Validasi E-Modul Berbasis Mobile Learning dalam Pembelajaran Inovatif Pendidikan Kewarganegaraan

Authors

  • Ajeng Ayu Milanti Teknik Perancangan dan Konstruksi Mesin-Politeknik Negeri Bandung, Indonesia
  • Carolina M. Lasambouw Akuntansi-Politeknik Negeri Bandung, Indonesia
  • M. Yunus Maulana Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan -Politeknik Negeri Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.482

Keywords:

Pembelajaran Pkn, E-Modul Mobile Learning, Pembelajaran Inovatif

Abstract

Penerapan metode pembelajaran konvensional seperti ceramah menjadi kontradiktif dengan perkembangan media pembelajaran saat ini. Pada era globalisasi dan digitalisasi, pembelajaran harus beradaptasi dengan perubahan untuk tetap relevan dan efektif. Pembelajaran digital merupakan solusi tepat melihat perubahan tersebut. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui hasil validasi para ahli terhadap pengembangan media pembelajaran e-modul Pendidikan Kewarganegaraan berbasis mobile learning serta hasil uji coba media sehingga tepat digunakan oleh mahasiswa dengan trend teknologi saat ini. Dengan memanfaatkan teknologi mobile, diharapkan mahasiswa dapat mengakses konten pembelajaran kapan saja dan di mana saja, memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam proses pembelajaran. Media e-modul ini dirancang untuk menyajikan materi pembelajaran secara visual, interaktif, dan responsif terhadap kebutuhan mahasiswa. Subjek yang terlibat adalah tiga orang ahli, terdiri dari ahli materi, ahli media dan ahli bahasa serta enam puluh enam orang mahasiswa Politeknik Negeri Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode Research and Development. Adapun metode pengumpulan data validasi ahli dan hasil uji coba mahasiswa diberikan melalui kuisioner offline dan online. Hasil penilaian tersebut kemudian diolah dan disesuaikan dengan rubrik penilaian.  Diperoleh hasil rata-rata validasi ketiga ahli sebesar delapan pula lima koma delapan puluh tiga persen menunjukkan bahwa media e-modul berbasis mobile learning sangat layak untuk dimanfaatkan. Selanjutnya media e-modul ini juga diuji cobakan kepada enam puluh enam mahasiswa dengan hasil prosentasi delapan puluh koma sebelas persen pada kategori sangat layak. Dari itu, seluruh penilaian ahli dan mahasiswa menunjukan bahwa e-modul Pendidikan Kewarganegaraan berbasis mobile learning layak digunakan. Sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran di Perguruan Tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfan, M., Khasairi, M., & Maziyah, L. (2020). Interactive Android Based Learning Media sebagai Inovasi Pembelajaran Membaca Bahasa Arab di Perguruan Tinggi: Desain Pengembangan Rekursif, Reflektif, dan Kolaboratif. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Asmi, A. R., Dhita Surbakti, A. N., & C., H. (2018). E-Module Development Based Flip Book Maker for Character Building in Pancasila Coursework Sriwijaya University. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1).

Asyhar, R. (2011). Kreatif mengembangkan media pembelajaran. Gaung Persada Press.

Barliana, L. (2015). Pengembangan media pembelajaran audio cerita pendek yang bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter untuk meningkatkan keterampilan menyimak bagi peserta didik pendidikan menengah. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–7.

Chakhoyan, A. (2016, March 11). How will 5G internet change the world? Weforum.Org.

Eko Putro Widoyoko. (2011). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Farikhatus Sholikhah, F., Rejekiningsih, T., Agung Sutimin, L., & Artikel Abstrak, I. (n.d.). Validasi Pengembangan Modul Pembelajaran PPKN Berbasis Mobile untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas XI SMA. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Firdausi, F., & Setiani, P. (2018). Pengembangan Modul E-Learning Berbasis Web Dalam Pembelajaran Pendidikan Panasila dan Kewarganegaraan Pada Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Jurnal Edukasi, 1(1).

Gani, A. Abd., & Saddam, S. (2020). Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Mobile Learning di Era Industri 4.0. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 36. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i1.1849

Green, A., Boateng, B. A., Lowe, G. R., Walden, M. (2017). Evaluating Evidence-Based Practice Knowledge and Beliefs Through the e-Learning EBP Academy. The Journal of Continuing Education in Nursing; Thorofare, 48(7), 304–311. https://doi.org/DOI: 10.3928/00220124-20170616-07

Hanum, Z. (2021, March 7). Kemenkominfo: 89% Penduduk Indonesia Gunakan Smartphone. Media Indonesia.

Holiwarni, B. (2013). Pengembangan media pembelajaran berbantukan komputer (computer assisted instruction/cia) untuk pembelajaran kimia sma. Jurnal Sorot, 9(1), 17–24.

Husnulwati, S., Sardana, L., & Suryati, S. (2019). Pengembangan E-Modul Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Aplikasi Android. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 252. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21013

Ibrahim, R., & Nana, S. S. (2003). Perencanaan Pengajaran. PT. Rineka Cipta.

Lasambouw, C. M., Farid, M., Hodijah, A., Nuryati, N., Sutjiredjeki, E., & Yuliyawati, S. N. (n.d.). Application of Gamification in Ethnic Excellence-Based Character Education Programs. In Journal of Games, Game Art and Gamification (Vol. 07, Issue 02).

Maduriana, I. M. (2012). Membangkitkan profesionalisme guru melalui penelitian tindakan kelas: suatu kajian pustaka. Jurnal Suluh Pendidikan, 10(1), 38–44.

Mnkandla, E., & Minnaar, A. (2017). The use of social media in E-Learning: A metasynthesis. International Review of Research in Open and Distance Learning, 18(5), 227–248. https://doi.org/10.19173/irrodl.v18i5.3014

Mulyana, & Marlin L. (2009). Tutorial membangun multimedia interaktif media pembelajaran. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Gaung Persada Press.

Nurzaelani, M. M., Kasman, R., & Achyanadia, S. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTEGRASI NASIONAL BERBASIS MOBILE. Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3), 264–279.

Prasetyo, A. (2012). Pengembangan media komik bermuatan gender dalam peningkatan keterampilan bercerita peserta didik sekolah dasar tingkat tinggi. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 103–107.

Pujawan, S. P. M., Martha, N., & Suandi, N. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Teks Anekdot dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk peserta didik kelas x sma negeri 2 semarapura. Jurnal Penelitian Pascasarjana UNDIKSHA, 3(1), 1–12.

Ramansyah, W. (2014). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis adobe flash cs3 pada kelas 1 sdn bancaran 3 bangkalan. Jurnal Ilmiah Edutic, 1(1), 1–11.

Statista Research Department. (2022, July). Number of smartphone users in Indonesia from 2019 to 2021 with forecasts until 2028. Statista Research Department.

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI, 2(3). http://eXelearning.org

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.

Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2).

Usmiarti, U. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan E Modul. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 28–33. https://doi.org/10.31539/intecoms.v1i1.139

Yulastri, A., Hidayat, H., Ganefri, Islami, S., & Edya, F. (2017). Developing an Entrepreneurship Module by Using Product-Based Learning Approach in Vocational Education. International Journal Of Environmental And Science Education, 12(5), 1097–1109.

Downloads

Published

2023-10-02

How to Cite

Milanti, A. A., Lasambouw, C. M., & Maulana, M. Y. (2023). Validasi E-Modul Berbasis Mobile Learning dalam Pembelajaran Inovatif Pendidikan Kewarganegaraan. Journal of Education Research, 4(4), 1543–1552. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.482

Issue

Section

Articles

Citation Check