Peran Budaya Pesantren dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Santri di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mustafid
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.537Keywords:
Budaya Pesantren, Kecerdasan Intrapersonal, SantriAbstract
Penyesuaian diri dengan kebudayaan yang ada di pondok Pesantren Tarbiyatul Mustafid hingga santri terbiasa dari awal masuk sampai selesai adalah proses yang harus diselesaikan oleh santri, agar melahirkan santri yang berkualitas baik pemikiran dan prilakunya. Tujuan dari penelitan ini untuk mengetahui peran budaya pesantren dalam mengembangkan kecerdasan Intrapersonal Santri pada Pondok Pesantren Tarbiyatul Mustafid. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif memperoleh data primer melalui wawancara dan observasi. Model pemeriksaan informasi menggunakan Prosedur Investigasi Subjektif cek. Budaya pondok pesantren Tarbiyatul Mustafid bisa mengembangkan kecerdasan Intrapersonal santri, terlihat dari kemadirian, kebersamaan, tanggung jawab dan motivasi santri, terbukti dari sejak awal berdiri tahun dua ribu lima belas sampai dua ribu dua puluh dua Pondok Pesantren Tarbiyatul Mustafid sudah melahirkan lima belas Hafiz Al-Qur’an.
Downloads
References
Abidin, A. M. (2019). Peran Pengasuh Panti Asuhan Membentuk Karakter Disiplin dalam Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Anak. An-Nisa, 11(1), 354–363. https://doi.org/10.30863/an.v11i1.302
Anuuri, A. (2017). Panduan Tahsin Tilawah AL-Qur’an dan Ilmu Tajwid. Pustaka Al-Kautsar.
Aqib, Z. (2014). Ikhtisar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yrama Widia.
Arifin, Z. (2014). Budaya Pesantren Dalam Membangun Karakter Santri. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 5(2), 40–51.
Armstrong, T. (2013). Multiple Intellegences in The Classroom Third Edition Penerjemah: Dyah Widya Prabaningrum (1st ed.).
Fahrurrozi, F. (2016). Budaya Pesantren Di Pulau Seribu Masjid, Lombok. KARSA: Jurnal Sosial Dan Budaya Keislaman, 23(2), 325. https://doi.org/10.19105/karsa.v23i2.730
Firdausi, F., & Hidayah, A. (2019). Kecerdasan Intrapersonal Dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Santri Mahasiswa Dalam Menghafal Al-Qur’an. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 19(1), 43. https://doi.org/10.14421/qh.2018.1901-03
Fitri Rahmawati, R. (2016). Konseling Budaya Pesantren (Studi Deskriptif Terhadap Pelayanan Bimbingan Konseling Bagi Santri Baru). KONSELING RELIGI Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 7(1), 61. https://doi.org/10.21043/kr.v7i1.1359
Maitrianti, C. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Intrapersonal Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 291–305.
Salsabilla, S., & Ashif Az Zafi. (2020). Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 35–42.
Suarca, K., Soetjiningsih, S., & Ardjana, IGA. E. (2016). Kecerdasan Majemuk pada Anak. Sari Pediatri, 7(2), 85. https://doi.org/10.14238/sp7.2.2005.85-92
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R & D. Bandung: IKAPI.
Observasi, (2023).
Washil, S. (2022). Mentradisikan Nilai-Nilai Budaya Pesantren (Panca Jiwa Pesantren) Dalam Kehidupan Bermasyarakat. Islamic Akademica, 1, 54–64.
Wawancara. (2023a). Kepala Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.
Wawancara. (2023b). Pimpinan Pondok Pesantren.
Wawancara. (2023c). Santri.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Kamaluddin Kamaluddin, Syamsul Arifin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).