Implementasi Metode Audio Lingual pada Mata Pelajaran Muthalaah di Pondok Pesantren Modern Darul Ihsan Hamparan Perak

Authors

  • Chandrika Putri Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Ellisa Fitri Tanjung Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.469

Keywords:

Audio Lingual, Muthalaah, Pondok Pesantren

Abstract

Masalah pada santri di Pondok Pesantren Modern Darul Ihsan Hamparan Perak adalah aspek pelafalan kosa kata dalam mata pelajaran muthalaah. Muthalaah adalah membaca yang menekankan aspek analisis dan pemahaman terhadap apa yang dibaca pada rangkaian cerita dalam bahasa arab untuk membiasakan santri memahami kalimat dan menterjemahkan bahasa Arab. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis deskriptif, pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini agar santri mampu membaca Al-Quran dengan fasih, agar meningkatkan cara berbahasa santri dengan baik dan benar, juga agar santri mampu berkomunikasi dengan bahasa arab yang tepat. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan pemahaman santri pada kosa kata bahasa arab sehingga memudahkan santri memahamicara berbahasa dan berkomunikasi dengan baik dan benar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-QuranDigital

C. Coker et al., “Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Akidah Islam dengan menggunakan Metode The Power Of Two Kelas X di Madrasah Aliyah Tahfizil Qur’an Medan,” Transcommunication, vol. 53, no. 1, pp. 1–8, 2018,

Dewi Nuraeni and Adzfar Ammar, “Pelaksaan Pembelajaran Mutholaah di MA Ibnul Qoyyim Putri kelas Takhassus Tahun Ajaran 2018/2019 (ditinjau dari kemampuan tarjamah),” EDULAB Maj. Ilm. Lab. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 32–45, 2020, doi: 10.14421/edulab.2020.51-03.

N. Aziza, “Jenis dan Pendekatan Penelitian Penelitian,” Metod. Penelit. Kualitatif, no. 17, pp. 45–54, 2017.

A. Fuadah, “Implementasi Metode Audio Lingual dalam Peningkatkan Kemampuan Pronunciaton Siswa Kelas VIII,” vol. 4, no. 3, pp. 362–371, 2020.

H. Rudi Setiawan and A. Mukti, “Peningkatan Kompetensi Berbahasa Arab Siswa Melalui Model Manajemen Pembelajaran Poace,” J. Arab. Stud., vol. 6, no. 2, pp. 191–204, 2021, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.24865/ajas.v6i2.384

I. Printed, A. Kelas, X. D. I. Mi, and M. Huda, “Alamtara : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam MENINGKATKAN MUFRODAT PADA MATA PELAJARAN BAHASA,” vol. 07, pp. 83–100, 2023.

S. Mustoip, Implementasi Pendidikan Karakter Sofyan Mustoip Muhammad Japar Zulela Ms 2018. 2018.

Muhammad, Syaikh. "Syarah Shahih Bukhari" Jakarta Timur : Darus Sunnah, 2009.

N. S. Nur Humaidah, “Relevansi Penerapan Metode Audiolingual dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Lembaga Pendidikan Indonesia,” Arabia, vol. 8, no. 2, pp. 306–326, 2016.

J. P. Islam, “Jurnal pendidikan islam,” vol. 1, no. 2, pp. 93–103, 2020.

I. Muttaqin, N. Ginting, U. Muhammadiyah, and S. Utara, “Penerapan Metode Muhadasah Untuk Meningkatkan Kualitas Berbicara Berbahasa Arab Pada Siswa Kelas X Di MAS Plus Al-Ulum,” vol. 01, pp. 245–251, 2022.

S. Ayu and Munawir et al., "Melalui Metode Baghdadiyah di Kelas VIII-1", vol. 2, no. 2, pp. 46-52, 2023.

N. Ummah, “Penerapan Metode Audiolingual , al-thariqah al- saam’iyyah al -syafawiyyah , Maharah kalam,” OSF Peprints, pp. 3–4, 2019.

R. Rappe, "Kemahiran Membaca Bahasa Arab Tingkat Mutaqaddimin serta Metode dan Strategi Pembelajarannya", Shaut Al Arab., vol. 8, no. 2, p. 155, 2018, doi: 10.24252/saa.v8i2.17786.

Dzulhidayat, “Pengaruh Metode Audio Lingual Terhadap Kecakapan Berbahasa Arab Siswa Kelas Iv Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi", no. 8.5.2017, pp. 2003–2005, 2022.

Downloads

Published

2023-09-17

How to Cite

Putri, C., & Tanjung, E. F. (2023). Implementasi Metode Audio Lingual pada Mata Pelajaran Muthalaah di Pondok Pesantren Modern Darul Ihsan Hamparan Perak. Journal of Education Research, 4(3), 1369–1374. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.469

Issue

Section

Articles

Citation Check