Local Instructional Theory: Social Arithmetic Learning Using The Context Of The Monopoly Game

Authors

  • Navel Oktaviandy Mangelep (1) Program Studi Pendidikan Matematika, FMIPAK, Universitas Negeri Manado, Indonesia, Indonesia
  • Deysti Trifena Tarusu (2) Program Studi Pendidikan Guru SD, FIP, Universitas Negeri Manado, Indonesia, Indonesia
  • Kartini Ester Program Studi Pendidikan Guru SD, FIP, Universitas Negeri Manado, Indonesia, Indonesia
  • Hartini Ngadiorejo SMK Negeri 1 Langowan, Indonesia, Indonesia
  • Santo Junital Bumbungan (5) Program Studi Teknik Informatika, Universitas Sariputra Tomohon, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.463

Keywords:

Teori Pembelajaran Lokal, Aritmatika Sosial, Permainan Monopoli, PMRI

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi matematis siswa sangatlah berpengaruh pada hasil belajar siswa pada topik aritmetika sosial. Hal ini juga dikarenakan kurangnya desain pembelajaran yang berorintasi pada permasalahan kehidupan sehari-hari siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti lintasan belajar siswa dalam pembelajaran aritmatika sosial melalui Hypothetical Learning Trajectory yang didesain dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia konteks permainan monopoli. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri satu Tomohon pada kelas VII E sebagai kelas pilot experiment dan kelas VII F sebagai kelas teaching experiment. Penelitian ini menggunakan metode penelitian design research yang terdiri dari tiga tahap pelaksanaan yaitu merancang aktivitas pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan melakukan analisis retrosepektif . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan video, data tertulis dan juga wawancara. Kemudian HLT yang didesain dibandingkan dengan kegiatan siswa yang sebenarnya terjadi di dalam kelas saat proses pembelajaran berlangsung, sehingga di tahap analisis retrospektif didapatkan lintasan belajar siswa akhir dari HLT ke Local Instruction Theory. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa lintasan belajar yang telah didesain dari kegiatan pembelajaran di kelas menggunakan konteks permainan monopoli dapat membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan aritmatika sosial pada level formal dengan menggunakan pengetahuan dan pengalaman mereka di level situsional, referensial dan general.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aghnia, R. B. (2021). Pengembangan Modul Relasi dan Fungsi dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbasis QR Code untuk Siswa SMP (bachelor’s thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Agnesti, Y., & Amelia, R. (2021). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Perbandingan dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 311-320.

Bahir, R. A., & Mampouw, H. L. (2020). Identifikasi Kesalahan Siswa SMA dalam Membuat Pemodelan Matematika dan Penyebabnya. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 72-81.

Dina. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Dengan Menggunakan Media Politik (Monopoli Matematika) Pada Matematika Materi Pengukuran Berat Di MIN Manisrejo Kota Madiun Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Review Pendidikan Islam, 196-204.

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315-322.

Epran, E., Siagian, T. A., Utari, T., Agustinsa, R., & Irsal, N. A. (2022). DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN ARITMETIKA SOSIAL. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(2), 286-297.

Luthfia, L., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kesalahan menurut tahapan kastolan dan pemberian scaffolding dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Journal on Education, 1(3), 396-404.

Mahmuda, A. A., Astuti, M. D., Mikdadi, A. H., Saputra, A. R. M. S., & Darmadi, D. (2021). Analisis kesulitan dalam pembelajaran matematika mengenai materi bilangan bulat di kalangan sd pada masa pandemi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 90-96.

Mangelep, Navel O. (2017). Pengembangan Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Lingkaran Menggunakan Pendekatan PMRI dan Aplikasi Geogebra. Mosharafa, 194.

Mukrimatin, N. A., Murtono, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara Pada Materi Perkalian Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 67-71.

Nolaputra, A. P., Wardono, W., & Supriyono, S. (2018, February). Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran PBL Pendekatan RME Berbantuan Schoology Siswa SMP. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 18-32).

Pebriana, P. H. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Siswa Kelas V SDN 003 Bangkinang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 68-79.

Prahmana, R. C. (2017). Design Research: (Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar). Depok: Rajawali Pers.

Purba, G. F. (2022). Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada konsep Merdeka Belajar. Sepren, 4(01), 23-33.

Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linier satu variabel. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165-174.

Setyono, D., & Sutarni, S. (2013). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika dalam Bentuk Cerita Pokok Bahasan Aritmetika Sosial pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Ulya, M. R., Isnarto, I., Rochmad, R., & Wardono, W. (2019, February). Efektivitas pembelajaran flipped classroom dengan pendekatan matematika realistik Indonesia terhadap kemampuan representasi ditinjau dari self-efficacy. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 116-123).

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2023-10-16

How to Cite

Mangelep, N. O., Tarusu, D. T., Ester, K., Ngadiorejo, H., & Bumbungan, S. J. (2023). Local Instructional Theory: Social Arithmetic Learning Using The Context Of The Monopoly Game. Journal of Education Research, 4(4), 1666–1677. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.463

Issue

Section

Editor

Citation Check