Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Persediaan Metode Fifo, Lifo dan Moving Average Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v2i2.49Keywords:
Kemampuan Siswa, Metode Fifo, Lifo dan Moving AverageAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal fifo, lifo dan moving average pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMK Setia Darma Palembang tahun pelajaran 2020/2021. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah tes dan dokumentasi. Tehnik pengambilan sampel menggunakan teknik Porposive sample yaitu peneliti menentukan sendiri sample yang diambil karena ada pertimbangan tertentu di mana kelas XI Akuntansi keuangan 1 dan XI akuntansi keuangan 2 SMK Setia Darma Palembang yang berjumlah 72 siswa yang dipilih peneliti. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan tes rata-rata siswa pada setiap tes soal pertama metode perpetual fifo 90,14% dikategorikan “sangat baikâ€, kedua metode perpetual lifo 84,72% dikategorikan “baikâ€, dan ketiga metode perpetual moving average 53,89%. Hasil keseluruhan tes siswa kelas XI Akuntansi keuangan di SMK Setia Darma palembang dalam menyelesaikan soal-soal persediaan metode perpetual fifo,lifo, dan moving average memperoleh rata-rata 76,3% dengan predikat “baikâ€.
Downloads
References
Adrianto, I. (2019). Analisis penilaian persediaan dengan metode fifo, lifo dan average utntuk menentukan tingkat laba pada CV. Trio Motor Nganjuk. Nganjuk: simki.unpkediri.ac.id.
Aradea, R. (2019). Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal jurnal umum di SMK 1 benakat. Jurnal Ilmu Kependidikan 17 (3), 345-355.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asegaff, A. R. (2017). Perancangan aplikasi komparasi perhitungan harga pokok penjualan antara metode fifo,lifo, dan average. Jurnal ilmiah 8 (2), 67-75.
Hery. (2017). Akuntansi Dasar. Jakarta: PT Grasindo.
Hidayanti, P. (2016). Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan perhitungan persediaan barang dagang pada mata pelajaran akuntansi di SMK Bina Jaya palembanggg tahun ajaran 2015/2016.
Magdalena, M. D. (2019). Menjadi Desainer Pembelajaran di SD. Jawa Barat: CV jejak, anggota IKAPI.
Leo, S. (2013). Kiat jitu menulis skripsi,tesis, dan Disertasi. Jakarta: Erlangga.
Nasir, M. (2017). Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Noor, J. (2011). Metode Penelitian: Tesis, Disertasib dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.
Prayitno. (2019). Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur SMK/MAK. Bandung: Humaniora.
Purwanto, N. (2020). Prinsip- Prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Dosdakarya.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kualitatif kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharto, A. H. (2013). Perkembangan peserta didik. Jakarta: Rineka cipta.
Yulaini, E. (2017). Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan jurnal penyesuian pada mata kuliah dasar-dasar akuntansi keuangan I program studi pendidikan akuntansi Fkip Universitas PGRI. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).