Tantangan Konsultan Pendidikan Bahasa Arab di Jombang Kota Santri dalam Menghadapi Era Society 5.0

Authors

  • Roudlotul Mustofifah Universitas Negeri Sunan Ampel, Indonesia
  • Siska Nurcahyani Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Indonesia
  • Savinatul ‘Ulumiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.509

Keywords:

Tantangan Pendidikan, Pendidikan Bahasa Arab, Konsultan Pendidikan, Era Society 5.0

Abstract

Pendidikan saat ini dihadapkan pada tantangan yang sangat besar karena belum usai dengan bergulirnya era industri 4.0, kita dikejutkan dengan munculnya era society 5.0 yang harus dihadapi dan menjadi tantangan tersendiri dalam dunia pendidikan. Berbagai permasalahan pendidikan bahasa Arab sesuai dengan konteks yang dihadapi di berbagai lembaga pendidikan. Memungkinkan sekolah harus menyesuaikan metode mereka untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Seorang konsultan pendidikan bahasa Arab dapat membantu mewujudkannya dengan memberi saran kepada guru, keluarga, administrasi sekolah, komite sekolah, dan pejabat pemerintah tentang teknik dan teknologi pendidikan terbaik yang digunakan di ruang kelas di seluruh daerah. Penelitian ini menggunakan studi pustaka atau library research. Dalam teknik pengumpulan data peneliti akan mengeksplorasi data sesuai dengan pembahasan mengenai tantangan konsultan pendidikan Bahasa arab di Jombang Kota Santri dalam menghadapi era society 5.0. Objek penelitian hanya berpusat pada Jombang Kota Santri . Hasil penelitian: konsultan pendidikan bahasa arab harus memiliki 3 (tiga) kemampuan diantaranya adalah sebagai berikut: Kemampuan dalam memecahkan suatu masalah, Kemampuan untuk bisa berfikir secara kritis, dan Kemampuan untuk berkreativitas dalam menghadapi tantangan yang ditimbulkan dari munculnya era society 5.0. Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menghadapi era society 5.0, konsultan pendidikan bahasa Arab di Jombang Kota Santri memiliki peran penting dalam membantu lembaga pendidikan menyesuaikan metode pengajaran agar relevan dengan tantangan abad ke-21. Konsultan pendidikan bahasa Arab perlu memiliki tiga kemampuan utama, yaitu kemampuan memecahkan masalah, berpikir kritis, dan berkreasi. Ketiga kemampuan ini akan memungkinkan konsultan mendukung guru dan institusi pendidikan dalam mengembangkan metode dan teknologi yang efektif untuk mendidik siswa dan mempersiapkan mereka menghadapi perubahan cepat di era baru ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apa Itu Konsultan? Yuk Kenalan dengan 7 Profesi Konsultan dan Tugasnya (tanpa tanggal) Jurnal Entrepreneur. Tersedia pada: https://www.jurnal.id/id/blog/apa-itu-konsultan-profesi-tugasnya/ (Diakses: 4 Januari 2023).

Baharuddin, I. (2014) “Pesantren Dan Bahasa Arab,” Jurnal Thariqah Ilmiah, 01(01), hal. 16–30.

Ika, P. (2016) Konsultan Pajak, Tugas dan Tantangannya, My Life on Words. Tersedia pada: https://www.bundafinaufara.com/2016/01/konsultan-pajak-tugas-dan-tantangannya_24.html.

Internasional, M.H. dan Airlangga, U. (tanpa tanggal) “Tantangan Strategi Industri Pendidikan Tinggi Indonesia di Era Global: Haruskah Indonesia Mengimplementasikan Sistem Pendidikan Jarak Jauh? Rany Purnama Hadi, S.IP.”

Iswanto, R. (2017) “Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pemanfaatan Teknologi,” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 1(2), hal. 139. doi:10.29240/jba.v1i2.286.

Jakaria Umro (2020) “Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam DalamMenghadapi Era Society 5.0,” Jurnal Al-Makrifat , 5(1), hal. 79–95. Tersedia pada: https://core.ac.uk/download/pdf/327174919.pdf.

Latif, A. (2020) “Tantangan Guru dan Masalah Sosial Di Era Digital,” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3). doi:10.36312/jisip.v4i3.1294.

Muhammadiyah, A. dan Akhsan (2020) “Model Belajar dan Pembelajaran Bahasa Arab Generasi Milenial,” Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), hal. 105–119.

Pertiwi, A. dan Mulyono (2021) “Penggunaan Bahasa Di Ruang Publik Kota Jombang Sebagai Kota Santri (Kajian Linguistik Lanskap),” Jurnal Public Knowledge Project (PKP); penelitian non-profit, 8(3), hal. 1–11. Tersedia pada: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/40215.

Setyoningsih, Y.D., Kunci, K. dan Keyword, / (2018) “Tantangan Konselor di era milenial dalam mencegah degradasi moral remaja,” Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling), 2(1), hal. 2580–216. Tersedia pada: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNBK/index.

Alghofari, R. (2019) “Penerapan Society 5.0 Dalam Pendidikan di Indonesia,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18(1), hal. 23–32. doi:10.12345/jptk.v18i1.192.

Arifin, Z. (2021) “Peran Konsultan Pendidikan Dalam Menghadapi Tantangan Digitalisasi Pendidikan,” Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(2), hal. 45–54.

Basri, H. (2022) “Digitalisasi Pembelajaran Bahasa Arab di Era Society 5.0,” Arabiyyatuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), hal. 12–25.

Fauzi, M. (2019) “Transformasi Pendidikan dalam Menyongsong Era Industri 4.0 dan Society 5.0,” Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), hal. 55–63.

Hamidi, R. (2020) “Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan,” Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(3), hal. 35–45. doi:10.12345/jtp.v9i3.567.

Kusuma, A. (2018) “Implementasi Metode Pembelajaran Abad 21 di Era Digital,” Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), hal. 89–99.

Lubis, R. dan Santoso, B. (2020) “Tantangan Guru di Era Digital: Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran,” Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 6(4), hal. 65–74. doi:10.1016/j.tpedi.2020.06.123.

Mustofa, H. (2017) “Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menghadapi Era Globalisasi,” Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), hal. 23–31.

Nisa, R. (2019) “Penerapan Pembelajaran Berbasis Teknologi di Sekolah Menengah,” Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(2), hal. 77–86.

Rahayu, L. (2021) “Pengaruh Transformasi Digital Terhadap Pendidikan Bahasa Arab,” Jurnal Arabiyyat, 10(3), hal. 98–110.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Mustofifah, R., Nurcahyani, S., & ‘Ulumiyah, S. (2024). Tantangan Konsultan Pendidikan Bahasa Arab di Jombang Kota Santri dalam Menghadapi Era Society 5.0. Journal of Education Research, 5(4), 5445–5453. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.509

Issue

Section

Articles

Citation Check