Kajian Literature : Peran Penting Konsep Komunikasi dalam Penggunaan Media dan Bahan Ajar Sekolah Dasar

Authors

  • Ema Rizky Ananda UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Lailatul I’zaati UIN Maulana Malik Ibrahim Malang , Indonesia
  • Samsul Susilawati UIN Maulana Malik Ibrahim Malang , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.502

Keywords:

Komunikasi, Media, Bahan Ajar

Abstract

Pendidikan dasar memerlukan pengembangan media dan bahan ajar yang efektif, dan dalam konteks ini, pemahaman konsep komunikasi memegang peran kunci. Salah satu fakor dari hal tersebut adalah konsep komunikasi dalam penggunaan media dan bahan ajar yang belum dikuasai oleh pendidik. Komunikasi adalah unsur penting dalam proses pendidikan di tingkat MI/SD. Penelitian ini mengeksplorasi dampak positif komunikasi interaktif dalam penggunaan media dan bahan ajar di MI/SD. Penggunaan media dan bahan ajar yang efektif memerlukan pemahaman yang mendalam terhadap konsep komunikasi. Tujuan penelitian ini menggambarkan pentingnya memahami konsep komunikasi dalam konteks penggunaan media dan bahan ajar di MI/SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah  ini menggunakan studi pustaka, yaitu pengumpulan data, untuk memahami dan mempelajari teori-teori dari berbagai literatur yang relevan. Hasil peneltiian menunjukkan bahwa komunikasi yang interaktif  dalam penggunaan media dan bahan ajar di MI/SD membawa sejumlah dampak positif, diantaranya: 1) Pemahaman yang lebih baik, 2) Penggunaan media yang efektif, 3) Keterlibatan siswa yang lebih aktif, 4) Penggunaan teknologi yang lebih baik, 5) Peningkatan hubungan guru-siswa, 6) Pengembangan materi yang lebih relevan, 7) Peningkatan retensi informasi, 8) Peningkatan keterampilan hidup

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amilia, W. (2022). Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar Peran Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Sekolah Dasar Kota Sawahlunto. 6(1). Http://E-Journal.Unp.Ac.Id/Index.Php/Jippsd

Ardiansyah, M. (2021). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif. Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi (Semnas Ristek).

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar Teori Dan Prosedur (I). Penerbit Laksita Indonesia.

Dewi Lestari, I. (2018). Peranan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technology (Ict) Di Sdn Rri Cisalak. 3(2).

El, M. M., Bali, I., & Jadid, U. N. (N.D.). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Distance Learning.

El, M. M., Bali, I., & Jadid, U. N. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Distance Learning. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(1).

Handayani, S., Masfuah, S., & Kironoratri, L. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2240–2246. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i5.770

Inah, E. N. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2).

Indrajaya, T. (2015). Pentingnya Ketrampilan Mendengar Dalam Menciptakan Komunikasi Yang Efektif. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 6(2).

Irvani, A. I., Warliani, R., Amarulloh, R. R., & Garut, U. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pkm Miftek, 1(1). Http://Jurnal.Sttgarut.Ac.Id

Jamalludin. (N.D.). Manfaat Media Komunikasi Dalam Pendidikan Dan Pembelajaran.

Juniarti, C. E. (N.D.). Pentingnya Komunikasi Efektif Dalam Pengelolaan Kelas Yang Sukses.

Khatimah, H., Pasca, M., Sunan, U., & Djati, G. (2018). Posisi Dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat. Tasamuh, 16(1).

Luckyta, L., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2020). Peran Kemampuan Komunikasi Terhadap Sikap Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. Wasis: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2).

Maghfiroh, R., Hikmatuzzahwa, C., Prasetyo, A., & Aufal Minan, M. (2021). Komunikasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Dan Pandemi Covid-19. Jurnal Taujih: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). Https://Fip.Unesa.Ac.Id/Fip-

Miftah, M. (N.D.). Strategi Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran.

Mizaniya, & Noviansah, A. (2020). Metode Pengajaran Ips Mi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Ẽl-Midad : Jurnal Pgmi, 12(1), 39–53.

Muhammad Hassan, Dkk. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Grup.

Nina Adlini, M., Hanifa Dinda, A., Yulinda, S., Chotimah, O., & Julia Merliyana, S. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka (Vol. 6, Issue 1).

Perwita, R. (2020). Pemanfaatan Media Informasi Teknologi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Pai Di Sekolah Dasar. Inovasi Pendidikan, 7(2).

Prabowo, E., Fajrie, N., & Setiawan, D. D. (2021). Etika Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Whatsapp. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 429–437. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjl/Index

Rizal Masdul, M., & Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2).

Siska Anggraini, E. (2021). Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Bermain. 7(1), 2502–7166.

Stellarosa, Y., & Ikhsano, A. (2021). Pengembangan Keterampilan Komunikasi Melalui Pelatihan Komunikasi Efektif Di Sekolah Menengah Kejuruan. Journal Of Servite, 3(1), 19. Https://Doi.Org/10.37535/102003120212

Suriaty, O., Herlambang, ) &, & Prakasa, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Pengenalan Komunikasi Untuk Siswa Sekolah Dasar. Open Journal Systems, 15(2). Http://Ejurnal.Binawakya.Or.Id/Index.Php/

Suryani, N. (2015). Pengembangan Ict Dalam Pembelajaran. Prosiding Workshop Nasional.

Utami, R. P. (N.D.). Pentingnya Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Kegiatan Proses Belajar Mengajar. Jurnal Dharma Pendidikan, 12, 62–81.

Wahidin, U. (2015). Interaksi Komunikasi Berbasis Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar-Mengajar. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 04.

Widodo, C. S., & Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Gramedia.

Wulan Sari, A. (2016). Pentingnya Ketrampilan Mendengar Dalam Menciptakan Komunikasi Yang Efektif. Jurnal Edutech, 2(1).

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Journal On Education, 05(02), 3928–3936.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Ananda, E. R., I’zaati, L., & Susilawati, S. (2024). Kajian Literature : Peran Penting Konsep Komunikasi dalam Penggunaan Media dan Bahan Ajar Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(1), 267–275. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.502

Issue

Section

Articles

Citation Check