Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru MTsN di Kabupaten Agam

Authors

  • Arif Fiandi Pascasarjana MPI UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Junaidi Junaidi Pascasarjana MPI UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Iswantir Iswantir Pascasarjana MPI UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Supriadi Supriadi Pascasarjana MPI UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.491

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh informasi awal yang berkaitan dengan adanya indikasi tidak maksimalnya pelaksanaan supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah yang diasumsikan memberikan pengaruh indikasi terjadinya penurunan kinerja guru MTsN yang ada di Kabuapten Agam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh pelaksanaan supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja guru MTsN di Kabupaten Agam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara: pelaksanaan supervisi akademik secara parsial terhadap kinerja guru MTsN di Kabupaten Agam  ada pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah secara parsial terhadap kinerja guru MTsN di Kabupaten Agam dan adanya pengaruh pelaksanaan supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah secara simultan terhadap kinerja guru MTsN di Kabupaten Agam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Desrida, Supriadi, S, Y. D., & Roza, V. (2022). Analisis Faktor Keterlaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Di SMA Negeri Kota Bukittinggi Pada Masa Pandemi Covid–19 Desrida1*,. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 5574–5583. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7559/5683

Emda, A. (2016). Strategi Peningkatan Kinerja Guru Yang Profesional. Lantanida Journal, 4(2).

Fiandi, A., & Ilmi, D. (2022). Perumusan Visi Yang Visioner Dan Perumusan Misi Pendidikan Yang Ideal. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 57–63. https://doi.org/10.34125/jmp.v7i2.786

Fiandi, A., & Junaidi. (2022). Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah. Jurnal Kepemimpinan Dan Kepengurusan Sekolah, 7(5), 415–422. https://doi.org/10.34125/kp.v7i4.847

Fiandi, A., & Sesmiarni, Z. (2023). Implementasi Standar Mutu Dan Sasaran Mutu Pada Lembaga Pendidikan. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 4(1), 34–40. https://doi.org/10.37859/eduteach.v4i1.4431

Fiandi, A., Warmanto, E., & Iswantir, I. (2023). Manajemen Kurikulum Pembelajaran Islam di Pesantren Menghadapi Era 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3639–3646. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5776

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al Falah Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, XVII(32), 274–285. https://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/alfalahjikk/article/view/26/95

Harahap, R. R., Lapisa, R., Milana, & Sari, D. Y. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru. Ide Guru Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 226–231. https://doi.org/10.54124/jlmp.v18i1.17

Iswantir. (2013). Pengembangan Kompetensi Supervisi Managerial dan Akademik Pengawas PAI. Analisis, 10(1), 95.

Permendiknas RI No. 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/ Madrasah, Pub. L. No. 13 tahun 2007, Kemendiknas (2007).

Mahlopi. (2022). Supervisi Pendidikan Era Teknologi 5.0. Adiba: Journal of Education, 2(1), 133–141. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/79

Manalu, J. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja dan Employee Engagement terhadap Kinerja Guru SMA XYZ Palembang. Jurnal O, 5(3), 5754–5765. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1336

Permendikbud no 22 Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, 11 (2016). https://repositori.kemdikbud.go.id/4790/2/Permendikbud_Tahun2016_Nomor022_Lampiran.pdf

Purba, A. F., Tambunan, K., & Tambunan, J. W. (2022). Pengaruh Supervisi Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervering Pada Sma N 1 Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasundutan. Jurnal Widya, 3(1), 1–14. https://jurnal.amikwidyaloka.ac.id/index.php/awl/article/view/81

Rusdiana, Harapan, E., & Furkan, N. (2023). Pengaruh Supervisi Akademik Dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru Sma Se-Kecamatan Lengkiti. Jurnal On Education, 05(03), 6813–6828. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/1466

Saddi, E., Simbolon, B., & Kailola, L. G. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Supervisi Terhadap Kinerja Guru Pada Sma Kristen Barana’ (Studi Kasus Di SMA Kristen Barana Kabupaten Toraja Utara). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 493–500. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/974

Sancoko, C. H., & Sugiarti, R. (2022). Kinerja Guru Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Pendidikan Rokania, 7(1), 1–14.

Saputra, A. I., & Wicaksono, L. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Smpn 04 Putussibau. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 356–365. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4283/http

Sartika, L., Widayatsih, T., & Rahman, A. (2023). Pengaruh Kompetensi Manajerial Dan Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal On Education, 05(03), 6802–6812. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1465

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sukanto, Mahdum, & Hadriana. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Di Dumai Selatan. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 08(02), 351–370. https://doi.org/10.32923/edugama.v8i2.2985

Sumiati, S., Setyawan, H., Yuanita, P., & Chairilsyah, D. (2022). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Sekecatamatan Pangkalan Kerinci. Jumped : Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 185–197. https://jmp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JMP/article/view/5594

Tasari, R. (2023). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri 19 Dumai. Wibawa: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 52–62. https://ejournal.iaitfdumai.ac.id/index.php/wib/article/view/278

Undang-Undang Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen (No. 14).

Wahyudi, I. (2023). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Mts Nurul Islam Kota Dumai Imam. Wibawa: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 12–24. http://www.ejournal.iaitfdumai.ac.id/index.php/wib/article/view/275

Zahrah, M. N. (2017). Evaluasi Kinerja Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Yayasan Al Kenaniyah. Jurnal Visipena, 8(2).

Zuldesiah, Z., Gistituati, N., & Sabandi, A. (2021). Kontribusi Gaya Kepemimpinan dan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru-guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 663–671. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.791

Downloads

Published

2024-01-12

How to Cite

Fiandi, A., Junaidi, J., Iswantir, I., & Supriadi, S. (2024). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru MTsN di Kabupaten Agam. Journal of Education Research, 5(1), 26–40. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.491

Issue

Section

Articles

Citation Check