Pengembangan Bahan Ajar Flipbook Berbasis Web pada Muatan IPA di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.414Keywords:
Pengembangan, Bahan Ajar, Flipbbook, Web, Muatan IPAAbstract
Atikel ini memaparkan pengembangan bahan ajar Flipbook berbasis Web yang dapat diakses peserta didik secara luas dimana saja dan kapan saja. Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan rancangan desain bahan ajar Flipbook berbasis Web pada muatan IPA di sekolah dasar, mengetahui kelayakan bahan ajar Flipbook berbasis Web pada muatan IPA di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan DDD-E atau Decide, Design, Develop, Evaluate. Subjek penelitian ini ialah peserta didik kelas V SD Negeri lima puluh lima atau I Sridadi. Jenis data penelitian ialah data kualitatif dan kuantitatif. Instrument pengumpulan data ialah dengan angket validasi dan angket kepraktisan. Bahan ajar yang dikembangkan memiliki tingkat validitas empat koma tujuh sangat valid dan tingkat kepraktisan empat koma tujuh empat sangat praktis. Bahan ajar yang dihasilkan berupa Flipbook yang dapat diakses menggunakan barcode dan link. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa bahan ajar Flipbook berbasis Web pada muatan IPA yang dikembangkan layak diterapkan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.
Downloads
References
Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300
Aprilutfi, D. N. (2022). Flipbook tematik: Alternatif media pembelajaran PKN berbasis fliphtml5 di SD. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 380–385. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i4.111
Chan, F., Budiono, H., & Setiono, P. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Keterampilan Proses Dasar Pada Materi Tumbuhan Dan Bagian-Bagiannya Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 03(01), 9–17.
Chrisyarani, D. D., & Yasa, A. D. (2018). Validasi modul pembelajaran: Materi dan desain tematik berbasis PPK. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 206. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3207
Dayanti, Respati, & Gyartini. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Dalam Pembelajaran Seni Rupa Daerah Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 04(05), 5.
Dewi, S., Lukman, N., & Nana, H. (2018). Pengembangan Digital Flipbook berbasis Dewi, S., Lukman, N., & Nana, H. (2018). Pengembangan Digital Flipbook berbasis Dolanan Lokal untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD di Desa Palaan pada Era Covid-19. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2). Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2), 39–46. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD
Fahrezi, G., & Susanti, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Flip Book Kontekstual Berbasis Android Pada Materi Akuntansi Persediaan. Educatio, 16(1), 58–70. https://doi.org/10.29408/edc.v16i1.3550
Juniari, I. G. A. O., & Putra, I. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Model DDD-E Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 140–148. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33091
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar (Jakarta Ti). Bumi Aksara.
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Pernantah, P. S., Rizka, M., Handrianto, C., & Syaputra, E. (2022). Inovasi Bahan Ajar Pendidikan IPS Berbasis Digital Flipbook Terintegrasi Local Wisdom Dalam Menunjang Perkuliahan Jarak Jauh. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 8(2), 136–145. https://doi.org/10.18860/jpips.v8i2.14886
Puspitasari, R., Hamdani, D., & Risdianto, E. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Hots Berbantuan Flipbook Marker Sebagai Bahan Ajar Alternatif Siswa Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), 247–254. https://doi.org/10.33369/jkf.3.3.247-254
Putri Kumalasani, M., & Eilmelda, Y. (2022). Analisis Efektivitas Penggunaan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook Pada Pembelajaran Tematik Di SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(1), 39–51. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i1.20175
Rahayu, C., & Festiyed, F. (2019). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Sma Berbasis Model Pembelajaran Generatif Dengan Pendekatan Open-Ended Problem Untuk Menstimulus Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 1–6. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/5363
Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954
Sari, F. F. K., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Berbasis Flipbook untuk Memberdayakan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6079–6085. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1715
Susilawati, F., Gunarhadi, G., & Hartono, H. (2020). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dalam Peningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 62–68. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.15068
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model penelitian pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu , 88 , 90-92. Graha Ilmu.
Ulfah, M. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ( The Development of Teaching Materials Based on Contextual to Improve English Vocabulary Mastery ) Maria Ulfah Suherman , M . Syadeli Hanafi Latar Belakang. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal, 8(1), 42–57.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Ruru Brenda Silalahi, Hendra Budiono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).