Penerapan Metode Student Centered Learning pada Siswa Kelas 2 SD Muhammadiyah Kaliwates Jember
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.427Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai implementasi metode pembelajaran di SD Muhammadiyah Kaliwates Jember selama program KKN DIK atau KKN Kependidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data Model Interaktif Miles dan Huberman dengan langkah-langkah: mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pada pelaksanaannya peneliti melakukan pengajaran terhadap siswa kelas dua dengan mengimplementasikan metode student centered learning. Metode yang dilakukan adalah diskusi kelas, belajar sambal bermain, dan pemberian soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode SCL secara signifikan meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran dan meningkatkan pemahaman konsep. Siswa kelas dua yang mengikuti pembelajaran dengan metode SCL menunjukkan peningkatan motivasi intrinsik kemampuan bekerja sama dan kemampuan pemecahan masalah.
Downloads
References
Dzarna, D., & Laili, A.F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Guru-Guru di MI Miftahul Ulum Kranjingan Jember. ABDI INDONESIA, 1(2), 95-103. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/ABDI/article/view/6454
Efendi, A. F. I., Dzarna, D., Susetyo, A. M., & Oktarini, W. (2022). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran Sastra Indonesia pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kalibaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15972-15977. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4906
Hadi, Yul Alfian, Muhammaad Husni, and Rodiatul Pazri. (2019). Pengembangan Komik Sebagai Media Pemeblajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV SDN 2 Selong. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar 5(2):113. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/1784
Husni, Muhammad, Yul Alfian Hadi, Saprudin Jauhari, and Hidaman Huri. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Student Centerd Learning (SCL) Pada Kelas V SDN 1 Ketangga. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar 6(2):294–303. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/3045
Indrawati. (2021). Perencanaan Pembelajaran Fisika: Model-Model Pembelajaran Implementasinya dalam Pembelajaran Fisika. Jember: Universitas Jember.
Laeli, A. F., Dzarna, D., & Hatip, M. (2023). Pelatihan Perumusan Tujuan Pembelajaran (TP) dari Capaian Pembelajaran (CP) pada kurikulum Merdeka untuk Para Guru Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2). 4129-4135. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6787
Laeli, A. F., & Dzarna, D. (2022). Pelatihan Strategi Peningkatan Literasi Membaca Teks Digital (Reading Digital Text). Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 213-220. https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/820.
Mahliatussikah, Hanik, Eva Endah Silvia, Arizkylia Yoka Putri, and Alfina Eka Pratiwi. 2022. Penerapan Metode Pembelajaran Student Centered Learning (SCL) Dalam Pembelajaran Di SDN Kedungpeluk 2 Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9(2):99–114. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/20214.
Mardiyah, R.H.,Aldriani, S.N.F.,Chitta, F.,&Zulfikar, M.R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntunan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40. http://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/article/view/5813.
Masfufah, Risma, and Ekasatya Aldila Afriansyah. 2021. Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 10(2):291–300. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv10n2_11.
Medriati, R.,& Risdianto, E. (2020). Penerapan Pendekatan Student Center Learning (SCL) untuk meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif dan Komunikatif mahasiswa Pendidikan Fisika Semester III Universitas Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1 April), 67-74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kumparan_fisika/article/view/10471
Rosyada, Dede. 2020. Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan. Prenada Media.
Setiawan, T. A.,Harsih, L., M., & Kultsum, U. (2021). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Direct Instruction, dan Student Centered Learning di Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Selama Masa Pandemi. Jurnal Jendela Pendidikan , 1(04), 232-238.https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/58.
Suarjani, Ni Wayan. 2019. Student Centre Learning (Scl) Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4(1):40–46. http://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW/article/view/928.
Wahyudi, A. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Guru Memanfaatkan Media Pembelajaran Dalam Mengajar Melalui Metode Student Centered Learning (SCL) di SDN Sirigan 1 Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 7(2), 29-36. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/1443.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dzarna Dzarna, Farhani Riki Refanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).