Penerapan Metode Student Centered Learning pada Siswa Kelas 2 SD Muhammadiyah Kaliwates Jember

Authors

  • Farhani Riki Refanda Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Dzarna Dzarna Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.427

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai implementasi metode pembelajaran di SD Muhammadiyah Kaliwates Jember selama program KKN DIK atau KKN Kependidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data Model Interaktif Miles dan Huberman dengan langkah-langkah: mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pada pelaksanaannya peneliti melakukan pengajaran terhadap siswa kelas dua dengan mengimplementasikan metode student centered learning. Metode yang dilakukan adalah diskusi kelas, belajar sambal bermain, dan pemberian soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode SCL secara signifikan meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran dan meningkatkan pemahaman konsep. Siswa kelas dua yang mengikuti pembelajaran dengan metode SCL menunjukkan peningkatan motivasi intrinsik kemampuan bekerja sama dan kemampuan pemecahan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dzarna, D., & Laili, A.F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Guru-Guru di MI Miftahul Ulum Kranjingan Jember. ABDI INDONESIA, 1(2), 95-103. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/ABDI/article/view/6454

Efendi, A. F. I., Dzarna, D., Susetyo, A. M., & Oktarini, W. (2022). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran Sastra Indonesia pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kalibaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15972-15977. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4906

Hadi, Yul Alfian, Muhammaad Husni, and Rodiatul Pazri. (2019). Pengembangan Komik Sebagai Media Pemeblajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV SDN 2 Selong. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar 5(2):113. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/1784

Husni, Muhammad, Yul Alfian Hadi, Saprudin Jauhari, and Hidaman Huri. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Student Centerd Learning (SCL) Pada Kelas V SDN 1 Ketangga. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar 6(2):294–303. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/3045

Indrawati. (2021). Perencanaan Pembelajaran Fisika: Model-Model Pembelajaran Implementasinya dalam Pembelajaran Fisika. Jember: Universitas Jember.

Laeli, A. F., Dzarna, D., & Hatip, M. (2023). Pelatihan Perumusan Tujuan Pembelajaran (TP) dari Capaian Pembelajaran (CP) pada kurikulum Merdeka untuk Para Guru Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2). 4129-4135. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6787

Laeli, A. F., & Dzarna, D. (2022). Pelatihan Strategi Peningkatan Literasi Membaca Teks Digital (Reading Digital Text). Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 213-220. https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/article/view/820.

Mahliatussikah, Hanik, Eva Endah Silvia, Arizkylia Yoka Putri, and Alfina Eka Pratiwi. 2022. Penerapan Metode Pembelajaran Student Centered Learning (SCL) Dalam Pembelajaran Di SDN Kedungpeluk 2 Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9(2):99–114. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/20214.

Mardiyah, R.H.,Aldriani, S.N.F.,Chitta, F.,&Zulfikar, M.R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntunan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40. http://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/article/view/5813.

Masfufah, Risma, and Ekasatya Aldila Afriansyah. 2021. Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 10(2):291–300. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv10n2_11.

Medriati, R.,& Risdianto, E. (2020). Penerapan Pendekatan Student Center Learning (SCL) untuk meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif dan Komunikatif mahasiswa Pendidikan Fisika Semester III Universitas Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1 April), 67-74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kumparan_fisika/article/view/10471

Rosyada, Dede. 2020. Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan. Prenada Media.

Setiawan, T. A.,Harsih, L., M., & Kultsum, U. (2021). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Direct Instruction, dan Student Centered Learning di Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Selama Masa Pandemi. Jurnal Jendela Pendidikan , 1(04), 232-238.https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/58.

Suarjani, Ni Wayan. 2019. Student Centre Learning (Scl) Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4(1):40–46. http://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW/article/view/928.

Wahyudi, A. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Guru Memanfaatkan Media Pembelajaran Dalam Mengajar Melalui Metode Student Centered Learning (SCL) di SDN Sirigan 1 Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 7(2), 29-36. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JRP/article/view/1443.

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Refanda, F. R., & Dzarna, D. (2023). Penerapan Metode Student Centered Learning pada Siswa Kelas 2 SD Muhammadiyah Kaliwates Jember. Journal of Education Research, 4(4), 2050–2057. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.427

Issue

Section

Articles