Kajian Literature : Pengaruh Bullying terhadap Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Ilma Fauziana Fariz Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Aprian Darmayanti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Cucu Atikah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.506

Keywords:

Siswa, Bullying, Prestasi Belajar

Abstract

Bullying adalah perilaku menyimpang yang kerap terjadi secara sadar maupun tidak sadar. Maraknya tindakkan bullying yang terjadi di sekolah menunjukkan betapa memprihatinkan kondisi pendidikan di Indonesia saat ini. Dengan dilakukannya penelitian ini, penulis bertujuan untuk menunjukkan adakah pengaruh bullying terhadap prestasi belajar siswa. Metode yang dilakukan adalah kajian literatur berdasarkan jurnal-jurnal penelitian yang relevan dengan pengaruh bullying terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisa yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa tindakan bullying memiliki dampak negatif terhadap hasil pencapaian siswa. Oleh karena itu, seluruh tenaga pendidik harus bekerja sama dengan orang tua siswa untuk memberikan pengarahan dan pengawasan agar tindakan bullying tidak menjadi lagi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahiruddin, Rasyid, H., & Prasetyo, R. D. (2023). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok pada Perilaku Korban Perundungan di SMK Negeri 1 Bogor. Journal on Education.

Ahmed, M., Hussain, I., Ahmed, S., & Tabassum, R. (2012). Journal of Education and Practice www.iiste.org ISSN (Vol. 3, Issue 3). Online. www.iiste.org

Al-Raqqad, H. K., Al-Bourini, E. S., Al Talahin, F. M., & Aranki, R. M. E. (2017). The Impact of School Bullying On Students’ Academic Achievement from Teachers Point of View. International Education Studies, 10(6), 44. https://doi.org/10.5539/ies.v10n6p44

Anifah, M., Munawaroh, H., & Sangadah, Z. (2023). 10 Dampak Bullying Terhadap Prestasi Peserta Didik SD/MI Kelas Tinggi : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah. In & Zumrotus Sangadah (Vol. 2, Issue 1). https://ejournal.staialamin.ac.id/index.php/pgmi

Arofah Tis, N., Psi, I. M., Tinggi Islam Sabilul Muttaqin Pungging Mojokerto, S., & Dewi Andani MPd, F. (2023). PENGARUH PRILAKU BULLYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 6 SD/MI X DI SIDOARJO : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi. In Juni (Vol. 4, Issue 2).

Bakri, M. (2022). Analisis Dampak Bullying terhadap Minat Belajar Siswa VII SMPN Satap Mataluntun Kabupaten Luwu (Vol. 2, Issue 3). https://dmi-journals.org/deiktis/index

Daud Hasibuan, A. (2023). PENGARUH WORKSHOP ANTI PERUNDUNGAN TERHADAP KESIAPAN SISWA MENJADI DUTA ANTI PERUNDUNGAN DI SMK PUSAT KEUNGGULAN MANDIRI :Jurnal Guru Kita.

Diannita, A., Salsabela, F., Wijiati, L., Margaretha, A., & Putri, S. (n.d.). 2023, Pages 297-301 Journal of Education Research. In Journal of Education Research (Vol. 4, Issue 1).

Dijiwai, M., Religius, N.-N., Anas Zidana, N., & Handaka, I. B. (2023). PROSIDING SEMINAR ANTARBANGSA : PENGARUH CYBERBULLYING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA.

Dwipayanti, A. S., Indrawati, K. R., & Ida. (2014). Hubungan Antara Tindakan Bullying dengan Prestasi Belajar Anak Korban Bullying pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 251–260.

Edery, R. (2016). Childhood Bullying, Loneliness and Resiliency—A Critical Review of the Literature. Journal of Behavioral and Brain Science, 06(02), 81–84. https://doi.org/10.4236/jbbs.2016.62008

Kibriya, S., Xu, Z. P., & Zhang, Y. (2015). Give to AgEcon Search The impact of bullying on educational performance in Ghana: A Bias-reducing Matching The impact of bullying on educational performance in Ghana: A Bias-reducing Matching Approach, Research in Agricultural & Applied Economic. http://ageconsearch.umn.edu

Oliveira, F. R., de Menezes, T. A., Irffi, G., & Oliveira, G. R. (2018). Bullying effect on student’s performance. EconomiA, 19(1), 57–73. https://doi.org/10.1016/j.econ.2017.10.001

Putra, P., Harefa, P., & Rozali, Y. A. (2020). Nomor 1 Januari-Maret 2020 JCA Psikologi Volume 1 Nomor 1 Januari-Maret (Vol. 1). www.cdbethesda.org,

Rahman, H., Irfan, M., Andra Ningsih, D., Asri, H., Negeri Makassar, U., P Pettarani, J. A., Rappocini, K., Makassar, K., Selatan, S., Islam Ahmad Dahlan, U., Kapas No, J., & Yogyakarta, K. (2023). Analisis Dampak Perilaku Bullying terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Tingkat Madrasah Ibitidaiyah dan Sekolah Dasar. Journal on Education, 06(01).

Sianturi, R., Julianti, A. J., Indriani, Susantrisna, H., Adawiyah, R., Setyanti, S. D., & Prasetyo, M. R. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial dan Keluarga terhadap Remaja yang Mengalami Bullying. Jurnal Kesehatan, Kebidanan, Dan Keperawatan.

Singamurti, M. M., & Anggraini, N. D. (2022). PENGARUH BULLYING TERHADAP PRESTASI MAHASISWA. Jurnal Pendidikan (Vol. 7), 7.

Sitorus, E. V. (2023). PENGARUH BULLYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI 122345 PEMATANG SIANTAR INFO ARTIKEL ABSTRAK, Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (Vol. 1, Issue 3).

Yu, S., & Zhao, X. (2021). The negative impact of bullying victimization on academic literacy and social integration: Evidence from 51 countries in PISA. Social Sciences and Humanities Open, 4(1). https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100151

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Ilma Fauziana Fariz, Aprian Darmayanti, & Atikah, C. (2023). Kajian Literature : Pengaruh Bullying terhadap Prestasi Belajar Siswa . Journal of Education Research, 4(4), 1702–1707. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.506

Issue

Section

Articles

Citation Check