Penerapan Media Belajar Celemek huruf di Kelompok Bermain Bocah Pintar Karanganyar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.445Keywords:
Pendidikan, Media Celemek, Kelompok BermainAbstract
Tujuannya adalah agar anak memiliki kemampuan memahami dan menyuarakan tulisan dengan intonasi yang wajar, sebagai dasar untuk dapat membaca lanjut. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini termasuk penelitian terapan. Data penelitian yang dikumpulkan berupa informasi tentang proses pembelajaran bahasa keaksaraan dengan media celemek huruf, motivasi siswa dalam kegiatan mengenal huruf, serta kemampuan guru dalam menyusun rencana pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran termasuk penggunaan strategi pembelajaran di kelas. penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purpose sampling. Perencanaan pembelajaran keaksaraan melalui RPPH yang terdiri dari kegiatan pembukaan, inti dan penutup. Dalam rencana telah disebutkan berbagai persiapan yang dilakukan antara lain dengan menyiapkan materi, metode dan media. RPPH dibuat berdasarkan silabus, program semester, dan program tahunan. Hambatan yang dialami oleh anak diantaranya: Kurangnya gambar pada kantong media celemek huruf, guru kurang cakap mengelola kelas. menambah berbagai macam gambar yang menarik pada kantong media celemek huruf. Guru berusaha mengatur waktu sesuai perencanaan pembelajaran. Sebelum pembelajaran guru membuat kesepakatan bermain bersama anak.
Downloads
References
Anggraini, D. (2022). Keaksaraan awal ada anak usia dini: Tinjauan dari sudut pandang orang tua dan pendidik. Aṣ-Ṣibyān. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2022, 221–234.
Asmonah. (2019). Pembelajran membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa
Diniwati. (2017). Modul pengembangan keprofesian berkelanjutan bidang taman kanak-kanak, karakteristik anak usia dini. In PPPPTK TK dan PLB. PPPPTK TK dan PLB.
Matin, R. H., Rohaety, E. E., & Nuraeni, L. (2019). Penerapan media pembelaJaran pop-up book anak usia dini pada kelompok B untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal di TK Nusa Indah. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(2), 49–56. https://doi.org/http:// dx.doi.org/10.22460/ceria.v2i2.p49-56
Nugrahani, F. (2014). Metode penelitian kualitatif dalam bidang pendidikan bahasa. In Cakrabooks.
Nurhayati, R. (2014). Membangun budaya literasi anak usia dini dalam keluarga : Nuansa skademik. Jurnal Pembangunan Masyarakat, 4(1), 79–88. https://doi.org/https://doi.org/10.47200/JNAJPM.V4I1.918
Nurnaningsih. (2019). Pendidikan karakter anak era milenial di lingkungan masyarakat Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Jurnal of Education Research, 4(7), 1413–1418. http://fkip.univetbantara.ac.id/wp-content/uploads/2019/06/materi-bu-nurna.pdf
Setyowati, I. (2019). Pembelajaran bahasa keaksaraan melalui Alat Peraga Edukatif (APE) “Duren Enak” di TK 04 Kedung Jeruk Mojogedang Karanganyar. In Tesis. Univet Bantara Sukoharjo.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. In Alfabeta.
Sumantri, M., & Sudana, D. N. (2017). Penerapan media gambar dan kartu huruf untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan. International Journal of Elementary Education, 1(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11433
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2019). Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. In Remaja Rosdakarya.
Varutti, M. (2015). Crafting Heritage: Artisans and the Making of Indigenous Heritage in Contemporary Taiwan. International Journal of Heritage Studies, 21, 1036–1049.
Wardaya, C. U. (2017). Media pembelajaran (Modul PKB TK). In PPPPTK dan PLB.
Weryhati, A. P., & Lestari, R. H. (2022). Media celemek huruf: Media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan pada anak kelompok B. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(6).
Widayati, M. (2018). The utilization of information technology media in Indonesia language and literature learning. International Conference on Applied Science and Engineering.
Widayati, M., Suwarto, & Chotimah. (2020). Korelasi motivasi membaca dan menyimak bacaan terhadap keterampilan menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tangen. Jurnal Pendidikan, 28(3), 265–272.
Widayati, M., Suwarto, S., & Fajarwati, N. (2020). Hubungan kebiasaan menyimak berita dan membaca berita dengan kemampuan menulis berita di media blog pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Sragen tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan, 28(3), 273–280.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Sulistyorini, Mukti Widayati, Nurnaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).