Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction pada Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 3 Tondano Kelas VIII pada Materi Teorema Pythagoras

Authors

  • Windy Endaninta Universitas Negeri Manado
  • Anekke Pesik Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.515

Keywords:

Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran ATI, Teorema Pythagoras

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah rata – rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Aptitude Treatment Interaction lebih baik dari pada yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri tiga Tondano yang berjumlah tiga puluh orang yaitu lima belas siswa kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan lima belas siswa kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes awal atau Pre-test dan tes akhir atau Post-test. Teknik analisis data mengumpulkan uji prasyarat atau uji normalitas dan uji homogenitas dan uji hipotesis. Dan hasil penelitian ada pengaruh antara model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction pada hasil belajar siswa SMP Negeri tiga Tondano kelas VIII pada materi Teorema Pythagoras.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, Z., & Risnawati. (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Asjawa Pressindo.

Arikunto.(2013). Prosedur Penelian.Cet.15 .Jakarta :RinekaCipta.

Astleitner, Herman.(2006). An Aptitude-Treatment-Interaction-Approach on Motivation and Student’s Self Regulated Multimedia-Based Learning. Interactive Educational Multimedia. No. 13, pp. 11-23.

Beruntu, M. H., & Tambunan, M. I. (2018). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109-116.

Dazrullisa.(2016). Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam Meningkatkan Kreativitas dan Motivasi:Matematika Jurnal (Online), Vol 3,No.2:12-21.

Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan (2010). Model – Model Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Kunandar. (2013). Penilaian Auntentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktik Disertai Dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Press.

Nurdin, S. (2005). Model Pembelajaran Yang Memperhatikan Keragaman Individu Siswa Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Quantum Teaching.

Nurul Setiani. (2013). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI). Jurnal Pendidkan UNS. Vol.1 No.2.

Ovy Nuraini. (2016). MUST: journal of mathematics education, Science and Thecnology.Vol.1,No.1.

Rusman. (2018). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suardi, E. (2010). Sistem dan Tujuan Pendidikan. Bandung: Angkasa

Sudjana, N. (2012). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sudjana. (2013). Metode Statistika.Cet1. Bandung : Tarsito

Sugiyono.(2010). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

Endaninta, W., & Pesik, A. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction pada Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 3 Tondano Kelas VIII pada Materi Teorema Pythagoras. Journal of Education Research, 4(4), 1858–1862. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.515

Issue

Section

Articles