Pengembangan Disiplin Diri melalui Kegiatan Pramuka Baris Berbaris di SMPN 2 Suradadi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.477Keywords:
Kegiatan Baris - Berbaris, Pramuka Penggalang, Karakter Disiplin DiriAbstract
Pramuka merupakan bentuk kegiatan yang dapat membentuk karakter dan akhlak untuk peserta didik terutama pada pramuka penggalang. Salah satu bentuk kegiatan pramuka adalah baris-berbaris. Kegiatan baris – berbaris dapat menumbuhkan sikap jasmani yang tegas dan tangkas, rasa persatuan serta disiplin yang bertujuan untuk menanamkan rasa tanggung jawab. Tujuan penelitian ini adalah pengembangan karakter disiplin diri Pramuka Penggalang di SMP Negeri dua Suradadi Tahun Pelajaran dua ribu dua puluh dua sampai dua ribu dua puluh tiga melalui kegiatan latihan baris-berbaris. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian adalah Pembina Pramuka SMP Negeri dua Suradadi, dan Peserta didik SMP Negeri dua Suradadi Kelas VII dan Kelas VIII yang masih belum disiplin. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah peserta didik yang mengikuti kegiatan latihan baris berbaris dalam pramuka menjadi lebih disiplin. Disiplin yang didapatkan peserta didik ditingkatkan melalui komunikasi yang efektif, penegakan aturan, dan peningkatan motivasi sebagai hasil dari keberhasilan materi baris berbaris.
Downloads
References
Azzet, Akhmad Muhaimin. 2014. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Dani, Agus & Budi Anwari. 2015. Buku Panduan Pramuka Siaga. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Pendidikan Karakter Internalisasi dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Kata Pena.
Mudjia Rahardjo. 2017. Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Program Pascasarana, 10-22. Malang.
Mulyasa. 2016. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Pustaka Agung Harapan (PAH) TIM. 2015. Panduan Lengkap Gerakan Pramuka. Surabaya: CV. Pustaka.
Permendikbud nomor 63 tahun 2014, Tentang Pendidikan Kepramukaan.
Rahmat, Dimas. 2015. Buku Materi Pramuka Penegak. Purwodadi: DRPSAP Turtle.
Rijali, A. 2018. Analisis Data Kualitatif. Banjarmasin: UIN Antasari. 17(33), 81–95.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Taubah, Mufatihatut dan Uswatun Chasanah. 2018. Peranan Gerakan Pramuka dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme di Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus di MIN Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018). Elementary: Islamic Teacher Journal. 6 (2).
Tim Penyusun. 2021. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Kemendiknas Kemendiknas.
Woro, Sri dan Marzuki. 2016. Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SMP Negeri 2 Windusari Magelang. Jurnal Pendidikan Karakter. 4 (1).
Zainul. 2016. Buku Pintar Pramuka. Jakarta: Duta Prestasi.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Wasiat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).