Penggunaan Metode Audiolingual dalam Maharah Istima' di Madrasah Tsanawiyah Al-Kahfi Hidayatullah Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.530Keywords:
Metode Audiolingual, Keterampilan Mendengarkan, Pembelajaran Bahasa ArabAbstract
Metode audiolingual merupakan satu metode dalam pembelajaran bahasa asing yang menitikberatkan pada keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Sementara maharah istima' atau kemampuan menyimak adalah salah satu dari empat kemampuan bahasa dalam bahasa Arab. Maharah istima bertujuan untuk melatih kemampuan dasar manusia dalam mendengarkan bahasa terutama dalam bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan, langkah-langkah, teknik, kelebihan dan kekurangan metode audiolingual dalam maharah istima' di Madrasah Tsanawiyah Al Kahfi Hidayatullah Surakarta. Jenis penelitian ini adalah studi kasus, sedangkan metode dan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Informasi dari guru bahasa Arab dan peserta didik yang terlibat langsung dalam pembelajaran maharah istima’ dijadikan data primer, sedangkan buku dan artikel jurnal dijadikan data sekunder. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: penggunaan metode audiolingual untuk kemahiran menyimak bertujuan agar siswa dapat memahami pembicaraan pembicara dengan benar dan baik tanpa merasa kesulitan; langkah-langkah penggunaan metode audiolingual meliputi penyajian teks dialog, siswa menghafal dialog, penyajian kalimat pola dialog, mendramatisir dialog, dan guru meminta siswa menyusun kalimat sesuai dengan pola kalimat dalam dialog; teknik yang digunakan dalam penggunaan metode audiolingual adalah mendengarkan dialog, menghafal dialog, mendikte, dan menghubungkan kata-kata; kelebihan metode audiolingual adalah siswa menjadi mahir dalam membentuk pola kalimat, mempunyai pengucapan yang baik dan benar, aktif berdialog, dan memperoleh pengalaman berbahasa secara langsung, sedangkan kekurangannya adalah siswa cenderung meniru karena kurang memerhatikan saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode audiolingual dalam maharah istima’ efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab.
Downloads
References
Anisyah, N., & Hendra, F. (2023). Metode Pembelajaran Audiolingual dengan Podcast untuk Meningkatkan Kemahiran Menyimak (Maharat Al-Istima’) pada Mahasiswa. Berajah Journal: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 3(3), 573–582. https://doi.org/10.47353/BJ.V3I3.265
Aprianto, A., Ritonga, M., Marlius, Y., & Nusyur, R. (2020). The Influence of Using Audio-lingual Method on Students’ Speaking Skill in Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyyah. Izdihar : Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 3(2), 147–160. https://doi.org/10.22219/jiz
Budiman, A. (2017). Behaviorism and Foreign Language Teaching Methodology. ENGLISH FRANCA : Academic Journal of English Language and Education, 1(2), 101–114. https://doi.org/10.29240/EF.V1I2.171
Effendy, A. F. (2022). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Misykat.
Fathoni, M. (2018). Pembelajaran Maharah Istima’. Jurnal Ihtimam, 1(1), 199–218. https://doi.org/10.36668/jih.v1i1.162
Ghazali, S. (2010). Pembelajaran Keterampila Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. PT. Refika Aditama.
Hanani, N. (2018). الطريقة السمعية الشفوية Audiolingual في تعليم اللغة العربية وتطبيقها. Asalibuna, 2(2), 107–114. https://doi.org/10.30762/ASA.V2I2.1132
Herawati, N. (2012). Audio-Lingual Method as Method in Improving Speaking Ability of Second Semester of English Department Students of Unrika. Jurnal Dimensi, 1(3). https://doi.org/10.33373/DMS.V1I3.174
Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Remaja Rosda Karya Ofset.
Hidayati, K. H. (2016). Using Audio Lingual Method to Improve Students Pronunciation Ability of Darul Mahdiah Private School. ELLITE: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 1(1), 25–34.
Iskandarwassid, I., & Sunendar, D. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Remaja Rosdakarya.
Janah, M., & Nashoih, A. K. (2020). Effectiveness of Al-Thariqah Al-Intiqaiyyah in Improving Arabic Learning Outcomes for Islamic Senior High School Students. Izdihar : Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 2(3), 201–216. https://doi.org/10.22219/JIZ.V2I3.10108
Kakunta, K., & Kamanga, W. (2020). Microteaching: Audio-lingual Method. Journal Educational Verkenning, 1(1), 25–30. https://doi.org/10.48173/JEV.V1I1.27
Maaliah, E., Widodo, H., & Aziz, Y. (2017). Using Audio-Lingual Method to Improve the Students’ Speaking Skill. Jurnal Bahasa Inggris Terapan, 3(1), 45–59. https://doi.org/10.35313/JBIT.V3I1.1278
Mei, Y. (2018). Comments on the Audiolingual Method. International Journal of Arts and Commerce, 7(4).
Merriam, S. B. (2009). Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. Jossey-Bass Inc.
Morgan, H. (2022). Conducting a Qualitative Document Analysis. The Qualitative Report. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2022.5044
Mufida, C. M. S. (2022). Penggunaan Metode Audiolingual dalam Maharah Istima’ di MTs. KH. Hasyim Asy’ari Malang. Qismul Arab: Journal of Arabic Education, 1(2), 16–29. https://doi.org/10.1234/QISMULARAB.V1I02.9
Munasib, M. (2017). Metode Audio Lingual (Audio-Lingual Method) dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Tarling : Journal of Language Education, 1(1), 77–90. https://doi.org/10.24090/TARLING.V1I1.1123
Nassaji, H. (2015). Qualitative and descriptive research: Data type versus data analysis. Language Teaching Research, 19(2), 129–132. https://doi.org/10.1177/1362168815572747
Parera, J. D. (1997). Linguistik Edukasional. Erlangga.
Purwanto, N. (2004). Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis. Rosda Karya.
Rahman, H., Sakkir, G., Khalik, S., & hermansyah, S. (2021). Audio-Lingual Method To Improve Students’s Speaking Skill At SMP Negeri 1 Baranti. La Ogi : English Language Journal, 7(1), 31–40. https://doi.org/10.55678/LOJ.V6I1.215
Reimann, A. (2018). Behaviorist Learning Theory. The TESOL Encyclopedia of English Language Teaching, 1–6. https://doi.org/10.1002/9781118784235.EELT0155
Saputra, H., Hilmi, D., & syukran, S. (2023). The Use of Tiktok Based on Audiolingual Method in Arabic Learning at an Islamic Junior High School in Indonesia. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 11(1), 13–24. https://doi.org/10.23971/ALTARIB.V11I1.5274
Suja’i, S. (2008). Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab. Walisongo Press.
Tarigan, H. G. (1991). Metodologi Pengajaran Bahasa. Angkasa.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Shalahudin Yusuf Al-Ayubi, Sudarmadi Putra, Sabil Mokodenseho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).