Pengembangan Disiplin Diri melalui Kegiatan Pramuka Baris Berbaris di SMPN 2 Suradadi

Authors

  • Wasiat Program Pascasarjana Magister Pedagogi UPS Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.477

Keywords:

Kegiatan Baris - Berbaris, Pramuka Penggalang, Karakter Disiplin Diri

Abstract

Pramuka merupakan bentuk kegiatan yang dapat membentuk karakter dan akhlak untuk peserta didik terutama pada pramuka penggalang. Salah satu bentuk kegiatan pramuka adalah baris-berbaris. Kegiatan baris – berbaris dapat menumbuhkan sikap jasmani yang tegas dan tangkas, rasa persatuan serta disiplin yang bertujuan untuk menanamkan rasa tanggung jawab. Tujuan penelitian ini adalah pengembangan karakter disiplin diri Pramuka Penggalang di SMP Negeri dua Suradadi Tahun Pelajaran dua ribu dua puluh dua sampai dua ribu dua puluh tiga melalui kegiatan latihan baris-berbaris. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian adalah Pembina Pramuka SMP Negeri dua Suradadi, dan Peserta didik SMP Negeri dua Suradadi Kelas VII dan Kelas VIII yang masih belum disiplin. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah peserta didik yang mengikuti kegiatan latihan baris berbaris dalam pramuka menjadi lebih disiplin. Disiplin yang didapatkan peserta didik ditingkatkan melalui komunikasi yang efektif, penegakan aturan, dan peningkatan motivasi sebagai hasil dari keberhasilan materi baris berbaris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azzet, Akhmad Muhaimin. 2014. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Dani, Agus & Budi Anwari. 2015. Buku Panduan Pramuka Siaga. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Pendidikan Karakter Internalisasi dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Kata Pena.

Mudjia Rahardjo. 2017. Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Program Pascasarana, 10-22. Malang.

Mulyasa. 2016. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Pustaka Agung Harapan (PAH) TIM. 2015. Panduan Lengkap Gerakan Pramuka. Surabaya: CV. Pustaka.

Permendikbud nomor 63 tahun 2014, Tentang Pendidikan Kepramukaan.

Rahmat, Dimas. 2015. Buku Materi Pramuka Penegak. Purwodadi: DRPSAP Turtle.

Rijali, A. 2018. Analisis Data Kualitatif. Banjarmasin: UIN Antasari. 17(33), 81–95.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Taubah, Mufatihatut dan Uswatun Chasanah. 2018. Peranan Gerakan Pramuka dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme di Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus di MIN Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018). Elementary: Islamic Teacher Journal. 6 (2).

Tim Penyusun. 2021. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Kemendiknas Kemendiknas.

Woro, Sri dan Marzuki. 2016. Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SMP Negeri 2 Windusari Magelang. Jurnal Pendidikan Karakter. 4 (1).

Zainul. 2016. Buku Pintar Pramuka. Jakarta: Duta Prestasi.

Downloads

Published

2023-10-16

How to Cite

Wasiat. (2023). Pengembangan Disiplin Diri melalui Kegiatan Pramuka Baris Berbaris di SMPN 2 Suradadi. Journal of Education Research, 4(4), 1678–1683. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.477

Issue

Section

Articles

Citation Check