. A., & Putra, A. A. I. A. (2023). Peningkatan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(01), 145–151. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.430
Apryani, Y. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi dalam pembelajaran online di masa pandemi covid-19. 11(1).
Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. JIPMat, 3(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2226
Endrawati, C., & Muhsam, J. (2023). Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Mind Mapping Tema 6 Panas Dan Perpindahannya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V MI AL-FITRAH OESAPA. 1.
Gultom, M. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemempuan Berpikir Kritis Di MTs Negeri Rantauprapat. JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS, 4(2), 1–5. https://doi.org/10.36987/jpbn.v4i2.1110
Hartati, R. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Terpadu Siswa SMP.
Hassoubah, Z. I. (2004). Develoving Creative & Critical Thinking Skills (Cara Berpikir. Kreatif dan Kritis).Yogyakarta:Yayasan Nuansa Cendekia
I Ketut Mahardika, N. N. I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Praktikum Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 9 Jember. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7494501
Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh Model Pbl Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7713
Komalasari, Kokom. (2013). Pembelajaran Kontekstul : Konsep dan Aplikasi.Bandung:PT. Refika Adiatama.
Lestari, I., Nurmilawati, M., & Santoso, A. M. (2015). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Sosial Peserta Didik Kelas VIII.
Mikha, T. E. (n.d.). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS.
Muhsam, J. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Model Inkuiri Terintegrasi Life Skills Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Oeba 3 Kupang. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.212
Muhsam, J., Hasyida, S., & Aiman, U. (2021). Implementation of Contextual Teaching and Learning and Authentic Assessments to the Science (IPA) Learning Outcomes of 4th Grade Students of Primary Schools (SD) in Kota Kupang. 5(3).
Muhsam, J., & Muh, A. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(1), 11–17. https://doi.org/10.52060/pti.v3i01.713
Oktaviani, P., Hartono, H., & Marwoto, P. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Bervisi SETS sebagai Alat Bantu Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA di SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Peserta Didik. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(2), 125. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.746
Perwita. (2012). Skripsi: Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Bandar Lampung: Universitas Lampung
Redhana, I Wayan. (2003). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran XXXVI. II: 11-21.
Rahmadana, J., Khawani, A., & Roza, M. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 224–230. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4278
Susilowati, R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Kelas 4 SD. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13870
Yuniarsi, E., & Sapri, J. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(1), 124–137. https://doi.org/10.33369/diadik.v12i1.21370
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Marselina Nale, Agapitus Kaluge, Henny Manafe

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).