Peserta Didik dalam Pandangan Al-Qur’an

Authors

  • Risqa Adila Rifani Pendidikan Agama Islam, Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Abd Rahman Pendidikan Agama Islam, Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.484

Keywords:

Peserta Didik, Pandangan, Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana pandangan  Al-Qur'an mengenai peserta didik. Fokus penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana Al-Qur'an melihat peserta didik, sifat-sifat peserta didik menurut Al-Qur’an, kisah-kisah di dalam Al-Qur’an tentang peserta didik, dan sikap peserta didik kepada pendidik menurut Al-Qur’an. Metode penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pandangan Al-Qur'an terhadap peserta didik sebagai subjek penting dalam proses pendidikan berfokus pada nilai-nilai moral, etika, dan pengembangan karakter. Didalam Al-Qur'an terdapat ayat-ayat yang berkaitan dengan peserta didik, salah satunya kisah Luqmanul Hakim yang diabadikan dalam Q.S Luqman tentang cara Luqman mendidik anakny. Al-Qur'an memandang peserta didik sebagai anugerah dan amanah dari Allah SWT yang memerlukan perlindungan, bimbingan, dan pendidikan yang mendalam. Konsep seperti "taqwa" dan "akhlaq" menjadi dasar dalam membimbing peserta didik menuju kehidupan yang beretika dan bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Quran Digital

Amirudin, N., Muhammad , S., & Ulum, S. (2020). Karakteristik Peserta Didik Yang Ideal Perspektif Al-Qur'an Dan Hadits. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 9, 81.

Abnisa, A. P. (2017). Konsep Pendidik Dan Peserta Didik. Jurnal Asy- Syukriyyah, 70.

Alwi, M. B. (2021). ETIKA PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 158.

Aminah, S. (2013, Jananuari - Juni). Membangun Komunikasi Efektif Antara Pendidik Dengan Peserta Didik Dalam Perspektif Islam. Madrasah, 5, 138.

As-Suyuti, I. J.-M. (2009). Terjemahan Tafsir.

Fakhrurrazi. (2020, Juni). Peserta Didik Dalam Wawasan AL-Qur'an. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam , 12, 44.

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Islam (Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh). Bandung: Rosdakarya.

Karman, M. (2018). Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nadirah, S. (2013, Desember). Anak Didik Perspektif Nativisme, Empirisme, Dan Konvergensi. Lentera Pendidikan, 16, 188.

Nurfadilah. (2019). TEORI DAN KONSEP PESERTA DIDIK MENURUT AL-QURAN. EduProf, 63.

Nurfadilah. (2019, September). TEORI DAN KONSEP PESERTA DIDIK MENURUT AL-QURAN. EduProf Volume 1 No. ,, 1, 17.

Pasaribu, M., & Fanreza, R. (2016). Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Anak Didik. Google Cendikia, 60.

Shihab, Q. (2005). Tafsir Al-Misbah, Cet. III. . Jakarta: Lentera Hati.

Umar, B. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.

Zailani. (2017). ETIKA BELAJAR DAN MENGAJAR. intiqad, 155-156.

Downloads

Published

2023-09-24

How to Cite

Rifani, R. A., & Rahman, A. (2023). Peserta Didik dalam Pandangan Al-Qur’an. Journal of Education Research, 4(3), 1434–1442. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.484

Issue

Section

Articles

Citation Check