Peserta Didik dalam Pandangan Al-Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.484Keywords:
Peserta Didik, Pandangan, Al-Qur’anAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana pandangan Al-Qur'an mengenai peserta didik. Fokus penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana Al-Qur'an melihat peserta didik, sifat-sifat peserta didik menurut Al-Qur’an, kisah-kisah di dalam Al-Qur’an tentang peserta didik, dan sikap peserta didik kepada pendidik menurut Al-Qur’an. Metode penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pandangan Al-Qur'an terhadap peserta didik sebagai subjek penting dalam proses pendidikan berfokus pada nilai-nilai moral, etika, dan pengembangan karakter. Didalam Al-Qur'an terdapat ayat-ayat yang berkaitan dengan peserta didik, salah satunya kisah Luqmanul Hakim yang diabadikan dalam Q.S Luqman tentang cara Luqman mendidik anakny. Al-Qur'an memandang peserta didik sebagai anugerah dan amanah dari Allah SWT yang memerlukan perlindungan, bimbingan, dan pendidikan yang mendalam. Konsep seperti "taqwa" dan "akhlaq" menjadi dasar dalam membimbing peserta didik menuju kehidupan yang beretika dan bermakna.
Downloads
References
Al-Quran Digital
Amirudin, N., Muhammad , S., & Ulum, S. (2020). Karakteristik Peserta Didik Yang Ideal Perspektif Al-Qur'an Dan Hadits. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 9, 81.
Abnisa, A. P. (2017). Konsep Pendidik Dan Peserta Didik. Jurnal Asy- Syukriyyah, 70.
Alwi, M. B. (2021). ETIKA PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 158.
Aminah, S. (2013, Jananuari - Juni). Membangun Komunikasi Efektif Antara Pendidik Dengan Peserta Didik Dalam Perspektif Islam. Madrasah, 5, 138.
As-Suyuti, I. J.-M. (2009). Terjemahan Tafsir.
Fakhrurrazi. (2020, Juni). Peserta Didik Dalam Wawasan AL-Qur'an. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam , 12, 44.
Gunawan, H. (2014). Pendidikan Islam (Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh). Bandung: Rosdakarya.
Karman, M. (2018). Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nadirah, S. (2013, Desember). Anak Didik Perspektif Nativisme, Empirisme, Dan Konvergensi. Lentera Pendidikan, 16, 188.
Nurfadilah. (2019). TEORI DAN KONSEP PESERTA DIDIK MENURUT AL-QURAN. EduProf, 63.
Nurfadilah. (2019, September). TEORI DAN KONSEP PESERTA DIDIK MENURUT AL-QURAN. EduProf Volume 1 No. ,, 1, 17.
Pasaribu, M., & Fanreza, R. (2016). Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Anak Didik. Google Cendikia, 60.
Shihab, Q. (2005). Tafsir Al-Misbah, Cet. III. . Jakarta: Lentera Hati.
Umar, B. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.
Zailani. (2017). ETIKA BELAJAR DAN MENGAJAR. intiqad, 155-156.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Risqa Adila Rifani, Abd Rahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).