Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Enam Dimensi Karakter di PAUD
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.456Abstract
Dalam proyek penguatan pelajar Pancasila, terdapat beberapa dimensi yang penting untuk diperhatikan. Dimensi-dimensi ini mencakup aspek-aspek karakter yang harus dipertimbangkan dalam upaya memperkuat pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila oleh peserta didik. Dimensi karakter yang pertama adalah Beriman dan Bertakwa , Mandiri, Bergotong-royong, Berkebinekaan Global, Bernalar Kritis dan Kreatif. Pendidikan karakter sebaiknya dimulai sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila P lima dan dampak implementasinya terhadap enam dimensi karakter profil pelajar di PAUD. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif jenis studi kasus dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi P lima pada TK Sejahtera sudah dilaksanakan pada tema aku sayang bumi dan imajinasiku. Setiap tema yang dilaksanakan melewati tahap permulaan, pengembangan dan penyimpulan. Secara Umum dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan penyimpulan projek berjalan lancar dan berdampak positif terhadap enam dimensi karakter profil pelajar Pancasila. Dengan demikian, projek penguatan profil pelajar Pancasila dapat membiasakan siswa untuk memiliki dimensi karakter anak usia dini serta dapat menjadi salah satu solusi dalam menghasilkan generasi Indonesia yang berkarakter.
Downloads
References
Akhwani, A., Rulyansah, A., & Rahayu, D. W. (2023). Penyusunan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya, 4(3), 911–920. https://doi.org/10.47679/ib.2023500
Alfi, C., Fatih, M., Rofiah, S., Muqtafa, Afifuddin, M., Khomaria, A., Restiani6, U., Azizah, K. S., Aswitama, L. D., Allatif, N., Susanti, Y., & Umah, N. B. (2023). PENGUATAN KARAKTER GOTONG ROYONG PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI SERVICE LEARNING DI TPQ MAMBAUL HUDA KEDAWUNG KABUPATEN BLITAR. JPPNu (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara), 5(1), 148–154.
Amri, N. A., & Pratiwi, R. P. (2022). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Program Kemuhammadiyahan/Keaisyiyahan Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Vl Manggala Kota Makassar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 20(1), 105–123.
Aries, A. M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pancasila Tema Kearifan Lokal Dengan Kontekstualisasi Permainan Tradisional. Jurnal Sinektik, 5(2), 136–146. https://doi.org/10.33061/js.v5i2.8177
Cahyaningrum, D. E., & Diana, D. (2023). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2895–2906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4453
Harun, H., Jaedun, A., Sudaryanti, S., & Manaf, A. (2021). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Dimensi Berketuhanan. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(2), 357–368. https://doi.org/10.21831/jk.v4i2.26872
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.
Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 01(2), 82–89.
Kusumawardani, F., Akhwani, A., Nafiah, N., & Taufiq, M. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Pancasila melalui Keteladanan dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraaan, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.24269/jpk.v6.n1.2021.pp1-10
Latif, M. A., Munafiah, N., & Rachmawati, Y. D. (2022). Merdeka Belajar Anak Usia Dini Dalam Mengembangkan Kognitif Anak: Sebuah Kajian Fenomenologi. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 61–68. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.16988
Ma’viyah, A., Suryadi, & Ayuningrum, D. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Wahdatul Ummah Metro Pusat. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 2(02), 79–93. https://doi.org/10.56872/elathfal.v2i02.832
Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617
Mimin, E. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dengan Kurikulum PAUD : Strategi Mewujudkan Siswa PAUD Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Golden Age, U, 7(01), 93–104.
Noviyanti, A. I. (2023). Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di TK Dharma Wanita Kencong Berdasarkan Modul P5. Journal of Elemantary School (JOES), 6(1), 118–125. https://doi.org/10.31539/joes.v6i1.6744
Prameswari, T. W. (2020). Merdeka Belajar : Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045. Prosding Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara, 1, 76–86.
Rusmiati, M. N., & Dewi, D. A. (2021). URGENSI NILAI PANCASILA PADA GENERASI MILLENIAL. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 17–22. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmserang
Safitri, A. (2022). Strategi Implementasi Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Pada Jenjang Paud (Studi Kasus Di Kb Tunas Bangsa). Semnas Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada PAUD Dan Pendidikan Dasar, 1(1).
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA.
Sela Oktavia, H. (2023). Penguatan Karakter Kreatif Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Kewirausahaan Di Kelas Xi Sman 1 Krian. Jurnal Kajian Hukum Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(3).
Sianturi, Y. R. U., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari Dan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 222–231. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1452
Sugiono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&. Alfabeta.
Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. (2023). Implementasi profil pelajar Pancasila melalui proyek bermuatan kearifan lokal di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), 195–208. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.7082
Sulistyati, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pancasila Satuan PAUD. In Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Utomo. (2019). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sdn 4 Cicurug Kabupaten Sukabumi. Belaindika: Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan, 01(1), 18–33.
Wijayanti, D. N., & Muthali, A. (2023). Penguatan Dimensi Berkebinekaan Global Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(1), 172–184. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.12518
Zaimuddin. (2021). Dimensi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah. Jurnal I’tibar Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 05(02), 50–67.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Heni Afipah, Imamah Imamah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).