Peran Budaya Pesantren dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Santri di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mustafid

Authors

  • Kamaluddin Kamaluddin Fakultas Pascasarjana Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia
  • Syamsul Arifin Fakultas Pascasarjana Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.537

Keywords:

Budaya Pesantren, Kecerdasan Intrapersonal, Santri

Abstract

Penyesuaian diri dengan kebudayaan yang ada di pondok Pesantren Tarbiyatul Mustafid hingga santri terbiasa dari awal masuk sampai selesai adalah proses yang harus diselesaikan oleh santri, agar melahirkan santri yang berkualitas baik pemikiran dan prilakunya. Tujuan dari penelitan ini untuk mengetahui peran budaya pesantren dalam mengembangkan kecerdasan Intrapersonal Santri  pada Pondok Pesantren Tarbiyatul Mustafid. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif memperoleh data primer melalui wawancara dan observasi. Model pemeriksaan informasi menggunakan Prosedur Investigasi Subjektif cek.  Budaya pondok pesantren Tarbiyatul Mustafid bisa mengembangkan kecerdasan Intrapersonal santri, terlihat dari kemadirian, kebersamaan, tanggung jawab dan motivasi santri, terbukti dari  sejak awal berdiri tahun dua ribu lima belas sampai dua ribu dua puluh dua Pondok Pesantren Tarbiyatul Mustafid  sudah melahirkan lima belas Hafiz Al-Qur’an.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, A. M. (2019). Peran Pengasuh Panti Asuhan Membentuk Karakter Disiplin dalam Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Anak. An-Nisa, 11(1), 354–363. https://doi.org/10.30863/an.v11i1.302

Anuuri, A. (2017). Panduan Tahsin Tilawah AL-Qur’an dan Ilmu Tajwid. Pustaka Al-Kautsar.

Aqib, Z. (2014). Ikhtisar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yrama Widia.

Arifin, Z. (2014). Budaya Pesantren Dalam Membangun Karakter Santri. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 5(2), 40–51.

Armstrong, T. (2013). Multiple Intellegences in The Classroom Third Edition Penerjemah: Dyah Widya Prabaningrum (1st ed.).

Fahrurrozi, F. (2016). Budaya Pesantren Di Pulau Seribu Masjid, Lombok. KARSA: Jurnal Sosial Dan Budaya Keislaman, 23(2), 325. https://doi.org/10.19105/karsa.v23i2.730

Firdausi, F., & Hidayah, A. (2019). Kecerdasan Intrapersonal Dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Santri Mahasiswa Dalam Menghafal Al-Qur’an. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 19(1), 43. https://doi.org/10.14421/qh.2018.1901-03

Fitri Rahmawati, R. (2016). Konseling Budaya Pesantren (Studi Deskriptif Terhadap Pelayanan Bimbingan Konseling Bagi Santri Baru). KONSELING RELIGI Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 7(1), 61. https://doi.org/10.21043/kr.v7i1.1359

Maitrianti, C. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Intrapersonal Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 291–305.

Salsabilla, S., & Ashif Az Zafi. (2020). Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 35–42.

Suarca, K., Soetjiningsih, S., & Ardjana, IGA. E. (2016). Kecerdasan Majemuk pada Anak. Sari Pediatri, 7(2), 85. https://doi.org/10.14238/sp7.2.2005.85-92

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R & D. Bandung: IKAPI.

Observasi, (2023).

Washil, S. (2022). Mentradisikan Nilai-Nilai Budaya Pesantren (Panca Jiwa Pesantren) Dalam Kehidupan Bermasyarakat. Islamic Akademica, 1, 54–64.

Wawancara. (2023a). Kepala Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.

Wawancara. (2023b). Pimpinan Pondok Pesantren.

Wawancara. (2023c). Santri.

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

Kamaluddin, K., & Arifin, S. (2023). Peran Budaya Pesantren dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Santri di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mustafid. Journal of Education Research, 4(4), 1863–1870. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.537

Issue

Section

Articles

Citation Check