Pengembangan E-Book Berbasis RADEC Berbantuan 3D Pageflip Professional di Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Rini Lestari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Yanti Fitria Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.468

Keywords:

Media E-Book, RADEC, 3D Pageflip Professional

Abstract

Penelitian ini dimulai dari penemuan bahwa minimnya sumber belajar  serta  buku pelajaran masih dalam bentuk cetak dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran belum optimal. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengembangkan E-Book Berbasis RADEC berbantuan tiga D Pageflip Professional di kelas V SD yang valid dan praktis. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE, subjek uji coba di SDN XIV ATTS Kota Bukittinggi. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah instrument angket hasil validasi, angket respon pendidik dan angket respon peserta didik. Hasil menunjukkan E-Book yang dirancang memiliki validitas yang memadai  validitas materi sebesar sembilan puluh persen, aspek mediadelapan puluh enam koma dua puluh lima persen. dan aspek bahasa sembilan puluh persen. Respons guru mendapatkan sembilan puluh empat koma dua puluh delapan persen dengan kategori sangat praktis, sementara respon peserta didik mencapai 94,9% dengan kategori yang sama. Dengan temuan ini, disimpulkan bahwa E-Book Berbasis RADEC berbantuan tiga D Pageflip Professional di kelas V Sekolah Dasar telah terbukti valid dan praktis untuk pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, L., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Berbantuan Adobe Flash Cs6 untuk Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2141–2148. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1171

Andini, S. R., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model RADEC pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1435–1443. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.960

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Fitria, Y., Hasanah, F. N., & Gistituati, N. (2018). Critical Thinking Skills of Prospective Elementary School Teachers in Integrated Science-Mathematics Lectures. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(4), 597–603. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i4.9633

Hendriani, M., & Gusteti, M. U. (2021). Validitas LKPD Elektronik Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai Karakter Percaya Diri untuk Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika SD Di Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(4), 2430–2439. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1243

Kurniawan, W., Astalini, A., Jufrida, J., Basuki, F. R., & Kurniawan, D. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Software 3D Pageflip Professional untuk Mengatasi Masalah Keterbatasan Bahan Ajar Sekolah. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 3(1), 6–13. https://doi.org/10.15294/panjar.v3i1.52951

Mansurdin, M., Helsa, Y., & Desyandri, D. (2019). Primary School Teachers Problems in Implementation of Curriculum 2013. Proceedings of the 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019), 382(Icet), 672–677. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.163

Mohamad Ali Murtadho, Novan Adi Musthofa, Siti Mutrofin. (2016). Implementasi Quick Response (Qr) Code Pada Aplikasi Validasi Dokumen Menggunakan Perancangan Unified Modelling Language (Uml). Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 10(1), 42–50. https://doi.org/10.35457/antivirus.v10i1.87

Nazmi, H. B., Ratnasari, D., & Zakaria, A. R. (2023). Implementation of 21st Century Learning in the Independent Learning Curriculum at SD IT Islamic Center Deli Serdang. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 43–50. https://doi.org/10.37985/educative.v1i2.61

Putra, D. D., Okilanda, A., Arisman, A., Lanos, M. E. C., Putri, S. A. R., Fajar, M., Lestari, H., & Wanto, S. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(1), 46. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5340

Setiawan, D., Sopandi, W., & Hartati, T. (2019). Kemampuan menulis teks eksplanasi dan penguasaan konsep siswa sekolah dasar melalui implementasi model pembelajaran RADEC. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 130. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4922

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409

Downloads

Published

2023-09-23

How to Cite

Lestari, R., & Fitria, Y. (2023). Pengembangan E-Book Berbasis RADEC Berbantuan 3D Pageflip Professional di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(3), 1339–1344. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.468

Issue

Section

Articles

Citation Check