Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Persediaan Metode Fifo, Lifo dan Moving Average Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan

Nivi Agustini Aprisi Mutiara(1Mail), Erma Yulaini(2), Riswan Aradea(3),
(1) Universitas PGRI Palembang, Indonesia
(2) Universitas PGRI Palembang, Indonesia
(3) Universitas PGRI Palembang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Nivi Agustini Aprisi Mutiara, Erma Yulaini, Riswan Aradea

DOI : https://doi.org/10.37985/jer.v2i2.49

Download Full Text:   [File Size  : 188KB]  Language : id

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal fifo, lifo dan moving average pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMK Setia Darma Palembang tahun pelajaran 2020/2021. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah tes dan dokumentasi. Tehnik pengambilan sampel menggunakan teknik Porposive sample yaitu peneliti menentukan sendiri sample yang diambil karena ada pertimbangan tertentu di mana kelas XI Akuntansi keuangan 1 dan XI akuntansi keuangan 2 SMK Setia Darma Palembang yang berjumlah 72 siswa yang dipilih peneliti. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan tes rata-rata siswa pada setiap tes soal pertama metode perpetual fifo 90,14% dikategorikan “sangat baik”, kedua metode perpetual lifo 84,72% dikategorikan “baik”, dan ketiga metode perpetual moving average 53,89%. Hasil keseluruhan tes siswa kelas XI Akuntansi keuangan di SMK Setia Darma palembang dalam menyelesaikan soal-soal persediaan metode perpetual fifo,lifo, dan moving average memperoleh rata-rata 76,3% dengan predikat “baik”.


Keywords


Kemampuan Siswa; Metode Fifo; Lifo dan Moving Average

References


Adrianto, I. (2019). Analisis penilaian persediaan dengan metode fifo, lifo dan average utntuk menentukan tingkat laba pada CV. Trio Motor Nganjuk. Nganjuk: simki.unpkediri.ac.id.

Aradea, R. (2019). Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal jurnal umum di SMK 1 benakat. Jurnal Ilmu Kependidikan 17 (3), 345-355.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asegaff, A. R. (2017). Perancangan aplikasi komparasi perhitungan harga pokok penjualan antara metode fifo,lifo, dan average. Jurnal ilmiah 8 (2), 67-75.

Hery. (2017). Akuntansi Dasar. Jakarta: PT Grasindo.

Hidayanti, P. (2016). Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan perhitungan persediaan barang dagang pada mata pelajaran akuntansi di SMK Bina Jaya palembanggg tahun ajaran 2015/2016.

Magdalena, M. D. (2019). Menjadi Desainer Pembelajaran di SD. Jawa Barat: CV jejak, anggota IKAPI.

Leo, S. (2013). Kiat jitu menulis skripsi,tesis, dan Disertasi. Jakarta: Erlangga.

Nasir, M. (2017). Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Noor, J. (2011). Metode Penelitian: Tesis, Disertasib dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Prayitno. (2019). Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur SMK/MAK. Bandung: Humaniora.

Purwanto, N. (2020). Prinsip- Prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Dosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kualitatif kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharto, A. H. (2013). Perkembangan peserta didik. Jakarta: Rineka cipta.

Yulaini, E. (2017). Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan jurnal penyesuian pada mata kuliah dasar-dasar akuntansi keuangan I program studi pendidikan akuntansi Fkip Universitas PGRI. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.


Article Metrics

 Abstract Views : 86 times
 PDF Downloaded : 38 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.