Implementasi Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMP Negeri 7 Karang Baru

Authors

  • Cahaya Suci Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara, Indonesia
  • Nurman Ginting Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.474

Keywords:

Manajemen Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar, PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran kelas VII di SMP Negeri 7 Karang Baru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui penelitian lapangan. Data untuk penelitian ini diperoleh dari berbagai sumber yang relevan, Penelitian ini diperoleh dari sumber yang relevan, yaitu berdasarkan  sumber data primer yaitu kepala sekolah bapak Alpian S.Pd dan ibu Nurjannah S.Pd.I, selaku guru PAI di SMP N 7 Karang Baru,sumber data sekunder wawancara semi struktur dan observasi fenomena alam di SMP N 7 Karang Baru Provinsi Aceh. Data yang telah diperoleh selanjutnya akan dirangkum, disajikan dan disimpulkan, langkah-langkah tersebut merupakan upaya untuk memastikan hal tersebut hasil penelitian akan disajikan sebagai hasil yang dapat diandalkan dan mungkin objektif. Hasil penelitian ini peneliti menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pengelolaan kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di  SMP Negeri 7 Karang Baru meliputi dua kegiatan pokok: (a) kegiatan pengelolaan kelas siswa meliputi pengaturan tingkah laku, minat/ perhatian, semangat belajar dan dinamika kelompok, (b) penataan fasilitas meliputi ventilasi dan pengaturan tempat duduk bagi siswa. Penerapan pengelolaan kelas dilakukan dengan menerapkan pendekatan interaksi perilaku terpadu, dengan mempertimbangkan guru sebagai sumber motivasi dan inspirasi bagi siswa. Keseluruhan kegiatan tersebut merupakan upaya penerapan pengelolaan kelas oleh guru pada mata  pelajaran PAI di SMP Negeri 7 Karang Baru. Kegiatan yang mereka lakukan sebagian besar hampir sama dan tujuan tidak lain hanyalah untuk menciptakan suasana kelas yang aman,nyaman, dan kondusif agar siswa selalu merasa termotivasi untuk belajar di kelas,Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pengelolaan kelas oleh guru mata pelajaran PAI di SMP Negeri 7 Karang Baru dikelompokkan menjadi tiga kondisi yaitu : (a) kondisi lingkungan fisik, (b) kondisi sosial emosional guru, dan (c) status pelajar. Faktor-faktor ini dapat berubah sewaktu-waktu merupakan inhibitor atau determinan tergantung pada kemampuan guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ginting, N., & Hasanuddin, H. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Islam Terpadu Di Sekolah Islam Terpadu Ulul Ilmi Islamic School Kota Medan. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(2), 293-304.

Nurzannah, N., Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2019). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 1-9).

Amiroh, H., & Ginting, N. (2023). Implementasi Nilai Karakter Dan Budaya Di Lingkungan Ma’had An-Nikmah Al-Islamiyah Phnom Penh. Journal On Teacher Education, 4(3), 330-338.

Miles, M. B. D. A. (1992). Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode–Metode Baru, 2829-0747.

Akmalia, R., Ray, A. U. M., Pramudya, A., Azrohid, F., & Tanjung, L. A. (2023). Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal On Education, 5(3), 9225-9231.

Moleong, L. J. (2006). Qualitative Research Methods Revised Edition. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Warsono, S. (2016). Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Belajar Siswa. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 10(5).

Zubaidah, S. (2019, October). Memberdayakan Keterampilan Abad Ke-21 Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. In Seminar Nasional Nasional Pendidikan Biologi (Pp. 1-19).

Hani, S. (2016). Penerapan Prinsip Ramp 2 Fame Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Mata Kuliah Analisa Laporan Keuangan Pada Mahasiswa Semester 6 Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi UMSU. In Prosiding National National Seminar On Accounting And Finance (Pp. 393-406).

Dewirsyah, A. R., & Hariani, P. P. (2018). Pengaruh Metode Penyelesaian Masalah (Problem Solving) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Belajar Dan Pembelajaran Di FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Pratiwi, S. N. (2016). Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah. Edutech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Rapi, M., & Ruhaya, B. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas Ia Mi Al-Abrar Makassar. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 56-67.

Sa’diyah, M. A. S. H. (2017). Model Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran PAI Di Sd Riyadlul Arkham Tembong Plintahan Pandaan. Jurnal Al-Murabbi, 2(2), 291-310.

Ilmi, A. R. (2019). Implementasi Metode Outdoor Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smpn 1 Mlarak Ponorogo (Doctoral Dissertation, Iain Ponorogo).

Achadah, A. (2019). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMP Nahdhotul Ulama’ Sunan Giri Kepanjen Malang. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 10(2), 363-374.

Hami, E., & Idris, M. (2015). Pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMA N 1 Panca Lautang Sidrap. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(2).

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87-105.

Sulfemi, W. B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1).

Saprin, S. (2017). Pengaruh Penerapan Manajemen Kelas Terhadap Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Di MTS. Negeri Gowa. Al-Kalam, 9(2).

Amalia, H. (2017). Penerapan Manajemen Kelas Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PAI. Menara Tebuireng: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 13(01), 273-288.

Miles, M. B. D. A. (1992). Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode–Metode Baru, 2829-0747.Suardi, M. (2015). Urgensi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 15 Bulukumba. Jurnal Pendidikan. Makasar: Unhas.

Aship, M. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di Smp Muhammadiyah 8 Jakarta: Studi Penelitian Pada Siswa Kelas VIII D Di SMP Muhammadiyah 8 Jakarta.

Downloads

Published

2021-09-19

How to Cite

Suci, C., & Ginting, N. (2021). Implementasi Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMP Negeri 7 Karang Baru. Journal of Education Research, 4(3), 1429–1433. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.474

Issue

Section

Articles

Citation Check