Strategi Pembelajaran Ilmu Sharaf bagi Pemula di Lingkungan Pesantren: Pendekatan Praktis dan Efektif

Authors

  • Maulana Pein Al Binaa Islamic Boarding School Bekasi, Indonesia
  • Ahmad Sastra Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Indonesia
  • Hasbi Indra Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.494

Abstract

Pembelajaran khususnya bahasa Arab seringkali terdapat permasalahan, baik yang berhubungan dengan guru, siswa, atau yang lainnya. Untuk mencapai tujuan pendidikan, guru harus kompeten dalam pengelolaan Kelas, memperhatikan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap metode yang digunakan guru dalam belajar nahwu sharaf, dukungan dan pencegahan dalam proses pembelajaran nahwu sharaf, dan upaya guru untuk mengatasi hal-hal yang menghambat siswa dalam mempelajari Nahwu Sharaf dan Pondok Lingkungan Pesantren. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yang bagus. Alat pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan cara memberikan penjelasan terhadap data yang diperoleh dan menjadikannya menarik Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa: metode yang digunakan guru Ajaran Nahwu Sharaf terbagi menjadi dua, yaitu metode Qawaid Wa Tarjamah dan metode Induktif; hal-hal yang menunjang dan mencegah dalam proses pembelajaran nahu Sharaf terbagi menjadi dua yaitu faktor internal berupa motivasi, minat dan pelatihan siswa berbeda dan nyata. Mengenai faktor eksternal berupa dukungan dari keluarga dan teman, hal lingkungan, pendekatan guru, keberadaan kamus bahasa Arab, serta waktu dan jam pembelajaran singkatan; dan upaya guru mengatasi hambatan siswa belajar nahwu sharaf di Pondok Pesantren dengan cara memberi motivasi, perbaikan proses belajar, memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkembang Pemahaman mereka tentang sains luar biasa, dan mereka selalu melakukan penelitian pendidikan memperbaiki sistem penyampaian materi yang rumit tersebut agar mudah dipahami santri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Waqfi, I. ( 2012). TabsiithAl-Aajurrumiyyah.Kairo: Dar Al-Fadhilah.

Amri, F. F. (2018). DurrahAn-NahwiLiRaghibAl-„Ilmi.Padang: Hayfa.

Anwar, K. M. (2016). Ilmu Sharaf Terjemahan Kailani dan Nazham Almaqsud berikut Penjelasanya. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Anwar, M. S. (2020 ). Metode Pembelajaran Sharaf Di Pondok Pesantren Al- Luqmaniyyah Yogyakarta (Penggunaan Kitab Sharaf Karangan Kh. Abdurrahman Chudlori Tegalrejo) . KonferensiNasionalBahasaArabVI(KONASBARA), 194.

Bahasa, P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Ghalayin, M. a. (2005). Jami’ ad-Durus al-‘abiyah jilid I. Beirut: Dar al-kutub al„ilmiyah Dirasah, Vol. 2, No. 2, November 2021

Isjoni. (2008). Guru Sebagai Motivator Perubahan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lawadi, H. A. (2016). Keutamaandan Kewajiban Mempelajari Bahasa Arab. Jakarta: Darus Sunnah Press.

Muna, W. (2011). MetodePembelajaranBahasaArab.Yogyakarta: Teras.

Nuha, U. (2012). Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Pers.

Nurfuadi. (2012). ProfesionalismeGuru.Puwokerto: STAIN Press.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Dalam Penelitian.Yogyakarta: Penerbit And.

Sukamto, I., & Munawir, A. (2005). BahasaArabSistematis.Yogyakarta: Nurma Media Idea.

Umroh, I. L., & Yunus, R. (Februari 2020). Kondisi Bahasa Arab Di Lamongan Pasca Adanya Kebijakan Pemerintah Daerah Tentang Kewajiban Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Peserta Didik. Al-Fakkaar Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab Vol.1 No. 1, 2.

Uno, H. B., & Mohamad, N. (2011). Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

Maulana Pein, Ahmad Sastra, & Hasbi Indra. (2023). Strategi Pembelajaran Ilmu Sharaf bagi Pemula di Lingkungan Pesantren: Pendekatan Praktis dan Efektif. Journal of Education Research, 4(4), 1854–1857. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.494

Issue

Section

Articles

Citation Check