Aktualisasi Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Peserta didik pada Sekolah Dasar Islam Ar-Rasyid Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.488Keywords:
Akidah Akhlak, Karakter Toleransi, Peran Guru, Motivator, Fasilitator, Evaluator, OptimalisasiAbstract
Kehadiran guru Aqidah Akhlak di sekolah berperan strategis dalam mewujudkan karakter toleran. Tidak hanya sebagai penyampai materi-materi Aqidah yang lurus, namun lebih dari itu, guru Aqidah akhlak juga bertanggung jawab terhadap berbagai permasalahan etika di sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk optimalisasi peran guru Aqidah Akhlak dalam mewujudkan toleransi siswa dan menjelaskan bentuk-bentuk cara mewujudkan toleransi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan catatan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDI Ar-Rasyid Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi peran guru terlihat dari peran ganda yang dilakukan oleh guru aqidah etis di sekolah, antara lain peran pemberi informasi, motivator, pengarah, fasilitator dan reviewer sesuai dengan materi toleransi ; Wujud toleransi siswa meliputi kepribadian toleran terhadap guru, masyarakat sekolah, dan orang tua.
Downloads
References
Alawiyah, F. (2013). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum 2013. Aspirasi, 4(1), 65–74. http://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/480
Anggita, I. S., & Suryadilaga, M. A. (2021). Mengajarkan Rasa Toleransi Beragama pada Anak Usia Dini dalam Persepektif Hadis. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 110–118. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/view/12538
Arfandi, A., & Samsudin, M. A. (2021). Peran Guru Profesional Sebagai Fasilitator Dan Komunikator Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 5(2), 37–45. https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i2.1200
Asmarika, Syukri, Mohd. Fikri Azhari, Mardhiah, W. (2022). PERAN GANDA GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDIT Al-HASAN KEC. TAPUNG KAB KAMPAR. 11, 301–308.
Chaer, M. T. (2016). Pendidikan Inklusif Dan Multikultur Dalam Perspektif Hadis Nabi Saw. Cendekia: Journal of Education and Society, 14(2), 209. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.669
Dahlia, Atsani, K. L. G. M. Z., & Nasri, U. (2022). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Nahdlatain: Jurnal Kependidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 99–104. https://ojs.kopertais14.or.id/index.php/nahdlatain/article/view/72
Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, R. (2022). Mitra PGMI : Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru. Mitra PGMI : Jurnal Kependidikan MI, 8, 100–110.
Dorlan Naibaho. (2018). Peranan Guru sebagai Fasilitator dalam Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Christian Humaniora, 2(1), 1. http://e-journal.iakntarutung.ac.id/index.php/humaniora/article/view/25
Elbina Saidah Mamla, W. (2021). Tafsir Maudhu’i Tentang Konsep Pendidikan Karakter Jujur Dalam al-Qur’an. At-Thullab, 1(2), 16.
Esi, Purwaningsih, E., & Okianna. (2016). Peranan guru sebagai fasilitator dan motivator dalam meningkatkan hasil belajar di kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(10), 1–14. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17132/14624
Fauzi, A. (2020). Pembinaan Karakter Siswi Melalui Kitab Al-Akhlaq Lil Banat Jilid 1. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(3), 2721–7078.
Fitri, A., Nursikin, M., & Amin, K. (2023). Peran Ganda Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membimbing Siswa Bermasalah di SD Islam Al-Rasyid Pekanbaru. Journal on Education, 5(3), 9710–9717. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1786
Fitriana, S. (2019). Transformasi Pendidikan Tinggi di Era Disrupsi (Dampak dan Konsekuensi Inovasi). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana …, 811–817. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/375
Fitrianah, R. D., & Saputri, M. O. (2021). Strategi Guru IPS dalam Mananamkan Sikap Toleransi pada Siswa Multikultural: Studi Kasus di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 3(1), 95. https://doi.org/10.29300/ijsse.v3i1.4888
Fitriyana, A. (2020). Strategi Guru Bk Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Peserta Didik. Jurnal Fokus Konseling, 6(2), 75–85. https://doi.org/10.52657/jfk.v6i2.1219
Gunawan, F. (2014). DI MEDIA SOSIAL Oleh: Fahmi Gunawan Jurusan Tarbiyah STAIN Sultan Qaimuddin Kendari ABSTRAK. Al Ta’dim, 7(1), 1–18.
Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, R. T. A. E. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru. 4(6), 1734–10351.
Handayani, F. (2020). (2020). PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI05 LAWANGAGUNG SELUMA (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU). In Malaysian Palm Oil Council (MPOC) (Vol. 21, Issue 1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/
Hawi, A. (2006). Kompetensi Guru PAI. Palembang.
Isnaini, M., Bidin, I., Susanto, B. W., & Hudi, I. (2023). Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Pancasila dan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Calon Guru MI / SDIT. 05(04), 11539–11546.
Isran Bidin, Muhammad Isnaini, Misharti, Wismanto, K. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau. Journal on Education, 04(04), 1448–1460. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2129
Juhji Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. (2016). Guru, Mendidik, Mengajar, Nilai, Pembentukan Krpibadian, Panutan. STUDIA DIDAKTIKA Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 52–62. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/73/75
Kirom, A. (2021). Pendidikan Toleransi Pada Anak Keluarga Muslim Minoritas Dusun Kandangsari Desa Mororejo Kabupaten Pasuruan. Multicultural, 5(1), 80–86.
Latipah, E., Kistoro, H. C. A., & Putranta, H. (2020). The Effects of Positive Parenting toward Intolerance in Pre-School Children. International Journal of Early Childhood Special Education, 12(2), 137–146. https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V12I2.201065
Manizar, E. (2015). Peran Guru sebagai Motivator dalam Belajar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 171–188. jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1047
Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, W. (2022). IKHTIAR KEPALAMIS RAUDHATUL MUSHALLIN TANJUNG UNGGAT DALAMMENINGKATKAN EKSISTENSI MADRASAH YANG DIPIMPINNYA MELALUI PERBAIKAN MANAJEMEN. 11(2), 285–294.
Marintan Marintan, D., & Priyanti, N. Y. (2022). Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun di TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5331–5341. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3114
Marpaung, T. P., Sibaweh, I., & Susanto, B. W. (2023). Urgensi Guru PAI dalam Membentengi Akhlak Peserta Didik di Era Disrupsi ( Studi Kasus pada Siswa SD Islam Uwais Al Qarni Pekanbaru ). 05(03), 9756–9765.
Maulana. (2022). Belajara Dari Nabi Muhammad. 14(2), 109–124.
Muslim, Yusri, Y., Syafaruddin, Syukri, M., & Wismanto. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ). Journal of Education, 05(03), 10192–10204.
Novianti, E., Firmansyah, Y., & Susanto, E. (2020). Peran guru PPKn sebagai evaluator dalam meningkatkan disiplin belajar siswa. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 112–116. https://doi.org/10.36805/civics.v5i2.1337
Nurhaibi, Zalisman, H. H. (2023). Mitra PGMI : UPAYA GURU PAI MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK SDIT IMAM ASY-SYAFII PEKANBARU. 9, 71–79.
Nurhaidah, & Musa M.I. (2015). Pelayanan Pendidikan Yang Berkualitas Di Era Global Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik Secara Maksimal. Jurnal Pesona Dasar, 1(4), 52–65.
Nurrahmawati, R. (2016). Peran Guru Dalam Kegiatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Berkesulitan Belajar Spesifik Kelas the Role of Teacher in Bahasa Indonesia Learning for Student With. Jurnal Widia Ortodidaktika, 5(9), 963–972.
Rahayu, D. W., & Fitriyah, F. K. (2020). Pengaruh Sikap Toleransi terhadap Perilaku Agresif pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Surabaya. Jurnal Konseling Gusjigang, 6(2), 69–79. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang
Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, A. (n.d.). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. 4(1), 1082–1088.
Setiawan, A. A. dan J. (2018). Metodologi kualitatif.pdf.
Sunariyadi, N. S., & Yuni Andari, I. A. M. (2021). Implikasi Pola Asuh Orang Tua Dalam Penumbuhkembangan Karakter Anak Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i1.266
Sundari, F. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan, April, 60–76.
Suyudi, M., & Wathon, N. (2020). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Karakter Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 195–205. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.563
Syahputra, A., Sukmawati, E., & Syafitri, R. (2023). Dampak Buruk Era Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Remaja Usia Sekolah ( dalam Perspektif Pendidikan Islam ). 4(3), 1265–1271.
Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, K. A. R. Q. (2023). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal on Education, 6(1), 13. https://doi.org/10.29210/146300
Wismanto, Nova Yanti, Yapidus, Hamdi Pranata, D. (2022). Mitra PGMI : Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, VIII, 50–59.
Wismanto, Yupidus, Efni Ramli, Ridwan, E. M. S. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI MUKMIN BERBASIS INTEGRASI AL QUR’AN DAN SUNNAH DI SDIT AL HASAN TAPUNG - KAMPAR. 12(1), 196–209.
Wismanto. (2021). Pembentukan Awal Generasi Mukmin Dalam Al- Qur ’ An Hadits Dan Implikasinya Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Imam Asy-Syafii Pekanbaru. 12(1).
Wismanto Abu Hasan. (2016). Kitabut Tauhid “Esa-kanlah Aku.” Nasya Expanding Manajemen.
Wismanto Abu Hasan. (2018). Syarah Kitab Empat Kaidah Dasar memahami Tauhid dan syirik (1st ed.). Cahaya Firdaus.
Wismanto, W., Yanti, N., Yapidus, Y., Pranata, H., & Deprizon, D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 9(1), 16–27. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v9i1.820
Zulaiha, D. (2018). Peran Guru Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Di Era Teknologi Digital. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas Pgri Palembang, 616–620.
Zulela. (2020). Transformasi pendidikan dasar di era disrupsi dalam pengembangan karakter. Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1–14. http://www.stkippgribl.ac.id/proceeding/index.php/semnas/article/view/42
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Alhairi Alhairi, Lasmiadi Lasmiadi, A. Mualif, Afdal Afdal, Wismanto Wismanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).