Kesiapan Belajar Anak melalui Jurnal Pagi di TK ABA Giwangan Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.37985/joe.v1i1.5Keywords:
kesiapan belajar, jurnal pagi, taman kanak-kanakAbstract
Anak yang memiliki kesiapan dengan baik akan memiliki banyak keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan belajar anak melalui kegiatan jurnal pagi di TK ABA Giwangan Yogyakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah anak kelas A di TK ABA Giwangan Yogyakarta. Objek pada penelitian ini adalah kesiapan belajar anak melalui jurnal pagi pada kelompok A di TK ABA Giwangan Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi anak berupa check-list. Analisis penelitian ini menggunakan teknik data reduction, data display, dan conclusion drawing atau veification Hasil penelitian kelompok A menunjukan kesiapan belajar melalui jurnal pagi menunjukan nilai positif pada diri anak, hal ini terlihat dari Munculnya minat belajar anak, yang cukup baik anak mampu menyelesaikan kegiatan,Minat yang bertahan, anak yang mengikuti kegiatan jurnal pagi mampu bertahan sampai pembelajaran usai, peningkatan belajar, terlihat saat kegiatan pembelajaran aspek-aspek perkembangan mampu berkembang dengan baik
Downloads
References
Cahyaningsih, I. (2013). Membangun Karakter Pada Anak melalui Kegiatan Apel Pagi Di Sd Negeri Kraton. 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Djamarah, S. (2002). Prestasi belajar dan kompetensi guru. Jakarta: Usaha Nasional.
Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. JURNAL RAUDHAH, 4(2). https://doi.org/10.30829/RAUDHAH.V4I2.52
Fatchurrochman, R. (2011). Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kesiapan Belajar, Pelaksanaan Prakerin dan Percapaian Kompetensi Mata Pelajaran Produktif. Invotec, VII(2), 175–188.
Hidayanti, M. (2013). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bakiak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, VII(1), 195–200.
Hurlock, E. B. (2011). Perkembangan Anak. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.
Moleong, L. J. (2000). Metedologi penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhadjir, N. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Novia Anjarsari, 1601415087. (2019). Kesiapan Guru Terhadap Penerapan Pembelajaran Stem ( Science, Technology, Engineering, Mathematics )( Survei Pada Guru Tk Se Kecamatan Gunungpati Kota Semarang ).
Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,†02, 1–7.
Rizki, R. M. (2012). Kesiapan anak dan keberhasilan toilet training di paud dan tk bungong seuleupoek unsyiah banda aceh.
Rohmah, N. (2016). Bermain Dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 13(2). https://doi.org/10.34001/TARBAWI.V13I2.590
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32. https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02
Tresaningsih, W. (2015). Kemampuan menggambar bebas sebelum pembelajaran pada anak TK kelompok A dan B TK AL-Idad An -Nuur. E-Print. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Umri Mufidah, 1601408001. (2013). Efektivitas Pemberian Reward melalui Metode Token Ekonomi Untuk Meningkatan Kedisiplinan Anak Usia DinI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2020 Ulfah Lailiyah, Febritesna Nuraini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).