Efektivitas Blended Learning Pada Mata Kuliah Ilmu Pelayaran Astronomi

Authors

  • Joe Ronald K. Bokau Politeknik Pelayaran Barombong, Makasar, Indonesia, Indonesia
  • Egbert Edward Djajasasana Politeknik Pelayaran Barombong, Makasar, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.464

Keywords:

Blended Learning, Ilmu Pelayaran Astronomi, IMO, STCW

Abstract

Sejak COVID sembilan belas melanda dunia, Perguruan Tinggi dan sekolah-sekolah  Pelayaran didunia mengalami disrupsi hebat. Tantangan yang muncul adalah bagaimana mempertahankan kualitas pendidikan dan pelatihan dengan tetap menjunjung tinggi Knowledge, Understanding and Proficiency sebagaimana dipersyaratkan dalam Standards of Training, Certification, and Watchkeeping for Seafarers. Untuk memecahkan masalah ini, IMO melalui Circular  pada tahun dua ribu dua puluh mewajibkan setiap negara anggota untuk mengembangkan kiat-kiat khusus menangani permasalahan tersebut. Blended Learning merupakan salah satu kiat khusus atau solusi untuk memecahkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pelaksanaan blended learning pada mata kuliah ilmu pelayaran astronomi, mengembangkan metode blended yang sesuai dan melihat efektivitas pelaksanaan blended learning. Metode yang digunakan adalah penelitian partisipatoris tindakan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Subjek yang digunakan adalah dua puluh tujuh mahasiswa Prodi Diploma III Studi Nautika dengan satu dosen pengampu mata kuliah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa blended learning sangat baik untuk diimplementasikan dengan kriteria antara lain: perlu kesiapan perencanaan dan sistem pembelajaran yang matang; pengembangan konten blended learning yang lengkap dan menarik sesuai dengan kata kerja bloom; evaluasi dan pengawasan secara mendalam dan rutin dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. Pembelajaran blended pada mata kuliah ilmu pelayaran astronomi memiliki kelebihan yaitu bagaimana penyiapan materi disajikan sangat baik. Akan tetapi masih terdapat berbagai kelemahan diantaranya proses adaptasi penyampaian pembelajaran antara dosen dan mahasiswa karena perkuliahan berbasis blended pada mata kuliah ini belum pernah dilakukan sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agina, A. M. 2013. Animation in Education.Oracle Think Quest: Education Foundation.

Diakses dari: http://library.thinkquest.org/05aug/00066/content_education.html Churces, Andrew. 2009. Bloom’s Digital Taxonomy.

Djamarah, Syaiful. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hunt, T. 2013. Moodle: Lecturer Guide Basic Concept. CreATE: Faculty of Education. Kurniawan, Mozes. 2016. Penggunaan Moodle ‘F-Learn’ sebagai Learning Management

System (LMS) di Universitas Kristen Satya Wacana.

Maritime Safety Committee Session 102, Agenda 22 (MSC 102/INF.25) 14 Oktober 2020 “The Impact of COVID-19 on Maritime Education and Training”

Mlodinow, Leonard. Ph.D. 2022. Emotional: How Feeling Shape Our Thinking.

Mustofa Khabib, Dr. Techn. (2020). Universitas Gajah Mada, Power Point Presentation – PEKERTI UGM.

Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 dalam Kegiatan Belajar Mengajar On Campus 2019.

Sanjeev S. Vakil, B.E. 2021. Application of Augmented Reality (AR) / Virtual Reality (VR) Technology for Remote Maintenance of Autonomous Ships

Qomariah, S.S dan I Ketut R.S. 2016. Kualitas Media Pembelajaran, Minat Belajar, Dan Hasil Belajar Siswa: Studi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X Iis Sma Negeri 12 Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 4 (1),33-47

Riduwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula.Bandung:Alfabeta Rosdakarya.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sjukur, S.B.(2012). Pengaruh Blended Learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar

Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (2), 368-378.

Soebekti, Capt. H.R.. 2012. Ilmu pelayaran astronomi

Wai, Hnin Oo. 2021. Examining the use of blended learning in maritime education and training. World Maritime University.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Ronald K. Bokau, J., & Djajasasana , E. E. (2023). Efektivitas Blended Learning Pada Mata Kuliah Ilmu Pelayaran Astronomi. Journal of Education Research, 4(4), 1708–1715. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.464

Issue

Section

Articles

Citation Check