Kajian Literature : Peran Penting Konsep Komunikasi dalam Penggunaan Media dan Bahan Ajar Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.502Keywords:
Komunikasi, Media, Bahan AjarAbstract
Pendidikan dasar memerlukan pengembangan media dan bahan ajar yang efektif, dan dalam konteks ini, pemahaman konsep komunikasi memegang peran kunci. Salah satu fakor dari hal tersebut adalah konsep komunikasi dalam penggunaan media dan bahan ajar yang belum dikuasai oleh pendidik. Komunikasi adalah unsur penting dalam proses pendidikan di tingkat MI atau SD. Penelitian ini mengeksplorasi dampak positif komunikasi interaktif dalam penggunaan media dan bahan ajar di MI atau SD. Penggunaan media dan bahan ajar yang efektif memerlukan pemahaman yang mendalam terhadap konsep komunikasi. Tujuan penelitian ini menggambarkan pentingnya memahami konsep komunikasi dalam konteks penggunaan media dan bahan ajar di MI atau SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah ini menggunakan studi pustaka, yaitu pengumpulan data, untuk memahami dan mempelajari teori-teori dari berbagai literatur yang relevan. Hasil peneltiian menunjukkan bahwa komunikasi yang interaktif dalam penggunaan media dan bahan ajar di MI atau SD membawa sejumlah dampak positif, diantaranya: Pemahaman yang lebih baik, Penggunaan media yang efektif, Keterlibatan siswa yang lebih aktif, Penggunaan teknologi yang lebih baik, Peningkatan hubungan guru-siswa, Pengembangan materi yang lebih relevan, Peningkatan retensi informasi, Peningkatan keterampilan hidup
Downloads
References
Amilia, W. (2022). Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar Peran Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Sekolah Dasar Kota Sawahlunto. 6(1). Http://E-Journal.Unp.Ac.Id/Index.Php/Jippsd
Ardiansyah, M. (2021). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif. Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi (Semnas Ristek).
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar Teori Dan Prosedur (I). Penerbit Laksita Indonesia.
Dewi Lestari, I. (2018). Peranan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technology (Ict) Di Sdn Rri Cisalak. 3(2).
El, M. M., Bali, I., & Jadid, U. N. (N.D.). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Distance Learning.
El, M. M., Bali, I., & Jadid, U. N. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Distance Learning. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(1).
Handayani, S., Masfuah, S., & Kironoratri, L. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2240–2246. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i5.770
Inah, E. N. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2).
Indrajaya, T. (2015). Pentingnya Ketrampilan Mendengar Dalam Menciptakan Komunikasi Yang Efektif. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 6(2).
Irvani, A. I., Warliani, R., Amarulloh, R. R., & Garut, U. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pkm Miftek, 1(1). Http://Jurnal.Sttgarut.Ac.Id
Jamalludin. (N.D.). Manfaat Media Komunikasi Dalam Pendidikan Dan Pembelajaran.
Juniarti, C. E. (N.D.). Pentingnya Komunikasi Efektif Dalam Pengelolaan Kelas Yang Sukses.
Khatimah, H., Pasca, M., Sunan, U., & Djati, G. (2018). Posisi Dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat. Tasamuh, 16(1).
Luckyta, L., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2020). Peran Kemampuan Komunikasi Terhadap Sikap Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. Wasis: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2).
Maghfiroh, R., Hikmatuzzahwa, C., Prasetyo, A., & Aufal Minan, M. (2021). Komunikasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Dan Pandemi Covid-19. Jurnal Taujih: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). Https://Fip.Unesa.Ac.Id/Fip-
Miftah, M. (N.D.). Strategi Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran.
Mizaniya, & Noviansah, A. (2020). Metode Pengajaran Ips Mi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Ẽl-Midad : Jurnal Pgmi, 12(1), 39–53.
Muhammad Hassan, Dkk. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Grup.
Nina Adlini, M., Hanifa Dinda, A., Yulinda, S., Chotimah, O., & Julia Merliyana, S. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka (Vol. 6, Issue 1).
Perwita, R. (2020). Pemanfaatan Media Informasi Teknologi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Pai Di Sekolah Dasar. Inovasi Pendidikan, 7(2).
Prabowo, E., Fajrie, N., & Setiawan, D. D. (2021). Etika Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Whatsapp. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 429–437. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjl/Index
Rizal Masdul, M., & Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2).
Siska Anggraini, E. (2021). Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Bermain. 7(1), 2502–7166.
Stellarosa, Y., & Ikhsano, A. (2021). Pengembangan Keterampilan Komunikasi Melalui Pelatihan Komunikasi Efektif Di Sekolah Menengah Kejuruan. Journal Of Servite, 3(1), 19. Https://Doi.Org/10.37535/102003120212
Suriaty, O., Herlambang, ) &, & Prakasa, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Pengenalan Komunikasi Untuk Siswa Sekolah Dasar. Open Journal Systems, 15(2). Http://Ejurnal.Binawakya.Or.Id/Index.Php/
Suryani, N. (2015). Pengembangan Ict Dalam Pembelajaran. Prosiding Workshop Nasional.
Utami, R. P. (N.D.). Pentingnya Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Kegiatan Proses Belajar Mengajar. Jurnal Dharma Pendidikan, 12, 62–81.
Wahidin, U. (2015). Interaksi Komunikasi Berbasis Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar-Mengajar. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 04.
Widodo, C. S., & Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Gramedia.
Wulan Sari, A. (2016). Pentingnya Ketrampilan Mendengar Dalam Menciptakan Komunikasi Yang Efektif. Jurnal Edutech, 2(1).
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Journal On Education, 05(02), 3928–3936.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ema Rizky Ananda, Lailatul I’zaati, Samsul Susilawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).