Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction pada Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 3 Tondano Kelas VIII pada Materi Teorema Pythagoras
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.515Keywords:
Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran ATI, Teorema PythagorasAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah rata – rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Aptitude Treatment Interaction lebih baik dari pada yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri tiga Tondano yang berjumlah tiga puluh orang yaitu lima belas siswa kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan lima belas siswa kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes awal atau Pre-test dan tes akhir atau Post-test. Teknik analisis data mengumpulkan uji prasyarat atau uji normalitas dan uji homogenitas dan uji hipotesis. Dan hasil penelitian ada pengaruh antara model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction pada hasil belajar siswa SMP Negeri tiga Tondano kelas VIII pada materi Teorema Pythagoras.
Downloads
References
Amir, Z., & Risnawati. (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Asjawa Pressindo.
Arikunto.(2013). Prosedur Penelian.Cet.15 .Jakarta :RinekaCipta.
Astleitner, Herman.(2006). An Aptitude-Treatment-Interaction-Approach on Motivation and Student’s Self Regulated Multimedia-Based Learning. Interactive Educational Multimedia. No. 13, pp. 11-23.
Beruntu, M. H., & Tambunan, M. I. (2018). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109-116.
Dazrullisa.(2016). Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam Meningkatkan Kreativitas dan Motivasi:Matematika Jurnal (Online), Vol 3,No.2:12-21.
Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan (2010). Model – Model Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Kunandar. (2013). Penilaian Auntentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktik Disertai Dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Press.
Nurdin, S. (2005). Model Pembelajaran Yang Memperhatikan Keragaman Individu Siswa Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Quantum Teaching.
Nurul Setiani. (2013). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI). Jurnal Pendidkan UNS. Vol.1 No.2.
Ovy Nuraini. (2016). MUST: journal of mathematics education, Science and Thecnology.Vol.1,No.1.
Rusman. (2018). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suardi, E. (2010). Sistem dan Tujuan Pendidikan. Bandung: Angkasa
Sudjana, N. (2012). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sudjana. (2013). Metode Statistika.Cet1. Bandung : Tarsito
Sugiyono.(2010). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Windy Endaninta, Anekke Pesik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).