TCl dan SCl: Bentuk Kolaborasi Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum Merdeka Belajar

Authors

  • Christanto Syam Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Tanjungpura
  • Yudhistira Oscar Olendo Pendidikan Seni Pertunjukan, Universitas Tanjungpura
  • Zakarias Aria Widyatama Putra Pendidikan Seni Pertunjukan, Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.486

Keywords:

Strategi pembelajaran bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka Belajar, p5

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menjadi fenomena menarik di dunia pendidikan. Strategi pembelajaran bahasa Indonesia yang diteliti adalah untuk mengeksplorasi upaya penguatan luaran prinsip P5 yang diantaranya adalah kontekstual, berpusat pada peserta didik, dan eksploratif. Hal ini berdasarkan permasalahan yang dialami oleh berbagai instansi pendidikan yang mana adaptasi kurikulum merdeka dan implementasi P5 masih kurang begitu jelas dan mengalami stagnasi dalam perjalanannya. Melalui metode penelitian studi literasi ditambah dengan hasil penerapan strategi introduktif secara kualitatif deskriptif di SMA N 8 Pontianak dapat dihasilkan data penelitian dari sumber primer (guru) dan sekunder (artikel) dengan analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu: 1) menyeleksi data; 2) menuliskan data; dan 3) membuat benang merah dan kesahihan data. Adapun kajian mengenai strategi pembelajaran bahasa Indonesia dalam Kurikulum Merdeka Belajar dan implementasi P5 adalah guru dan peserta didik dapat mengkaitkan, memahami, bahkan melaksanakan strategi pembelajaran dengan teknik introduktif sebagai penguatan prinsip P5 kontekstual, berpusat pada peserta didik, dan eksploratif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya Dewantara, J., Juliansyah, N., Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganeraan, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Tanjungpura, U., Pontianak, K., Kalimantan Barat, P., Studi Pendidikan Biologi, P., Studi Pendidikan Ekonomi, P., & Studi Antropologi Sosial, P. (2023). Identistas Nasional: Kontribusi Program P5 dalam Kurikulum Baru Guna Membangun Rasa Nasionalisme di SMP Negeri 16 Pontianak. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 1–18.

Aqib, Z., & Rasidi, M. H. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Mayasari (ed.)). ANDI OFFSET.

Azlina, N., Maharani, A., Mohammad, &, Baedowi, S., Syahrul Baedowi, M., Nusantara, U., Kediri, P., & Info, A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Bidang Pendidikan Sebagai Upaya Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Indonesian Journal of Instructional Technology, 2(02), 39–52. https://journal.kurasinstitute.com/index.php/ijit/article/view/131

BGP. (2023). Apa Itu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila? Balai Guru Penggerak Sulawesi Utara.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction (J. Johnston (ed.); 8th Editio). Pearson Education, Inc.

Febrianti, N. A. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Sebagai Pembentukan Keterampilan Berpikir Kritis. Prosiding Samasta, 1–11.

Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. 2st ICIE: International Conference on Islamic Education, 2(8.5.2017), 2003–2005.

Intan Maharani, A., & Arinda Putri, P. (2023). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya. 1(2), 176–187. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i2.153

Lubis, R. S., Debi, R., Br, S., & Manullang, E. R. (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMK PANGERAN ANTASARI MEDAN TAHUN AJARAN 2022 / 2023. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 48–53.

Melani, A., & Gani, E. (2023). Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 16 Padang. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(2), 23–32. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i2.28

Muliawan, J. U. (2014). Metodologi Penelitian pendidikan (Cetakan I). Gava Media.

Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran (A. Daulay (ed.)). Perdana Publishing.

Natshia, H., & Abadi, M. (2022). Analisis Strategi Guru Bahasa Indonesia dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(3).

PKK. (2023). Karakteristik Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Pusat Informasi. (2022). Kebijakan Pemerintah Terkait Kurikulum Merdeka. Buku Saku Kurikulum Merdeka.

Rahayu, R. S. (2018). STUDI LITERATUR : PERANAN BAHASA INGGRIS UNTUK TUJUAN BISNIS DAN PEMASARAN. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(4), 149–158.

Rahmatul Adla, S., Rahmatul Adla Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S., Jambi Siti Tiara Maulia Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, U., Jambi Alamat, U., Jambi -Muara Bulian NoKM, J., Darat, M., Jambi Luar Kota, K., Muaro Jambi, K., & Korespondensi Penulis, J. (2023). Transisi Kurikulum K13 Dengan Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siswa. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 262–270. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/Lencana/article/view/1518

Sartini, & Mulyono, R. (2024). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mempersiapkan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 08(02), 1348–1363. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.392

Sephiana, F. (2023). Strategi Pembelajaran Sastra pada Kurikulum Merdeka.

Sukmadinata, Nana, S. (2011). Metode Peneliatian Pendidikan: Penelitian memberikan deskripsi, eksplanasi, prediksi, inovasi, dan juga dasar-dasar teoritis bagi pengembangan pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Suwija, I. N. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Daerah Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. Sandibasa: Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 122–135. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sandibasa/article/view/2007%0Ahttps://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sandibasa/article/download/2007/1452

Widiastini, N. K., Sutama, I. M., & Sudiana, I. N. (2023). Penerapan Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 12(1), 13–23.

Winanti, K., Yuliyani, & Agoestanto, A. (2018). Jurnal Profesi Keguruan. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2), 121–128.

Yunita, Zainuri, A., & Zulfi, Achmad, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Jambura Journal of Educational Management. Jambura Journal of Educational Management, 4(1).

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Syam, C., Olendo, Y. O., & Putra, Z. A. W. (2024). TCl dan SCl: Bentuk Kolaborasi Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Journal of Education Research, 5(2), 1968–1973. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.486

Issue

Section

Articles