Analisis Teori Perilaku dalam Pembelajaran: Systematic Literature Review

Authors

  • Indah Rahayu Panglipur Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Nurcholif Diah Sri Lestari Pendidikan Matematika, Universitas Jember, Indonesia
  • Susanto Susanto Pendidikan Matematika, Universitas Jember, Indonesia
  • Erfan Yudianto Pendidikan Matematika, Universitas Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.453

Keywords:

Teori Perilaku, Pembelajaran

Abstract

Teori perilaku dalam pendidikan diterapkan melalui program dengan prinsip-prinsip behaviorisme, seperti penguatan positif dan negatif. Misalnya, penghargaan atau pujian diberikan untuk perilaku yang diinginkan, sementara tugas yang tidak disukai siswa dihilangkan ketika mereka menunjukkan perilaku baik. Namun, teori perilaku sering dikritik karena terlalu fokus pada perilaku yang dapat diamati dan kurang memperhatikan proses mental internal seperti motivasi, pemahaman, dan kreativitas. Pergeseran terlihat dengan munculnya teori pembelajaran kognitif dan konstruktivis yang menekankan peran aktif siswa dalam membangun pengetahuan mereka. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis teori perilaku dalam pembelajaran dengan metode systematic literature reviewe. Kesimpulan bahwa teori perilaku dalam pendidikan dan kesehatan mental semakin relevan di era komputer dan internet saat ini. Perubahan perilaku yang disebabkan oleh kemajuan teknologi informasi tidak didukung oleh fondasi kepribadian yang kuat, terutama dalam hal agama dan karakter. Degradasi moral dan masalah adaptasi sosial muncul sebagai hasilnya. Teori perilaku seperti kesadaran metakognitif sangat penting untuk membantu siswa belajar, terutama matematika. Siswa yang mampu berpikir secara metakognitif mungkin lebih percaya diri dalam menyelesaikan masalah. Selain itu, literasi digital memainkan peran penting dalam mengajarkan perilaku berpikir kritis dan kreatif sambil mempertahankan nilai-nilai sosial, emosional, dan spiritual. Di era metaverse, teknologi seperti augmented reality dan virtual reality meningkat dalam pengajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrori, A., & Hasanat, N. ui. (2022). Terapi Kognitif Perilaku Intuk Mengatasi Gangguan Kecemasan Sosial. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(1), 89–107.

Cohen, L. (2007). Research Methods in. In Education And Training (Vol. 7, Issue August).

Erlando, Robby, Prihadi, & Aulia. (2019). Defisit Perawatan Diri Dan Terapi Kognitif Perilaku. ARTERI : Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(1), 94–100.

Gusteti, M. U., Jamna, J., & Marsidin, S. (2023). Pemikiran Digitalisme dan Implikasinya pada Guru Penggerak di Era Metaverse. Jurnal Basicedu, 7(1), 317–325. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4417

Lame, G. (2019). Systematic literature reviews: An introduction. Proceedings of the International Conference on Engineering Design, ICED, 2019-Augus(AUGUST), 1633–1642. https://doi.org/10.1017/dsi.2019.169

Masni, E. D. (2018). Pendekatan Pembelajaran Metakognitif Advance Organizer dan Scientific Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Kebiasaan Berpikir Matematis Siswa Kelas VIII. Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 62–77.

Monalisa Sinaga. (2024). Peran dan Tantangan Penggunaan AI (Artificial Intelligence) Dalam Pembelajaran Matematika. Rgensi Artificial Intelligence Di Era Kurikulum Merdeka, 1, 115–121.

Okoli, C. (2015). A guide to conducting a standalone systematic literature review. Communications of the Association for Information Systems, 37(1), 879–910. https://doi.org/10.17705/1cais.03743

Okoli, C., & Schabram, K. (2012). A Guide to Conducting a Systematic Literature Review of Information Systems Research. SSRN Electronic Journal, 10(2010). https://doi.org/10.2139/ssrn.1954824

Pangestu, D. M., & Rahmi, A. (2022). Metaverse : Media Pembelajaran di Era Society 5.0 untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia. Journal of Pedagogy and Online Learning, 1(2), 52–61. https://doi.org/10.24036/jpol.v1i2.17

Panglipur, I. R., Palayukan, H., & Dewanti, L. (2024). Artificial Intelligence ( AI ) Modeling Technique to Improve Creative Thinking on Number Concepts for Early Childhood with Disabilities. 13(1), 461–466.

Salim, B. S., Ivander, F., & Cahyadi, A. (2023). Kesiapan dan Dampak Penggunaan Teknologi Metaverse dalam Pendidikan. Kesatria: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer Dan Manajemen), 4(1), 48–57.

Siswono, T. Y. E. (2008). Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, Februari, 60–68. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/13/332

Syarifah, S., & Hidayat, F. (2024). Internalisasi prinsip moderasi beragama dalam mewujudkan generasi z islam moderat. Available Online Jurnal Al Ashriyyah, 10(01), 61–78.

Una, L. M. W., & Laksana, D. N. L. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Era 4.0. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 1(3), 301–310. https://doi.org/10.38048/jcpa.v1i3.916

Waskitoningtyas, R. S. (2015). Pembelajaran matematika dengan kemampuan metakognitif berbasis pemecahan masalah kontekstual mahasiswa pendidikan matematika Universitas Balikpapan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 211–219. https://doi.org/10.33654/math.v1i3.21

Xiao, Y., & Watson, M. (2019). Guidance on Conducting a Systematic Literature Review. Journal of Planning Education and Research, 39(1), 93–112. https://doi.org/10.1177/0739456X17723971

Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). Literasi Digital Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2), 176–194. https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.8096

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Panglipur, I. R., Lestari, N. D. S., Susanto, S., & Yudianto, E. (2024). Analisis Teori Perilaku dalam Pembelajaran: Systematic Literature Review . Journal of Education Research, 5(4), 5436–5444. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.453

Issue

Section

Articles

Citation Check