Dunia Digital vs Dunia Rohani: Dilema Dalam Pertumbuhan Anak

Authors

  • Juwinner Kasingku Pendidikan Agama Kristen, Universitas Klabat, Indonesia
  • Alan Hubert Frederick Sanger Pendidikan Agama Kristen, Universitas Klabat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.476

Keywords:

Gawai, Pertumbuhan Spiritual, Anak

Abstract

Dalam era teknologi yang semakin maju termasuk gadget, telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Tidak bisa dipungkiri banyak waktu yang terbuang diakibatkan oleh penggunaan gadget di dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa terlibat dalam penggunaan gadget ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apa saja dampak penggunaan gadget terhadap kerohanian anak. Artikel ini menguraikan beberapa dampak positif dan negatif dalam penggunaan gadget terhadap pertumbuhan spiritual manusia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kajian kepustakaan. Gadget memberikan manfaat yang signifikan dalam memfasilitasi komunikasi, memudahkan mengakses materi rohani, dan dapat mengatur jadwal dalam melangsungkan kegiatan-kegiatan rohani. Namun, penggunaan yang berlebihan atau tidak bijak dapat berdampak negatif seperti mengganggu kualitas dalam beribadah, menurunkan perhatian terhadap firman Tuhan dan merusak keseimbangan dalam kehidupan rohani. Orang tua memiliki peran pentin dalam mengawasi dan membimbing anak-anak dalam penggunaan gadget untuk memastikan pertumbuhan kerohanian mereka tidak terganggu. Kesimpulannya, penggunaan gadget ang bijak dan terkendali dapat memberikan manfaat bagi pertumbuhan kerohanian individu, begitu pula sebaliknya. Perlu kesadaran akan dampak negative yang mungkin timbul dan tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mempertahankan keseimbangan antara teknologi dan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Ameliola, S., & Nugraha, H. D. (2013). Perkembangan media informasi dan teknologi terhadap anak dalam era globalisasi. Prosiding the 5th International Conference on Indonesia Studies: “Ethnicity and Globalization,” 362–371.

Andriani, R. P., Fardani, Much. A., & Ermawati, D. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Gadget pada karakter peduli sosial anak. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(4), 862–873. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1649

Annisa, N., Padilah, N., Rulita, R., & Yuniar, R. (2022). Dampak gadget terhadap perkembangan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(9), 837–849. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i9.1159

Aris. (2021). Sejarah perkembangan teknologi komunikasi. https://www.gramedia.com/literasi/sejarah-perkembangan-teknologi-komunikasi/

Arnus, S. H. (2015). Computer mediated communication (cmc), pola baru berkomunikasi. 8(2).

Budi, T. (2019, January 26). Anak zaman now tak main gadget bakal ditertawakan teman. https://nasional.okezone.com/read/2019/01/26/337/2009732/anak-zaman-now-tak-main-gadget-bakal-ditertawakan-teman

Damayanti, E., Ahmad, A., & Bara, A. (2020). Dampak negatif gadget berdasarkan aspek perkembangan anak. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 4(1), 1–22. https://doi.org/10.21274/martabat.2020.4.1.1-22

Desianti L. (n.d.). Hospitalitas gadget dan dampaknya bagi pemuda kristen masa kini.

Dharma, R. (2022). Gadget adalah perangkat elektronik dengan banyak fungsi, ini penjelasannya. https://accurate.id/teknologi/gadget-adalah/

Fatmawati, S. (2017). Pengaruh penggunaan handphone terhadap aktivitas ibadah siswa smp negeri 166 jakarta [Skripsi]. UIN Syarif Hidayatullah.

Gulo, Y. K., Zalukhu, N., & Saogo, S. N. (2022). Sosialisasi dampak negatif gadget terhadap kehidupan rohani anak dusun payok desa lamoanak kecamatan menjalin. Jurnal PKM: SETIADHARMA, 3(3), 147–156. https://doi.org/10.47457/jps.v3i3.297

Halawa, F. (2023). Pengaruh gadget terhadap pertumbuhan kerohanian remaja kristen fatieli halawa sekolah tinggi teologi injili arastamar (setia) jakarta. 1(3), 144–154. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v1i3.182

Hanifatu, N. (2020). Problematika gotong royong dalam arus globalisasi menjadikan masyarakat individualis. Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

Harfiyanto, D., Cahyo, , Utomo, B., & Budi, T. (2015). Pola interaksi sosial siswa pengguna gadget di sma n 1 semarang. JESS, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.15294/JESS.V4I1.6859

Hasibuan, M. S., & Darlis, A. (2023). Hubungan perhatian orang tua dengan tanggung jawab ibadah remaja. Jurnal PAI Raden Fatah, 5(1), 42–57. https://doi.org/10.19109/pairf.v5i1

Hidayat, A. T. A., Arifin, I., & Rangga, A. (2022). Dampak aplikasi islami dalam kegiatan ibadah sholat bagi generasi z. Tazkiyya: Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan Dan Kebudayaan, 23(2), 171–180. https://doi.org/10.32678/tjk3.v23i2.6083

Kasingku, J. D., & Sasarari, F. N. (2022). Peran guru pendidikan agama kristen sebagai pembimbing dalam pembentukan karakter siswa. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(5), 1520. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8930

Kotulus, M. T. M. (2015). Aplikasi alkitab lagu-lagu pujian & tatacara ibadah gereja masehi injili di minahasa (gmim). Politeknik Negeri Manado.

Lepa, R., Hartono, T., Adijanto, H., Mamahit, H., Freliyanti, Lago, E., Kuntaua, D., & Walean Jefrie. (2022). Paradigma Spiritualitas kristen di era 5.0 (J. Walean, Ed.). CV Andi Offset.

Mahfud, M. N., & Wulansari, A. (2018). PENGGUNAAN GADGET UNTUK MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF. Seminar Nasional Pendidikan III 2018 ( Pendidikan Akuntansi FKIP UMS), 58–63.

Molawan, Y. M., & Mosooli, E. A. (2020). Pengunaan gadget dalam pak untuk memperdalam kerohanian peserta didik. BONAFIDE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(1), 83–101. https://doi.org/10.46558/bonafide.v1i1.13

Nafaida, R., Nurmasyitah, & Nursamsu. (2020). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan anak. BEST: Journal of Biology Education, Science & Technology, 3(2), 57–61. https://doi.org/10.30743/best.v3i2.2807

Narti, S. (2017). Pemanfaatan “whatsapp” sebagai media komunikasi dosen dengan mahasiswa bimbingan skripsi (studi analisis Deskriptif pada mahasiswa ilmu komunikasi bimbingan skripsi universitas Dehasen Bengkulu tahun 2016). Jurnal Professional FIS UNIVED, 4(1), 26–44. https://doi.org/10.37676/professional.v4i1.448

Pandiangan, K., Hutagalung, S., & Ferinia, R. (2021). Dinamika ibadah gereja menggunakan Daring dimasa pandemi Covid-19 berdasarkan Ibrani 10:25. TE DEUM (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan), 11(1), 47–73. https://doi.org/10.51828/td.v11i1.151

Pelawi, S., Hutagalung, S., & Ferinia, R. (2021). Pengaruh gadget dan pertumbuhan kerohanian remaja smp advent barusjulu di masa pandemi covid-19 berdasarkan ulangan 6:7. Jurnal Kadesi, 4(1), 23–45. https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v4i1.12

Pelawi, S., Hutagalung, S., & Ferinia Rolyana. (2021). Pengaruh gadget dan pertumbuhan kerohanian remaja smp advent berusjulu di masa pandemi covid-19 berdasarkan ulangan 6:7. Jurnal Kadesi, 4(1), 23–45. https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v4i1.12

Putra, C. A. (2017). Pemanfaatan teknologi gadget sebagai media pembelajaran. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 33–45. https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i2.752

Putra, Y. (2013). Perancangan dan implementasi aplikasi lagu sion gmahk pada sistem operasi android. TelKa.

Siregar, I. S. (2022). Dampak penggunaan gadget pada anak usia dini studi kasus pada anak usia dini desa siolip. TILA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 140–153. https://doi.org/10.56874/tila.v2i1.757

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi pada anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527–533. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310

Tansi, F. G., & Beriang, S. (2023). Minimnya penggunaan media sosial sebagai sarana komunikasi injil oleh pemuda kristen di abad 21. Jurnal Kala Nea, 4(1), 37–50. http://jurnal.sttimmanuelsintang.ac.id/index.php/sttis/index

Toga, I. S. M. (2016). Era media digital dan keheningan. Atma Reksa: Jurnal Pastoral Dan Kateketik, 1(2), 63–70. https://doi.org/10.53949/ar.v1i2.13

Yuhandra, E., Akhmaddhian, S., Fathanudien, A., & Tendiyanto, T. (2021). Penyuluhan hukum tentang dampak positif dan negatif penggunaan gadget dan media sosial. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 78–84. https://doi.org/10.25134/empowerment.v4i01.4028

Downloads

Published

2023-09-23

How to Cite

Kasingku, J., & Sanger, A. H. F. (2023). Dunia Digital vs Dunia Rohani: Dilema Dalam Pertumbuhan Anak. Journal of Education Research, 4(3), 1325–1330. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.476

Issue

Section

Articles

Citation Check