Penggunaan Metode Audiolingual dalam Maharah Istima' di Madrasah Tsanawiyah Al-Kahfi Hidayatullah Surakarta

Authors

  • Shalahudin Yusuf Al-Ayubi Sekolah Tinggi Islam Al-Mukmin (STIM) Surakarta, Indonesia
  • Sudarmadi Putra Sekolah Tinggi Islam Al-Mukmin (STIM) Surakarta, Indonesia
  • Sabil Mokodenseho Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Kotamobagu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.530

Keywords:

Metode Audiolingual, Keterampilan Mendengarkan, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Metode audiolingual merupakan satu metode dalam pembelajaran bahasa asing yang menitikberatkan pada keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Sementara maharah istima' atau kemampuan menyimak adalah salah satu dari empat kemampuan bahasa dalam bahasa Arab. Maharah istima bertujuan untuk melatih kemampuan dasar manusia dalam mendengarkan bahasa terutama dalam bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan, langkah-langkah, teknik, kelebihan dan kekurangan metode audiolingual dalam maharah istima' di Madrasah Tsanawiyah Al Kahfi Hidayatullah Surakarta. Jenis penelitian ini adalah studi kasus, sedangkan metode dan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Informasi dari guru bahasa Arab dan peserta didik yang terlibat langsung dalam pembelajaran maharah istima’ dijadikan data primer, sedangkan buku dan artikel jurnal dijadikan data sekunder. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: penggunaan metode audiolingual untuk kemahiran menyimak bertujuan agar siswa dapat memahami pembicaraan pembicara dengan benar dan baik tanpa merasa kesulitan; langkah-langkah penggunaan metode audiolingual meliputi penyajian teks dialog, siswa menghafal dialog, penyajian kalimat pola dialog, mendramatisir dialog, dan guru meminta siswa menyusun kalimat sesuai dengan pola kalimat dalam dialog; teknik yang digunakan dalam penggunaan metode audiolingual adalah mendengarkan dialog, menghafal dialog, mendikte, dan menghubungkan kata-kata; kelebihan metode audiolingual adalah siswa menjadi mahir dalam membentuk pola kalimat, mempunyai pengucapan yang baik dan benar, aktif berdialog, dan memperoleh pengalaman berbahasa secara langsung, sedangkan kekurangannya adalah siswa cenderung meniru karena kurang memerhatikan saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode audiolingual dalam maharah istima’ efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisyah, N., & Hendra, F. (2023). Metode Pembelajaran Audiolingual dengan Podcast untuk Meningkatkan Kemahiran Menyimak (Maharat Al-Istima’) pada Mahasiswa. Berajah Journal: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 3(3), 573–582. https://doi.org/10.47353/BJ.V3I3.265

Aprianto, A., Ritonga, M., Marlius, Y., & Nusyur, R. (2020). The Influence of Using Audio-lingual Method on Students’ Speaking Skill in Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyyah. Izdihar : Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 3(2), 147–160. https://doi.org/10.22219/jiz

Budiman, A. (2017). Behaviorism and Foreign Language Teaching Methodology. ENGLISH FRANCA : Academic Journal of English Language and Education, 1(2), 101–114. https://doi.org/10.29240/EF.V1I2.171

Effendy, A. F. (2022). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Misykat.

Fathoni, M. (2018). Pembelajaran Maharah Istima’. Jurnal Ihtimam, 1(1), 199–218. https://doi.org/10.36668/jih.v1i1.162

Ghazali, S. (2010). Pembelajaran Keterampila Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. PT. Refika Aditama.

Hanani, N. (2018). الطريقة السمعية الشفوية Audiolingual في تعليم اللغة العربية وتطبيقها. Asalibuna, 2(2), 107–114. https://doi.org/10.30762/ASA.V2I2.1132

Herawati, N. (2012). Audio-Lingual Method as Method in Improving Speaking Ability of Second Semester of English Department Students of Unrika. Jurnal Dimensi, 1(3). https://doi.org/10.33373/DMS.V1I3.174

Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Remaja Rosda Karya Ofset.

Hidayati, K. H. (2016). Using Audio Lingual Method to Improve Students Pronunciation Ability of Darul Mahdiah Private School. ELLITE: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 1(1), 25–34.

Iskandarwassid, I., & Sunendar, D. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Remaja Rosdakarya.

Janah, M., & Nashoih, A. K. (2020). Effectiveness of Al-Thariqah Al-Intiqaiyyah in Improving Arabic Learning Outcomes for Islamic Senior High School Students. Izdihar : Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 2(3), 201–216. https://doi.org/10.22219/JIZ.V2I3.10108

Kakunta, K., & Kamanga, W. (2020). Microteaching: Audio-lingual Method. Journal Educational Verkenning, 1(1), 25–30. https://doi.org/10.48173/JEV.V1I1.27

Maaliah, E., Widodo, H., & Aziz, Y. (2017). Using Audio-Lingual Method to Improve the Students’ Speaking Skill. Jurnal Bahasa Inggris Terapan, 3(1), 45–59. https://doi.org/10.35313/JBIT.V3I1.1278

Mei, Y. (2018). Comments on the Audiolingual Method. International Journal of Arts and Commerce, 7(4).

Merriam, S. B. (2009). Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. Jossey-Bass Inc.

Morgan, H. (2022). Conducting a Qualitative Document Analysis. The Qualitative Report. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2022.5044

Mufida, C. M. S. (2022). Penggunaan Metode Audiolingual dalam Maharah Istima’ di MTs. KH. Hasyim Asy’ari Malang. Qismul Arab: Journal of Arabic Education, 1(2), 16–29. https://doi.org/10.1234/QISMULARAB.V1I02.9

Munasib, M. (2017). Metode Audio Lingual (Audio-Lingual Method) dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Tarling : Journal of Language Education, 1(1), 77–90. https://doi.org/10.24090/TARLING.V1I1.1123

Nassaji, H. (2015). Qualitative and descriptive research: Data type versus data analysis. Language Teaching Research, 19(2), 129–132. https://doi.org/10.1177/1362168815572747

Parera, J. D. (1997). Linguistik Edukasional. Erlangga.

Purwanto, N. (2004). Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis. Rosda Karya.

Rahman, H., Sakkir, G., Khalik, S., & hermansyah, S. (2021). Audio-Lingual Method To Improve Students’s Speaking Skill At SMP Negeri 1 Baranti. La Ogi : English Language Journal, 7(1), 31–40. https://doi.org/10.55678/LOJ.V6I1.215

Reimann, A. (2018). Behaviorist Learning Theory. The TESOL Encyclopedia of English Language Teaching, 1–6. https://doi.org/10.1002/9781118784235.EELT0155

Saputra, H., Hilmi, D., & syukran, S. (2023). The Use of Tiktok Based on Audiolingual Method in Arabic Learning at an Islamic Junior High School in Indonesia. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 11(1), 13–24. https://doi.org/10.23971/ALTARIB.V11I1.5274

Suja’i, S. (2008). Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab. Walisongo Press.

Tarigan, H. G. (1991). Metodologi Pengajaran Bahasa. Angkasa.

Downloads

Published

2023-11-21

How to Cite

Yusuf Al-Ayubi, S., Sudarmadi Putra, & Mokodenseho, S. (2023). Penggunaan Metode Audiolingual dalam Maharah Istima’ di Madrasah Tsanawiyah Al-Kahfi Hidayatullah Surakarta. Journal of Education Research, 4(4), 1839–1845. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.530

Issue

Section

Articles

Citation Check