Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas 6 Muatan Pelajaran IPS

Authors

  • Ulfia Violina Shellby Agustin Universitas Kristen Satya Wacana
  • Firosalia Kristin Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.489

Abstract

Salah satu kemampuan yang dikembangkan melalui kegiatan pembelajaran IPS adalah kemampuan berpikir kritis. Berpikir kritis adalah suatu proses yang berlangsung dalam ranah kognitif dan kemudian merangsang kemampuan menafsirkan, menganalisis, dan mengevaluasi informasi, argumen, atau pengalaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas enam SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, non-equivalent control group design, teknik pengumpulan data menggunakan  tes dengan subjek siswa kelas enam SD. Kesimpulan penelitian ini berdasarkan hasil uji T terhadap kemampuan berpikir kritis kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dapat dikatakan bahwa model Discovery Learning di SD Gugus Ganeca memberikan dampak yang lebih besar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan model Problem Based Learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. In Abidin, Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.

Astuti, D. W. (2016). fektifitas model Discovery Learning dan Problem Based Learning terhadap Keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika kelas 4 SD Gugus Imam Bonjol. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 42-50.

DIKDAS, P. (2020). Mengenal Model Pembelajaran Discovery Learning. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran. Retrieved oktober 28 , 2022, from https://pgdikdas.kemdikbud.go.id/read-news/mengenal-model-pembelajaran-discovery-learning

Fajar, P. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13-27.

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.

Fitri, M., Yuanita, & Maimunah. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pengemabangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang.

Giarti. (2014). Peningkatan Keterampilan Proses Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL Terintegrasi Penilaian Autentik pada Siswa Kelas VI SDN 2 Bengle, Wonosegoro. Scolaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13-27.

Herianto H. (2021). Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas dengan Menggunakan SPSS. Makasar: STAI.

Khasinah, S. (2021). DISCOVERY LEARNING: DEFINISI, SINTAKSIS, KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 402-413.

Koeswanti, H. (2015). Problem Based Learning suatu Model Pembelejaran untuk Meningkatkan Keterampilan Memecahkan Masalah dan Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis. Jurnal Widya sari, 31-36.

Kristin, C. &. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 217-230.

Larasati. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Observasi Lapangan Terhadap Hasil Belajar IPS SD. Jurnal Autentik, 130-139.

Larasati, D. (2020). Pengaruh Discovery Learning Berbasis Higher Order thingking Skill Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Internasional Jurnal of Elementary Education , 39-47.

Nafisa, W., Alfina, N., Edwita, & Zulela, Y. G. (2023). Pengaruh Model Discovery LearningTerhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar (MI/SD). Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran,, 1558-1566.

Nurmiati, B. (2020). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Mengoptimalkan Penerapan Model Discovery Learning di SD Negeri 2 Cakranegara. Jurnal Paedagogy, 23-30.

Reni, M., Purwati, K., & Hernawanti, D. (2019). EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP BRYOPHYTA DAN PTERIDOPHYTA DI KELAS X SMA IT. METAEDUKASI.

Riani, A., & Giarti, S. (2020). Efektifitas Model Pembalajaran Problem Based Learning dan discovery Learning ditinjau dari Keterampilan Berpikir Siswa Kelas 5 SD. PeTeKa.

Safrina, R., R, R., & S, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Kelas IV. FKIP Universitas Lambung Mangkurat , 50-54.

Septiyowati, & Prasetyo, T. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Kecakapan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

Septiyowati, T., & Prasetyo, T. (2021). Efektifitas Model Pemebelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Kecakapan Berpikir kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1231-1240.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 42-50.

Utami, R., & Giarti, S. (2020). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 5 SD. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran).

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Ulfia Violina Shellby Agustin, & Firosalia Kristin. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas 6 Muatan Pelajaran IPS. Journal of Education Research, 4(4), 1716–1722. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.489

Issue

Section

Articles