Implementasi Metode Audio Lingual pada Mata Pelajaran Muthalaah di Pondok Pesantren Modern Darul Ihsan Hamparan Perak
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.469Keywords:
Audio Lingual, Muthalaah, Pondok PesantrenAbstract
Masalah pada santri di Pondok Pesantren Modern Darul Ihsan Hamparan Perak adalah aspek pelafalan kosa kata dalam mata pelajaran muthalaah. Muthalaah adalah membaca yang menekankan aspek analisis dan pemahaman terhadap apa yang dibaca pada rangkaian cerita dalam bahasa arab untuk membiasakan santri memahami kalimat dan menterjemahkan bahasa Arab. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis deskriptif, pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini agar santri mampu membaca Al-Quran dengan fasih, agar meningkatkan cara berbahasa santri dengan baik dan benar, juga agar santri mampu berkomunikasi dengan bahasa arab yang tepat. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan pemahaman santri pada kosa kata bahasa arab sehingga memudahkan santri memahamicara berbahasa dan berkomunikasi dengan baik dan benar
Downloads
References
Al-QuranDigital
C. Coker et al., “Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Akidah Islam dengan menggunakan Metode The Power Of Two Kelas X di Madrasah Aliyah Tahfizil Qur’an Medan,” Transcommunication, vol. 53, no. 1, pp. 1–8, 2018,
Dewi Nuraeni and Adzfar Ammar, “Pelaksaan Pembelajaran Mutholaah di MA Ibnul Qoyyim Putri kelas Takhassus Tahun Ajaran 2018/2019 (ditinjau dari kemampuan tarjamah),” EDULAB Maj. Ilm. Lab. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 32–45, 2020, doi: 10.14421/edulab.2020.51-03.
N. Aziza, “Jenis dan Pendekatan Penelitian Penelitian,” Metod. Penelit. Kualitatif, no. 17, pp. 45–54, 2017.
A. Fuadah, “Implementasi Metode Audio Lingual dalam Peningkatkan Kemampuan Pronunciaton Siswa Kelas VIII,” vol. 4, no. 3, pp. 362–371, 2020.
H. Rudi Setiawan and A. Mukti, “Peningkatan Kompetensi Berbahasa Arab Siswa Melalui Model Manajemen Pembelajaran Poace,” J. Arab. Stud., vol. 6, no. 2, pp. 191–204, 2021, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.24865/ajas.v6i2.384
I. Printed, A. Kelas, X. D. I. Mi, and M. Huda, “Alamtara : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam MENINGKATKAN MUFRODAT PADA MATA PELAJARAN BAHASA,” vol. 07, pp. 83–100, 2023.
S. Mustoip, Implementasi Pendidikan Karakter Sofyan Mustoip Muhammad Japar Zulela Ms 2018. 2018.
Muhammad, Syaikh. "Syarah Shahih Bukhari" Jakarta Timur : Darus Sunnah, 2009.
N. S. Nur Humaidah, “Relevansi Penerapan Metode Audiolingual dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Lembaga Pendidikan Indonesia,” Arabia, vol. 8, no. 2, pp. 306–326, 2016.
J. P. Islam, “Jurnal pendidikan islam,” vol. 1, no. 2, pp. 93–103, 2020.
I. Muttaqin, N. Ginting, U. Muhammadiyah, and S. Utara, “Penerapan Metode Muhadasah Untuk Meningkatkan Kualitas Berbicara Berbahasa Arab Pada Siswa Kelas X Di MAS Plus Al-Ulum,” vol. 01, pp. 245–251, 2022.
S. Ayu and Munawir et al., "Melalui Metode Baghdadiyah di Kelas VIII-1", vol. 2, no. 2, pp. 46-52, 2023.
N. Ummah, “Penerapan Metode Audiolingual , al-thariqah al- saam’iyyah al -syafawiyyah , Maharah kalam,” OSF Peprints, pp. 3–4, 2019.
R. Rappe, "Kemahiran Membaca Bahasa Arab Tingkat Mutaqaddimin serta Metode dan Strategi Pembelajarannya", Shaut Al Arab., vol. 8, no. 2, p. 155, 2018, doi: 10.24252/saa.v8i2.17786.
Dzulhidayat, “Pengaruh Metode Audio Lingual Terhadap Kecakapan Berbahasa Arab Siswa Kelas Iv Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi", no. 8.5.2017, pp. 2003–2005, 2022.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Chandrika Putri, Ellisa Fitri Tanjung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).