Tracer Study Alumni Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.536Abstract
Penelitian ini berjudul tracer study alumni PG PAUD di Universitas Bengkulu. Latar belakang penelitian ini adalah kesulitan data saat akreditasi program studi tentang profil lulusan. Kualitas program studi ditentukan dengan keterserapan alumni di dunia kerja dalam mencapai indikator kinerja utama. Indikator kinerja utama perguruan tinggi satu, yaitu; lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak dengan demikian pentingnya dilakukan pelacakan alumni untuk mengetahui hal tersebut. Tujuan penelitian ini, yaitu; mengetahui kesesuaian alumni dengan pekerjaan, masa tunggu dan gaji. Metode penelitian ini adalah kuntitatif deskriptif menggunakan teknik survey. Populasi alumni dua ribu dua puluh hingga dua ribu dua puluh dua. Pengambilan sampel secara acak dua puluh sembilan orang alumni yang mengisi kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan hasil tracer study dapat disimpulkan bahwa alumni PG PAUD UNIB dengan masa kerja kurang dari tiga tahun mampu mendapatkan pekerjaan sesuai program studi tetapi belum memperoleh penghasilan yang layak
Downloads
References
Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi, “Buku Indikator Kinerja Utama perguruan Tinggi Negeri,” Direktorat jenderal Pendidik. Tinggi, 2020.
D. Intan Kemala Sari, “PROFIL KOMPETENSI DAN DAYA SAING LULUSAN STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA: STUDI PELACAKAN LULUSAN SEBAGAI BAGIAN DARI UPAYA PENINGKATAN MUTU PERGURUAN TINGGI SWASTA DI ACEH,” vol. 10, no. 1, pp. 430–439, 2018.
D. Siti Zulaiha, “Tracer Study: Study Rekam Jejak dan Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Lulusan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup,” J. Econ. Financ. Educ., vol. 28, no. 4, pp. 51–81, 2019, doi: 10.29240/jpd.v5i1.
Sugiyono, “Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1,” Metod. Penelit. dan Pengemb. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, no. 2015, 2015.
N. Dhieni, “Studi Penelusuran Lulusan Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini,” Perspekt. Ilmu Pendidik., vol. 17, no. IX, pp. 83–89, 2008, doi: 10.21009/pip.171.9.
A. Hafiz, “Kepuasan Pengguna Lulusan Alumni Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Stain Gajah Putih Takengon,” J. As-Salam, vol. 5, no. 1, pp. 43–52, 2021, doi: 10.37249/assalam.v5i1.245.
N. Anis Afia, A. Chandra, and R. Wahyu Pusari, “Studi Penelusuran Alumni S1 FIP Prodi PG Pendidikan Anak Usia Dini Universitas PGRI Semarang,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 2, pp. 31–41, 2022, doi: 10.37985/murhum.v3i2.73.
Z. A. Syam, R. S. Sauri, and R. N. Indah, “STRATEGI PENNGKATAN MUTU LULUSAN PRODI PAUD MELALUI PELAKSANAAN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL DI UNIVERSITAS ISLAM NUSANTARA.,” pp. 161–170.
Kemendikbud, “Buku Panduan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri,” in Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2020.
PKKMB_Sakera, “8 Indikator Kinerja Utama untuk Perguruan Tinggi,” Trunojoyo, 2021.
J. T. Pentang et al., “Tracer Study of Teacher Education Graduates of Western Philippines University - Puerto Princesa Campus: Basis for Curriculum Review and Revision,” Int. J. Multidiscip. Appl. Bus. Educ. Res., vol. 3, no. 3, pp. 419–432, 2022, doi: 10.11594/ijmaber.03.03.12.
E. E. C. Cornillez Jr., S. R. T. Caminoc, B. R. Basas, B. T. Militante Jr., and R. R. Paler, “Tracer Study of Teacher Education Graduates of the Eastern Visayas State University-Tanauan Campus, Philippines,” Eur. J. Educ. Pedagog., vol. 2, no. 3, pp. 186–193, 2021, doi: 10.24018/ejedu.2021.2.3.143.
Sukamto, Ervina Eka Subekti, Fajar Cahyadi, and Wawan Priyanto, “Studi Penelusuran (Tracer Study) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Tahun Lulus 2015-2019,” Inventa, vol. 5, no. 2, pp. 220–236, 2021, doi: 10.36456/inventa.5.2.a4322.
D. Eliza, A. Husna, N. Utami, and Y. D. Putri, “Studi Deskriptif Profesionalisme Guru PAUD Berdasarkan Prinsip-Prinsip Profesional Guru pada Undang-Undang No. 14 Tahun 2005,” J. Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 4663–4671, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2837.
A. Sunarso and B. Harits, “Tracing Study Relevansi Kompetensi Output dengan Tuntutan Kerja dan Kebutuhan Pasar Kerja,” Edukasi, vol. 14, no. 2, pp. 136–144, 2020, doi: 10.15294/edukasi.v14i2.27471.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Septi Fitriana, Melia Eka Daryati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).