Validasi E-Modul Berbasis Mobile Learning dalam Pembelajaran Inovatif Pendidikan Kewarganegaraan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.482Keywords:
Pembelajaran Pkn, E-Modul Mobile Learning, Pembelajaran InovatifAbstract
Penerapan metode pembelajaran konvensional seperti ceramah menjadi kontradiktif dengan perkembangan media pembelajaran saat ini. Pada era globalisasi dan digitalisasi, pembelajaran harus beradaptasi dengan perubahan untuk tetap relevan dan efektif. Pembelajaran digital merupakan solusi tepat melihat perubahan tersebut. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui hasil validasi para ahli terhadap pengembangan media pembelajaran e-modul Pendidikan Kewarganegaraan berbasis mobile learning serta hasil uji coba media sehingga tepat digunakan oleh mahasiswa dengan trend teknologi saat ini. Dengan memanfaatkan teknologi mobile, diharapkan mahasiswa dapat mengakses konten pembelajaran kapan saja dan di mana saja, memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam proses pembelajaran. Media e-modul ini dirancang untuk menyajikan materi pembelajaran secara visual, interaktif, dan responsif terhadap kebutuhan mahasiswa. Subjek yang terlibat adalah tiga orang ahli, terdiri dari ahli materi, ahli media dan ahli bahasa serta enam puluh enam orang mahasiswa Politeknik Negeri Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode Research and Development. Adapun metode pengumpulan data validasi ahli dan hasil uji coba mahasiswa diberikan melalui kuisioner offline dan online. Hasil penilaian tersebut kemudian diolah dan disesuaikan dengan rubrik penilaian. Diperoleh hasil rata-rata validasi ketiga ahli sebesar delapan pula lima koma delapan puluh tiga persen menunjukkan bahwa media e-modul berbasis mobile learning sangat layak untuk dimanfaatkan. Selanjutnya media e-modul ini juga diuji cobakan kepada enam puluh enam mahasiswa dengan hasil prosentasi delapan puluh koma sebelas persen pada kategori sangat layak. Dari itu, seluruh penilaian ahli dan mahasiswa menunjukan bahwa e-modul Pendidikan Kewarganegaraan berbasis mobile learning layak digunakan. Sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran di Perguruan Tinggi.
Downloads
References
Alfan, M., Khasairi, M., & Maziyah, L. (2020). Interactive Android Based Learning Media sebagai Inovasi Pembelajaran Membaca Bahasa Arab di Perguruan Tinggi: Desain Pengembangan Rekursif, Reflektif, dan Kolaboratif. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Asmi, A. R., Dhita Surbakti, A. N., & C., H. (2018). E-Module Development Based Flip Book Maker for Character Building in Pancasila Coursework Sriwijaya University. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1).
Asyhar, R. (2011). Kreatif mengembangkan media pembelajaran. Gaung Persada Press.
Barliana, L. (2015). Pengembangan media pembelajaran audio cerita pendek yang bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter untuk meningkatkan keterampilan menyimak bagi peserta didik pendidikan menengah. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–7.
Chakhoyan, A. (2016, March 11). How will 5G internet change the world? Weforum.Org.
Eko Putro Widoyoko. (2011). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Farikhatus Sholikhah, F., Rejekiningsih, T., Agung Sutimin, L., & Artikel Abstrak, I. (n.d.). Validasi Pengembangan Modul Pembelajaran PPKN Berbasis Mobile untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas XI SMA. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Firdausi, F., & Setiani, P. (2018). Pengembangan Modul E-Learning Berbasis Web Dalam Pembelajaran Pendidikan Panasila dan Kewarganegaraan Pada Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Jurnal Edukasi, 1(1).
Gani, A. Abd., & Saddam, S. (2020). Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Mobile Learning di Era Industri 4.0. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 36. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i1.1849
Green, A., Boateng, B. A., Lowe, G. R., Walden, M. (2017). Evaluating Evidence-Based Practice Knowledge and Beliefs Through the e-Learning EBP Academy. The Journal of Continuing Education in Nursing; Thorofare, 48(7), 304–311. https://doi.org/DOI: 10.3928/00220124-20170616-07
Hanum, Z. (2021, March 7). Kemenkominfo: 89% Penduduk Indonesia Gunakan Smartphone. Media Indonesia.
Holiwarni, B. (2013). Pengembangan media pembelajaran berbantukan komputer (computer assisted instruction/cia) untuk pembelajaran kimia sma. Jurnal Sorot, 9(1), 17–24.
Husnulwati, S., Sardana, L., & Suryati, S. (2019). Pengembangan E-Modul Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Aplikasi Android. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 252. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21013
Ibrahim, R., & Nana, S. S. (2003). Perencanaan Pengajaran. PT. Rineka Cipta.
Lasambouw, C. M., Farid, M., Hodijah, A., Nuryati, N., Sutjiredjeki, E., & Yuliyawati, S. N. (n.d.). Application of Gamification in Ethnic Excellence-Based Character Education Programs. In Journal of Games, Game Art and Gamification (Vol. 07, Issue 02).
Maduriana, I. M. (2012). Membangkitkan profesionalisme guru melalui penelitian tindakan kelas: suatu kajian pustaka. Jurnal Suluh Pendidikan, 10(1), 38–44.
Mnkandla, E., & Minnaar, A. (2017). The use of social media in E-Learning: A metasynthesis. International Review of Research in Open and Distance Learning, 18(5), 227–248. https://doi.org/10.19173/irrodl.v18i5.3014
Mulyana, & Marlin L. (2009). Tutorial membangun multimedia interaktif media pembelajaran. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Gaung Persada Press.
Nurzaelani, M. M., Kasman, R., & Achyanadia, S. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTEGRASI NASIONAL BERBASIS MOBILE. Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3), 264–279.
Prasetyo, A. (2012). Pengembangan media komik bermuatan gender dalam peningkatan keterampilan bercerita peserta didik sekolah dasar tingkat tinggi. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 103–107.
Pujawan, S. P. M., Martha, N., & Suandi, N. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Teks Anekdot dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk peserta didik kelas x sma negeri 2 semarapura. Jurnal Penelitian Pascasarjana UNDIKSHA, 3(1), 1–12.
Ramansyah, W. (2014). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis adobe flash cs3 pada kelas 1 sdn bancaran 3 bangkalan. Jurnal Ilmiah Edutic, 1(1), 1–11.
Statista Research Department. (2022, July). Number of smartphone users in Indonesia from 2019 to 2021 with forecasts until 2028. Statista Research Department.
Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI, 2(3). http://eXelearning.org
Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.
Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2).
Usmiarti, U. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan E Modul. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 28–33. https://doi.org/10.31539/intecoms.v1i1.139
Yulastri, A., Hidayat, H., Ganefri, Islami, S., & Edya, F. (2017). Developing an Entrepreneurship Module by Using Product-Based Learning Approach in Vocational Education. International Journal Of Environmental And Science Education, 12(5), 1097–1109.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Ajeng Ayu Milanti, Carolina M. Lasambouw, M. Yunus Maulana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).