Kajian Literature : Pengaruh Bullying terhadap Prestasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.506Keywords:
Siswa, Bullying, Prestasi BelajarAbstract
Bullying adalah perilaku menyimpang yang kerap terjadi secara sadar maupun tidak sadar. Maraknya tindakkan bullying yang terjadi di sekolah menunjukkan betapa memprihatinkan kondisi pendidikan di Indonesia saat ini. Dengan dilakukannya penelitian ini, penulis bertujuan untuk menunjukkan adakah pengaruh bullying terhadap prestasi belajar siswa. Metode yang dilakukan adalah kajian literatur berdasarkan jurnal-jurnal penelitian yang relevan dengan pengaruh bullying terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisa yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa tindakan bullying memiliki dampak negatif terhadap hasil pencapaian siswa. Oleh karena itu, seluruh tenaga pendidik harus bekerja sama dengan orang tua siswa untuk memberikan pengarahan dan pengawasan agar tindakan bullying tidak menjadi lagi.
Downloads
References
Ahiruddin, Rasyid, H., & Prasetyo, R. D. (2023). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok pada Perilaku Korban Perundungan di SMK Negeri 1 Bogor. Journal on Education.
Ahmed, M., Hussain, I., Ahmed, S., & Tabassum, R. (2012). Journal of Education and Practice www.iiste.org ISSN (Vol. 3, Issue 3). Online. www.iiste.org
Al-Raqqad, H. K., Al-Bourini, E. S., Al Talahin, F. M., & Aranki, R. M. E. (2017). The Impact of School Bullying On Students’ Academic Achievement from Teachers Point of View. International Education Studies, 10(6), 44. https://doi.org/10.5539/ies.v10n6p44
Anifah, M., Munawaroh, H., & Sangadah, Z. (2023). 10 Dampak Bullying Terhadap Prestasi Peserta Didik SD/MI Kelas Tinggi : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah. In & Zumrotus Sangadah (Vol. 2, Issue 1). https://ejournal.staialamin.ac.id/index.php/pgmi
Arofah Tis, N., Psi, I. M., Tinggi Islam Sabilul Muttaqin Pungging Mojokerto, S., & Dewi Andani MPd, F. (2023). PENGARUH PRILAKU BULLYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 6 SD/MI X DI SIDOARJO : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi. In Juni (Vol. 4, Issue 2).
Bakri, M. (2022). Analisis Dampak Bullying terhadap Minat Belajar Siswa VII SMPN Satap Mataluntun Kabupaten Luwu (Vol. 2, Issue 3). https://dmi-journals.org/deiktis/index
Daud Hasibuan, A. (2023). PENGARUH WORKSHOP ANTI PERUNDUNGAN TERHADAP KESIAPAN SISWA MENJADI DUTA ANTI PERUNDUNGAN DI SMK PUSAT KEUNGGULAN MANDIRI :Jurnal Guru Kita.
Diannita, A., Salsabela, F., Wijiati, L., Margaretha, A., & Putri, S. (n.d.). 2023, Pages 297-301 Journal of Education Research. In Journal of Education Research (Vol. 4, Issue 1).
Dijiwai, M., Religius, N.-N., Anas Zidana, N., & Handaka, I. B. (2023). PROSIDING SEMINAR ANTARBANGSA : PENGARUH CYBERBULLYING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA.
Dwipayanti, A. S., Indrawati, K. R., & Ida. (2014). Hubungan Antara Tindakan Bullying dengan Prestasi Belajar Anak Korban Bullying pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 251–260.
Edery, R. (2016). Childhood Bullying, Loneliness and Resiliency—A Critical Review of the Literature. Journal of Behavioral and Brain Science, 06(02), 81–84. https://doi.org/10.4236/jbbs.2016.62008
Kibriya, S., Xu, Z. P., & Zhang, Y. (2015). Give to AgEcon Search The impact of bullying on educational performance in Ghana: A Bias-reducing Matching The impact of bullying on educational performance in Ghana: A Bias-reducing Matching Approach, Research in Agricultural & Applied Economic. http://ageconsearch.umn.edu
Oliveira, F. R., de Menezes, T. A., Irffi, G., & Oliveira, G. R. (2018). Bullying effect on student’s performance. EconomiA, 19(1), 57–73. https://doi.org/10.1016/j.econ.2017.10.001
Putra, P., Harefa, P., & Rozali, Y. A. (2020). Nomor 1 Januari-Maret 2020 JCA Psikologi Volume 1 Nomor 1 Januari-Maret (Vol. 1). www.cdbethesda.org,
Rahman, H., Irfan, M., Andra Ningsih, D., Asri, H., Negeri Makassar, U., P Pettarani, J. A., Rappocini, K., Makassar, K., Selatan, S., Islam Ahmad Dahlan, U., Kapas No, J., & Yogyakarta, K. (2023). Analisis Dampak Perilaku Bullying terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Tingkat Madrasah Ibitidaiyah dan Sekolah Dasar. Journal on Education, 06(01).
Sianturi, R., Julianti, A. J., Indriani, Susantrisna, H., Adawiyah, R., Setyanti, S. D., & Prasetyo, M. R. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial dan Keluarga terhadap Remaja yang Mengalami Bullying. Jurnal Kesehatan, Kebidanan, Dan Keperawatan.
Singamurti, M. M., & Anggraini, N. D. (2022). PENGARUH BULLYING TERHADAP PRESTASI MAHASISWA. Jurnal Pendidikan (Vol. 7), 7.
Sitorus, E. V. (2023). PENGARUH BULLYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI 122345 PEMATANG SIANTAR INFO ARTIKEL ABSTRAK, Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (Vol. 1, Issue 3).
Yu, S., & Zhao, X. (2021). The negative impact of bullying victimization on academic literacy and social integration: Evidence from 51 countries in PISA. Social Sciences and Humanities Open, 4(1). https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100151
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Ilma Fauziana Fariz, Aprian Darmayanti, Cucu Atikah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).