Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik melalui Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA Kelas VIII

Authors

  • Marselina Nale Universitas Katholik Widya Mandira Kupang, Indonesia
  • Agapitus Kaluge Universitas Katholik Widya Mandira, Indonesia
  • Henny Manafe Universitas Katholik Widya Mandira, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.543

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran PBL pada siswa kelas VIII SMPN lima Kupang. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah PTK. Subjek dalam penelitian adalah siswa-siswi kelas VIII jumlah siswa sebanyak dua puluh lima orang. Hasil peningkatan ini juga menunjukkan bahwa dengan adanya penerapan model PBL siswa lebih aktif karena diberi kesempatan untuk berpikir sendiri dan saling bekerja sama dengan temannya sehingga proses pembelajaran di dalam kelas bisa berjalan dengan baik dan kemampuan berpikir kritis pun meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, I., Rohmani, L. A., & Putra, A. A. I. A. (2023). Peningkatan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(01), 145–151. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.430

Apryani, Y. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi dalam pembelajaran online di masa pandemi covid-19. 11(1).

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. JIPMat, 3(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2226

Endrawati, C., & Muhsam, J. (2023). Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Mind Mapping Tema 6 Panas Dan Perpindahannya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V MI AL-FITRAH OESAPA. 1.

Gultom, M. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemempuan Berpikir Kritis Di MTs Negeri Rantauprapat. JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS, 4(2), 1–5. https://doi.org/10.36987/jpbn.v4i2.1110

Hartati, R. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Terpadu Siswa SMP.

Hassoubah, Z. I. (2004). Develoving Creative & Critical Thinking Skills (Cara Berpikir. Kreatif dan Kritis).Yogyakarta:Yayasan Nuansa Cendekia

I Ketut Mahardika, N. N. I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Praktikum Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 9 Jember. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7494501

Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh Model Pbl Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7713

Komalasari, Kokom. (2013). Pembelajaran Kontekstul : Konsep dan Aplikasi.Bandung:PT. Refika Adiatama.

Lestari, I., Nurmilawati, M., & Santoso, A. M. (2015). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Sosial Peserta Didik Kelas VIII.

Mikha, T. E. (n.d.). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS.

Muhsam, J. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Model Inkuiri Terintegrasi Life Skills Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Oeba 3 Kupang. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.212

Muhsam, J., Hasyida, S., & Aiman, U. (2021). Implementation of Contextual Teaching and Learning and Authentic Assessments to the Science (IPA) Learning Outcomes of 4th Grade Students of Primary Schools (SD) in Kota Kupang. 5(3).

Muhsam, J., & Muh, A. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(1), 11–17. https://doi.org/10.52060/pti.v3i01.713

Oktaviani, P., Hartono, H., & Marwoto, P. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Bervisi SETS sebagai Alat Bantu Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA di SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Peserta Didik. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(2), 125. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.746

Perwita. (2012). Skripsi: Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Redhana, I Wayan. (2003). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran XXXVI. II: 11-21.

Rahmadana, J., Khawani, A., & Roza, M. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 224–230. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4278

Susilowati, R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Kelas 4 SD. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13870

Yuniarsi, E., & Sapri, J. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(1), 124–137. https://doi.org/10.33369/diadik.v12i1.21370

Downloads

Published

2023-12-17

How to Cite

Nale, M., Kaluge, A., & Manafe, H. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik melalui Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA Kelas VIII. Journal of Education Research, 4(4), 2072–2080. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.543

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)