Tracer Study Alumni Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Septi Fitriana Universitas Bengkulu, Indonesia
  • Melia Eka Daryati Universitas Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.536

Abstract

Penelitian ini berjudul tracer study alumni PG PAUD di Universitas Bengkulu. Latar belakang penelitian ini adalah kesulitan data saat akreditasi program studi tentang profil lulusan. Kualitas program studi ditentukan dengan keterserapan alumni di dunia kerja dalam mencapai indikator kinerja utama. Indikator kinerja utama perguruan tinggi 1, yaitu; lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak dengan demikian pentingnya dilakukan pelacakan alumni untuk mengetahui hal tersebut. Tujuan penelitian ini, yaitu; mengetahui kesesuaian alumni dengan pekerjaan, masa tunggu dan gaji. Metode penelitian ini adalah kuntitatif deskriptif menggunakan teknik survey. Populasi alumni 2020-2022. Pengambilan sampel secara acak 29 orang alumni yang mengisi kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata alumni bekerja sesuai program studi 86,2%, masa tunggu alumni dalam bekerja kurang dari satu tahun, yaitu; 89,7%, sedangkan pendapatan dibawah UMR sebesar 86,2%. Berdasarkan hasil tracer study dapat disimpulkan bahwa alumni PG PAUD UNIB dengan masa kerja kurang dari tiga tahun mampu mendapatkan pekerjaan sesuai program studi tetapi belum memperoleh penghasilan yang layak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi, “Buku Indikator Kinerja Utama perguruan Tinggi Negeri,” Direktorat jenderal Pendidik. Tinggi, 2020.

D. Intan Kemala Sari, “PROFIL KOMPETENSI DAN DAYA SAING LULUSAN STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA: STUDI PELACAKAN LULUSAN SEBAGAI BAGIAN DARI UPAYA PENINGKATAN MUTU PERGURUAN TINGGI SWASTA DI ACEH,” vol. 10, no. 1, pp. 430–439, 2018.

D. Siti Zulaiha, “Tracer Study: Study Rekam Jejak dan Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Lulusan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup,” J. Econ. Financ. Educ., vol. 28, no. 4, pp. 51–81, 2019, doi: 10.29240/jpd.v5i1.

Sugiyono, “Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1,” Metod. Penelit. dan Pengemb. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, no. 2015, 2015.

N. Dhieni, “Studi Penelusuran Lulusan Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini,” Perspekt. Ilmu Pendidik., vol. 17, no. IX, pp. 83–89, 2008, doi: 10.21009/pip.171.9.

A. Hafiz, “Kepuasan Pengguna Lulusan Alumni Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Stain Gajah Putih Takengon,” J. As-Salam, vol. 5, no. 1, pp. 43–52, 2021, doi: 10.37249/assalam.v5i1.245.

N. Anis Afia, A. Chandra, and R. Wahyu Pusari, “Studi Penelusuran Alumni S1 FIP Prodi PG Pendidikan Anak Usia Dini Universitas PGRI Semarang,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 2, pp. 31–41, 2022, doi: 10.37985/murhum.v3i2.73.

Z. A. Syam, R. S. Sauri, and R. N. Indah, “STRATEGI PENNGKATAN MUTU LULUSAN PRODI PAUD MELALUI PELAKSANAAN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL DI UNIVERSITAS ISLAM NUSANTARA.,” pp. 161–170.

Kemendikbud, “Buku Panduan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri,” in Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2020.

PKKMB_Sakera, “8 Indikator Kinerja Utama untuk Perguruan Tinggi,” Trunojoyo, 2021.

J. T. Pentang et al., “Tracer Study of Teacher Education Graduates of Western Philippines University - Puerto Princesa Campus: Basis for Curriculum Review and Revision,” Int. J. Multidiscip. Appl. Bus. Educ. Res., vol. 3, no. 3, pp. 419–432, 2022, doi: 10.11594/ijmaber.03.03.12.

E. E. C. Cornillez Jr., S. R. T. Caminoc, B. R. Basas, B. T. Militante Jr., and R. R. Paler, “Tracer Study of Teacher Education Graduates of the Eastern Visayas State University-Tanauan Campus, Philippines,” Eur. J. Educ. Pedagog., vol. 2, no. 3, pp. 186–193, 2021, doi: 10.24018/ejedu.2021.2.3.143.

Sukamto, Ervina Eka Subekti, Fajar Cahyadi, and Wawan Priyanto, “Studi Penelusuran (Tracer Study) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Tahun Lulus 2015-2019,” Inventa, vol. 5, no. 2, pp. 220–236, 2021, doi: 10.36456/inventa.5.2.a4322.

D. Eliza, A. Husna, N. Utami, and Y. D. Putri, “Studi Deskriptif Profesionalisme Guru PAUD Berdasarkan Prinsip-Prinsip Profesional Guru pada Undang-Undang No. 14 Tahun 2005,” J. Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 4663–4671, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2837.

A. Sunarso and B. Harits, “Tracing Study Relevansi Kompetensi Output dengan Tuntutan Kerja dan Kebutuhan Pasar Kerja,” Edukasi, vol. 14, no. 2, pp. 136–144, 2020, doi: 10.15294/edukasi.v14i2.27471.

Downloads

Published

2024-02-04

How to Cite

Fitriana, S., & Daryati, M. E. (2024). Tracer Study Alumni Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini . Journal of Education Research, 5(1), 340–345. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.536

Issue

Section

Articles

Citation Check