Penerapan Modul Ajar Matematika Menunjang Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sekolah Penggerak SMP
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.479Keywords:
Penerapan, Modul Ajar, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Penerapan Kurikulum Merdeka dalam pendidikan berpatokan pada esensi belajar, dimana setiap peserta didik memiliki bakat dan minatnya masing-masing. Tujuan merdeka belajar adalah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan zaman yaitu peserta didik tidak hanya dibentuk menjadi cerdas namun juga berkarakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila atau disebut sebagai wujud Profil Pelajar Pancasila. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan modul ajar matematika dalam menunjang penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah penggerak mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan teknik. Tahapan analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: dalam hal perencanaan guru matematika melakukan perencanaan sebelum melakukan proses pembelajaran, menganalisis capaian pembelajaran sebelum menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran serta melakukan identifikasi dan menentukan dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam hal pelaksanaan sekolah menerapkan modul ajar matematika dalam menunjang penguatan Profil Pelajar Pancasila, menguatkan dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dipilih di modul ajar dalam proses pembelajaran melalui materi, pedagogi, kegiatan pembelajaran dan asesmen dalam hal penilaian di sekolah penggerak dilakukan dengan berbagai teknik.
Downloads
References
A Hartoyo. (2015). Pembinaan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika. Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No 1
Bistari. (2021). Pengkondisian Nilai karakter Nasionalisme dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan Vol. 5 No 1 https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102436
Fadillah, S. (2013). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma Volume 6 Nomor 2:142-148
Jamiah, Y (2020). Penguatan Karakter Siswa Perbatasan Melalui Internalisasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Alpha EuclidEdu, 1(2), 69-83
Kirnandita, P. (2017). Baik-Buruk Efek Instagram bagi Kesehtan Mental. Tirto.Id. https://tirto.id/baik-buruk-efek-instagram-bagi-kesehatan-mental-csr7Kemdikbud. (2020). Buku panduan merdeka belajar – kampus merdeka. Direktorat jenderal pendidikan tinggi kementerian pendidikan dan kebudayaan. Diakses dari artikel internet http://dikti.kemdikbud.go.id/wpcontent/uploads/2020/04/BukuPanduan-Merdeka-Belajar-KampusMerdeka-2020
Kemdikbudristek (2022, Mei). Profil Pelajar Pancasila. Retrieved from Buku Tunas Pancasila: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam, 5(2), 130-138.
Munthoi, A. (n.d.). Penerapan Program The Leader in Me di sekolah SD An-Nisaa Jombang. Jakarta: FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
Nisa, Fatihatun & Larasati, Hanifa & Supratman, Yuana. (2021). Hubungan Mata Pelajaran Pancasila Di Sekolah Terhadap Penerapan Implementasi Pancasila Pada Pelajar. Jurnal Pancasila dan Bela Negara. 1. 10.31315/jpbn.v1i1.4435.
Numertayasa, I. W., Kusuma, I. K. N., & Astuti, N. P. E. (2022). Pengembangan silabus penguatan pendidikan karakter berbasis profil pelajar pancasila . Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(2), 97–108. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i2.6260
Rachmawati, N. M. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 6.3, 613 - 625.
Saldaña, J. (2014). Fundamentals of qualitative research. Oxford University Press.
Sudarmanto. (2021). Pengaruh Komunikasi Kepala Sekolah Terhadap Keterlaksanaan Kepemimpinan Sekolah Pada Program Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(4), 462–472.
Suhandi, A. M., & Robi'ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936-5945
Wijaya, A., Mustofa, M. S., & Husain, F. (2020). Sosialisasi program merdeka belajar dan guru penggerak bagi guru SMPN 2 Kabupaten Maros. Jurnal Puruhita , 2(1), 46-50.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rinda Kusmayanti, Agung Hartoyo, Nurfadilah Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).